Pemerintah Belanda Akan Melarang Lootbox di Video Game Karena Dianggap Gambling

Pemerintah Belanda Akan Melarang Lootbox

Game dengan lootbox memang beberapa tahun terakhir ini sedang marak. Sistem ini memang sangat populer terutama untuk game online dimana gamer bisa mencoba peruntungan dapatkan in-game item seperti skin karakter, weapon, dan berbagai aksesoris lainnya.

Hanya saja ada negara yang memang sangat anti dengan sistem game seperti ini karena kemiripannya dengan gambling. Salah satu negara yang belakangan ini tengah vokal menyuarakan hal ini adalah Belanda.

Dianggap Gambling, Pemerintah Belanda akan Melarang Lootbox

Pemerintah Belanda akan melarang sistem loot box

Menurut laporan Leon Y. Xiao, pemerintah Belanda sedang merencanakan untuk melarang segala unsur lootbox dalam video game. Ini merupakan salah satu dari bagian dari meningkatkan regulasi terkait pembelian dalam aplikasi atau sebutan umumnya In-app Purchase.

Menteri ekonomi Belanda, Micky Adriaansens sudah mengirimkan agenda ke DPR Belanda yang berisikan sejumlah kebijakan baru mengenai banyak hal seperti pengetatan door sales dan penjualan online. Termasuk didalamnya larangan masal terkait lootbox dalam video game.

Loot box akan dilarang oleh pemerintah Belanda

Pengetatan aturan mengenai in-app purchase di Uni Eropa beberapa waktu lalu juga didasari dari usaha Belanda dalam mengawal kebijakan tersebut. Situs resmi pemerintah Belanda juga menuliskan, mereka akan menetapkan aturan tambahan diatas yang sudah diberlakukan oleh Uni Eropa dan kabinet akan mengusulkan untuk melarang penggunaan sistem lootbox dalam video game.

Ini berarti segala jenis in-app purchase yang mengandung konten unlock progress dalam game maupun untuk membuka opsi tambahan dengan biaya tertentu akan dilarang. Efektif berlaku untuk platform mobile, konsol, maupun PC.

Belgia Sudah Larang Game dengan Lootbox Sejak 2018

Sistem loot box sering dianggap merugikan anak-anak

Sistem ini memang mendapatkan kontroversi yang cukup panas beberapa waktu lalu. Ketika itu negara Belgia pada tahun 2018 melarang lootbox karena alasan yang sama yaitu dianggap sebagai gambling.

Walau beberapa publisher sudah mulai berbenah untuk menerapkan sistem yang lebih terkontrol untuk gamer yang punya umur belia. Sepertinya usaha itu dinilai belum cukup oleh beberapa negara di Eropa.

Menurut kalian apakah lootbox sama dengan gambling, brott?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita Games atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version