Rekomendasi PC Gaming 15 Jutaan Terbaik Tahun 2023

PC Gaming 15 Jutaan

PC Gaming 15 Jutaan Terbaik – Siapa yang sini hobinya bermain game di PC namun tidak punya perangkat sendiri. Itu adalah penulis 3 tahun lalu dimana memainkan game hanya bisa dilakukan di warnet. Singkat cerita, karena waktu itu penulis punya sedikit rezeki berlebih, penulis pun kepikiran untuk merakit PC sendiri dan tidak perlu lagi ke warnet hanya untuk bermain game.

Punya PC sendiri memang lebih leluasa. Selain kita bisa memainkan game kapan saja, tidak perlu juga keluar dari rumah untuk melakukannya. Yang dibahas ttu semua adalah sisi baiknya, tapi untuk memulai merakit PC dari nol tentu bukanlah hal yang bisa terpikirkan langsung terlaksanakan.

Perlu teliti dalam memilih komponen sesuai dengan budget yang ingin dikeluarkan. Jika kalian punya budget 5 juta atau 10 juta, maka kami sudah pernah merilis artikelnya di Gamebrott. Tapi, bagaimana kalau budget kalian lebih dari itu, misalkan 15 juta. Tentu kita bisa lebih leluasa memilih komponen dengan kemampuan lebih tinggi.

Pada artikel kali ini, penulis ini memberikan rekomendasi komponen PC gaming 15 jutaan yang relevan di akhir tahun 2023. Sedikit catatan saja, pergerakan harga komponen adalah dinamis. Jadi bukan tidak mungkin harga akan berubah sewaktu-waktu, bisa lebih murah atau lebih mahal.

Disclaimer: Artikel dibuat berdasarkan patokan harga saat artikel ini ditulis (23/12). Artikel akan diupdate secara berkala untuk mengikuti perkembangan harga pasaran. 

Rekomendasi Rakit PC Gaming 15 Jutaan 2023

Rekomendasi PC harga 15 jutaan

Untuk kalian yang ingin memiliki PC gaming dengan budget 15 jutaan. Sebenarnya ada beberapa pilihan yang bisa kalian ambil. Mulai dari pemilihan prosesor; ingin menggunakan AMD atau Intel. Hingga kartu grafis yang digunakan; apakah kalian tim hijau, biru, atau merah.

Lalu, ekspektasi game seperti apa yang bisa kita mainkan dengan build harga 15 jutaan? Game sekelas Genshin Impact atau game e-sports lainnya sudah pasti berjalan di settingan paling tinggi. PC kelas harga seperti ini juga sudah mampu libas game AAA terbaru dengan settingan High 1080p. Jadi paling tidak kalian tidak perlu lakukan upgrade untuk beberapa tahun kedepan.

Sesuai yang sudah dibahas di atas, PC gaming 15 juta membolehkan kita lebih menoleransi komponen yang bisa dipilih. Untuk itu, kita jadi bisa memilih menimbang-nimbang komponen apa yang ingin kita prioritaskan (biasanya sih VGA).

Namun perlu diperhatikan juga untuk tidak terlalu timpang antara satu sama lain. Semua itu dilakukan tentu demi menghindari bottlenecking. Kira-kira untuk sekarang ini, budget 15 juta bisa memberikan spesifikasi PC seperti apa sih? Mari kita mulai dari otak komputer itu sendiri yaitu prosesor.

1. Prosesor: Intel Core i5-13400F

Tim biru

Zaman sekarang memilih Intel atau AMD sebagai prosesor sudah bukan lagi jadi sesuatu yang membuat dilemma. Keduanya sudah saling susul menyusul secara spek hingga tidak ada pilihan yang salah kalau menyukai salah satu kubu.

Jika ingin menggunakan Intel dibudget ini, kalian akan mendapatkan generasi lebih baru dengan pilihan Intel Core i5-13400F sebagai prosesor utama. Sedangkan kalau kalian mencari prosesor AMD Ryzen dengan harga serupa, pilihan paling dekat jatuh kepada Ryzen 7 5700X.

Hanya saja ia masih menggunakan DDR4 yang semakin hari semakin tidak relevan karena kedua kubu sudah beralih ke DDR5 di generasi terbaru. Keduanya punya range harga yang mirip di 3 jutaan saja dan Intel kali ini lebih unggul karena dukungan DDR5 yang lebih ngebut dan future-proof.

2. HSF: Air Cooling Pilihan Terbaik

HSF cooler

Tidak perlu muluk-muluk gunakan AIO Water cooling, di range harga seperti ini, HSF tower masih menjadi primadona yang tidak boleh terlewatkan. Selain itu kalian juga tidak perlu khawatir masalah bocor dan sebagai orang yang pemalas seperti penulis, maintenance PC kalau bisa dilakukan setahun sekali saja.

Kalian sudah bisa mendapatkan HSF berkualitas bagus dengan harga 250 ribuan hingga 300 ribu di marketplace.

3. Motherboard: Minimal 2 Slot NVMe

Untuk pilihan motherboard kalian bisa gunakan B550 (AMD) atau B760 (Intel). Kami tidak menyarankan seri H untuk Intel dan seri A untuk AMD di range harga ini. Yang perlu diperhatikan adalah pastikan setidaknya punya 2 slot NVMe agar kalian tidak perlu lagi menggunakan SSD SATA yang ribet.

Motherboard dual slot NVMe

Build PC kalian juga akan jadi lebih clean dan gampang dirakit karena berkurangnya beberapa kabel tambahan untuk SSD SATA. Dengan budget setidaknya 1,7 jutaan kalian sudah bisa mendapatkan mobo LGA 1700 Intel atau AM4 B550M untuk AMD.

4. RAM: Sudah Zamannya DDR5

RAM DDR5 sekarang sudah sangat terjangkau. Dengan modal 1 juta kecil saja kalian sudah bisa mendapatkan RAM berkualitas baik dengan kecepatan yang mumpuni pula. RAM tersebut sudah pasti menggunakan konfigurasi dual channel 2x16GB dengan kecepatan 5600MHz.

DDR5

Meskipun di harga segini, biasanya RAM yang tersedia punya latency tinggi di CL46. Performa tetap jauh melebihi Ryzen 7 5700X yang masih menggunakan DDR4. Paling tidak kalian bisa hemat banyak biaya kalau masih ingin gunakan teknologi generasi sebelumnya. Tapi kalau kalian sudah berpikir jauh kedepan, DDR5 bukanlah pilihan yang buruk mengingat DDR4 sudah mulai ditinggalkan.

5. Storage: Minimal SSD 1TB Biar Lapang

SSD

Tadi kita memilih mobo yang punya 2 slot NVME SSD, berarti kedua slotnya harus terisi biar maksimal. Karena budget terbatas, kalian bisa mengakalinya dengan gunakan NVMe PCIe Gen 3.0 yang lebih terjangkau.

Slot pertama biasanya digunakan untuk boot. Penulis rasa 500GB untuk boot drive sudah cukup di range harga PC 15 jutaan. Sisa budgetnya bisa dialokasikan untuk slot kedua yang akan kita pasang SSD 1TB. Harga SSD 500Gb saat ini sekitar 500 ribuan dan SSD 1TB sekitar 800 ribuan.

Atau kalau mau lebih hemat lagi, gunakan saja 1 slot SSD berkapasitas 1TB. Kalian bisa tambahkan seiring waktu kalau ada rezeki berlebih. Tidak ada paksaan, itulah enaknya rakit PC brott!

6. GPU: NVIDIA RTX 4060 Ti

RTX 4060 Ti

Penulis agak ragu memasukkan rekomendasi apapun tanpa menyinggung suatu pihak. Karena kita menginginkan sistem PC baru dengan dukungan lebih lama pula, tidak ada salahnya memilih generasi terbaru.

Pilihan penulis jatuh kepada NVIDIA RTX 4060 Ti 8GB dengan harga menyentuh 6 jutaan mendekati 7 juta. VGA generasi terbaru NVIDIA ini sudah mendukung teknologi DLSS 3 Frame Generation yang bisa membuat framerate tambahan ketika memainkan game terbaru.

Dengan begini kalian sudah dijamin bisa melibas game apapun rata kanan di resolusi 1080p. Kalian tetap bisa menikmati 1440p dengan lancar jika mengandalkan DLSS Super Resolution. Jika saja harga VGA-nya sedikit lebih terjangkau, penulis bahkan tidak akan ragu merekomendasikan kepada siapapun.

Kalian tetap bisa memilih generasi sebelumnya untuk memangkas budget. Tidak ada salahnya kok. Harganya juga terpaut jauh dengan seri 4K RTX. Hanya saja kalian akan kehilangan fitur Frame Generation karena itu eksklusif untuk seri terbaru NVIDIA. Tapi untungnya sekarang AMD sudah menyediakan fitur tersebut secara gratis dan open-source.

7. PSU: Jangan Dipangkas!

PSU 80+ Gold

Biasanya permasalahan orang rakit PC adalah membeli komponen terbaik namun melewatkan PSU. Padahal bagian ini juga tidak kalah penting loh! Tugas PSU memastikan listrik terkirim ke komponen lain secara stabil.

Hingga memilih PSU dengan tier list bagus adalah pilihan yang tidak pernah salah. Pastikan kalian mencari PSU dengan Tier A dan punya daya yang cukup untuk mengangkat semua komponen di atas.

Saran penulis adalah memberikan sedikit kerenggangan pada daya untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi. Dengan semua komponen diatas, 750 Watt adalah pilihan aman. Pastikan ia juga memiliki sertifikasi 80+ setidaknya Bronze atau Silver agar perasaan was-was bisa hilang.

Kalian bisa menemukan PSU dengan spesifikasi diatas sekitar harga 1,4 jutaan di marketplace nasional.

8. Casing: Suka-Suka

Terakhir kita butuh casing untuk memasang semua komponen yang sudah kita pilih. Tidak ada kriteria khusus, hanya perlu pastikan kalau kalian menyukai desain-nya serta mendukung ukuran motherboard, GPU, dan HSF.

Selanjutnya ya pastikan budget kalian mencukupi karena casing PC bisa terdiri dari 200 ribuan hingga jutaan tergantung fitur apa yang disajikan. Ini penulis kembalikan lagi ke pilihan masing-masing ya brott.

Total pengeluaran

Jadi itulah kira-kira build PC gaming 15 jutaan yang kami rekomendasikan. Memang harganya tidak genap di 15 juta namun ada lebih-lebih dikit, tapi, setidaknya gambaran penulis ketika diminta rakit PC dengan kriteria serupa, spek seperti inilah yang tergambarkan di benak.

Kalau kalian memilih komponen alternatif seperti penjelasan diatas, harga bisa dikompres lebih rendah lagi. Tinggal menyesuaikan budget saja. Karena setelah ini, kalian juga harus membeli monitor.

Itulah infromasi rekomendasi PC Gaming 15 Jutaan dari kami. Bagaimana menurut kalian? Apakah ada saran untuk rakitan PC 15 jutaan yang cocok di tahun 2023 ini? Coba berikan komentar kalian ya brott.


Dapatkan informasi keren di Gamebrott terkait Tech atau artikel sejenis yang tidak kalah seru dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version