Pedas! Penulis Star Wars: Rogue One Kritik EA Setelah Batalkan Proyek Studio Vancouver


Follow Us
Proyek EA Vancouver yang batal buat penulis salah satu serinya tak segan lagi.

EA memang terkenal sering menutup studio dan langsung membatalkan proyek gamenya jika mereka rasa tidak memenuhi standar maupun ekspektasi mereka. Penutupan Visceral dan pembatalan proyek Star Wars EA Vancouver menjadi salah satu buktinya. Namun sepertinya co-developer film Rogue One miliki pandangan lain tentang aksi publisher yang dibenci banyak gamer tersebut.

Nulis artikel dibayar

Berbicara di channel Kinda Funny Games milik Greg Miller, mantan Editor dan Presenter IGN, Gary Whitta co-developer Rogue One mendiskusikan “Project Orca” yang dibatalkan EA beberapa hari yang lalu. Whitta sebagai Penulis script Star Wars yang telah berpengalaman selama bertahun-tahun dan pernah membantu PC Gamer sebagai Editor tak segan lagi untuk ungkapkan kritiknya.

BACA JUGA  10 Penyerang Wonderkid Fifa 19 Yang Sedang Naik Daun

“Persetujuannya ditandatangani di tahun 2013 dengan kontrak 10 tahun. Kami sudah melewatinya lebih dari setengahnya… Jadi, bayangkan jika aku adalah Bob Iger, Kepala dari Disney yang menghubungi EA… Kita cek apa saja yang telah mereka kerjakan… EA telah merilis dua game Battlefront, yang satu tak miliki cerita apapun, keduanya merupakan game yang biasa saja, dan yang satunya lagi menjadi sebuah penghinaan terbesar berkat microtransaction, tak hanya untuk EA, namun juga pada Disney dan brand Star Wars.

BACA JUGA  Trailer Perdana Star Wars Jedi: Fallen Order Ajakmu untuk Tak Percaya Siapapun

EA miliki game Star Wars linear seperti Uncharted yang dikerjakan oleh Penulis Uncharted dan kemungkinan merupakan salah satu desainer naratif terbaik di industri tersebut. Terlihat fenomenal. Namun dibatalkan. Pindah-tangankan asetnya ke studio EA Vancouver dengan ambisi untuk rilis game open-world… Dibatalkan lagi. Oke, apa lagi… tak ada. Itulah yang telah kami lakukan selama lima tahun.”

Komentar pedasnya tersebut dilanjutkan dengan kata-kata yang “lebih sopan”, anggap bahwa lisensi yang ditandatangani EA “diatur dengan sangat tidak baik” dan merupakan “sebuah penghinaan”. Ketika Whitta ditanya apakah ada kemungkinan bahwa mereka akan memperbaharui kontraknya nanti, ia hanya mengatakan bahwa tak satupun yang menginginkannya.

BACA JUGA  Demi Star Wars Jedi: Fallen Order Rampung, Respawn Tunda Proyeknya

Meski sempat dibatalkan, namun EA masih miliki satu kesempatan lagi yakni dengan game Star Wars buatan Respawn Entertainment yang dikabarkan akan dirilis tahun 2020. Kita akan tahu apakah mereka berhasil mengubah pandangan Disney dan jadikannya game keren seperti Titanfall 2.

Baca lebih lanjut tentang Electronic Arts melalui link berikut.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item