Pendapat Hideo Kojima Soal AI, Manusia Tidak Boleh Digantikan di Bidang Seni

Pendapat Hideo Kojima Soal Ai

Nama Hideo Kojima memang sudah tidak asing bagi kebanyakan gamer. Pencipta seri game Metal Gear dan Death Stranding ini terkenal sangat antusias dengan game yang dia buat dan tidak jarang mendapatkan respons positif dari fans meski terkadang ide dia terkesan aneh.

Kojima juga melek dengan perkembangan dunia teknologi apalagi dengan hadirnya AI belakangan ini, semakin menguatkan argumen kalau AI memang tidak bisa digunakan untuk menggantikan manusia.

Pendapat Hideo Kojima Soal AI, Seharusnya Tidak Boleh Total Gantikan Peran Manusia

Hideo Kojima berpendapat soal AI

Melansir dari situs 80Level, Hideo Kojima yang menghadiri acara premiere film dokumenter dirinya di New York mengatakan kalau kecerdasan buatan tidak seharusnya menggantikan peran manusia dalam urusan pembuatan seni secara utuh.

Dia berpendapat kalau dia sendiri tidak menentang penggunaan AI dalam pengembangan game. Kalau misalnya memang terbukti teknologi ini bisa mengurangi masa development suatu game. Dia memberikan contoh kalau sebuah game membutuhkan 600 orang untuk pengerjaannya dan mungkin bisa dipangkas setengahnya jika menggunakan AI.

Dia berpikir AI tidak seharusnya gantikan semua peran manusia

Aku tidak berpikir kalau AI bisa mengambil alih. Aku akan menyuruh AI mengerjakan sesuatu dan kalau mereka tidak mendengarkan, akan aku matikan. Manusia seharusnya setingkat lebih tinggi dari AI.

Hideo Kojima, Kreator Game

Plot di Metal Gear Solid 4 dan Prediksi Jitu Kojima

Plot MGS4 yang hadirkan AI

Tidak heran jika Kojima memang beranggapan seperti itu. Jika kalian memainkan game buatan beliau yaitu Metal Gear Solid 4. Premis mendasar game tersebut adalah kebanyakan berdasarkan kisah Artificial Intelligence yang bertindak ‘jahat’ dan berujung merugikan manusia secara utuh.

Kojima juga banyak dianggap sebagai orang yang mampu membuat prediksi menjadi kenyataan hingga hampir semua prediksi beliau dalam game menjadi kenyataan. Contoh saja misalnya yang soal AI, perang drone, dan COVID-19 kemarin. Sang kreator sampai harus menulis ulang skrip Death Stranding 2 karena takut dianggap memprediksi masa depan lagi.

Kalau kalian apakah setuju dengan pernyataan Kojima terkait kecerdasan buatan ini? Apakah kalian malah punya pendapat lain? Coba di-share ya, brott.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita Games atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version