Cetak Rekor Baru, Pengguna Aktif Steam Menyentuh Angka 30 Juta Player

Pengguna Aktif Steam

Pengguna Aktif Steam – Steam baru saja memecahkan rekornya sendiri dengan pengguna aktif menyentuh angka 30 juta pengguna. Waduh, serius nih!? Daripada bingung dan penasaran, yuk kita cari tahu bersama!

Pengguna Aktif Steam Melonjak Sejak Tahun 2020

Puncak Pengguna Aktif Steam Menembus Angka 30 Juta

Pada saat artikel ini ditulis (24/10), data Steam Charts yang menunjukkan angka 30.006.895, sementara pada situs SteamDB sedikit lebih banyak dengan jumlah 30.032.005 pengguna aktif. Sebagai perbandingan kasar, angka tersebut kurang lebih setara dengan jumlah penduduk negara Nepal.

Penggunaan Steam memang terus meningkat. Platform dimana para penggunanya bisa membeli game legal secara online ini melonjak penggunanya pada tahun 2020 bersamaan dengan menyebarnya wabah Covid-19 dan diberlakukakannya isolasi mandiri diseluruh dunia. Rekor terakhir Steam tercatat pada Januari 2021 dengan jumlah 25 juta pengguna aktif. Jumlah tertinggi itu terus bertahan hingga dipecahkan sendiri oleh Steam saat ini.

Homepage Steam

Sebagai perbandingan kelonjakan ini, butuh waktu 14 tahun lamanya agar Steam bisa menggaet 15 juta pengguna aktif yang dicapai pada tahun 2017 silam. Memang, Steam butuh perjalanan panjang untuk mencapai angkat setinggi itu dan menjadi pusat PC gaming saat ini. Valve sendiri dididirikan oleh Gabe Newell atau lebih dikenal gamers dengan panggilan Gaben pada tahun 1996 bersama dengan rekan kerjanya sewaktu bekerja di Microsoft yaitu Mike Harrington. Pada masa itu, game pertama yang ditawarkan oleh Valve adalah Half-Life yang menjadi game ikonik dari Valve selain Team Fotress dan Left 4 Dead.

Pada tahun 2003, Valve merilis Steam, sebuah layanan gaming online untuk menjajakan game PC yang dapat dibeli secara online. Kini, Steam sudah menjadi raksasa dalam hal distribusi dan pemasaran Game di PC. Tidak ada gamers PC zaman sekarang yang tidak mengenal Steam.

Jadwal Steam Sale Terbaru Tahun ini Hingga 2023

Jadwal Steam Sale

Ngomong-ngomong soal Steam, nantinya akan ada diskon besar-besaran ala Gaben yang populer dikalangan gamers dengan nama Steam Sale. Valve membuat perubahan pada diskon musiman mereka dengan meniadakan Lunar New Year Sale yang biasanya diadakan pada bulan Januari setiap tahunnya.

Meskipun satu Steam Sale ditiadakan, Valve akan menambahkan Spring Sale sebagai sebagai pengganti Lunar New Year Sale. Steam Spring Sale nantinya akan hadir mulai tahun depan pada 16 Maret dan berlangsung selama satu minggu.

Sementara untuk tahun ini, Steam akan mengadakan Autumn Sale yang berlangsung pada tanggal 22 November hingga 29 November, lalu dilanjutkan dengan Winter Sale pada tanggal 22 Desember hingga 5 Januari 2023.

Bagaimana? Apakah menurutmu ini salah satu pencapaian terbesar Steam sejauh ini? Bisakah Steam membuat rekor baru lagi kedepannya?


Baca berita terupdate terkait Steam, Steam Sale dan informasi menarik lainnya dari saya Ananda Pratama. For any further collaboration, Contact me at author@gamebrott.com.

Exit mobile version