Penjualan Baldur’s Gate 3 Tembus 5,2 Juta Kopi Hanya dari Versi Steam

Penjualan Baldur's Gate 3

Penjualan Baldur’s Gate 3 – Dirilis di awal bulan Agustus ini, Baldur’s Gate 3 seketika mencuri perhatian gamer lewat gameplay RPG yang kompleks, naratif yang penuh cabang cerita, karakter yang menarik, serta eksplorasi yang seru. Kesuksesan dari game ini tak hanya di luar ekspektasi, tetapi juga membuat panik developer lain yang takut skala ambisius yang digarap oleh Larian menjadi standar baru game RPG kedepannya.

Game ini sempat menjadi game ke-9 teramai di Steam sepanjang masa dengan jumlah pemain bersamaan mencapai 870 ribu lebih. Untuk game dengan subgenre dan IP yang sangat niche, angka tersebut mengejutkan semuanya.

Dengan jumlah pemain sebanyak itu, dapat dibilang Baldur’s Gate 3 menjadi game terlaris yang Larian Studios pernah rilis, namun seberapa laris dalam detil angka?

Penjualan Baldur’s Gate 3 Tembus 5,2 Juta Kopi Hanya dari Versi Steam

Penjualan Baldur’s Gate 3 Tembus 5,2 Juta Kopi Hanya dari Versi Steam

Dilansir dari Wccftech, kedutaan dari Belgia yang menjadi negara di mana Larian Studios berpusat, memberikan selamat kepada studio tersebut atas kesuksesan mereka. Menurut badan kedutaan tersebut, game telah terjual lebih dari 5,2 juta kopi hanya dari versi Steam saja. Game juga dirilis di GOG, namun angka penjualannya hanya sebagai kecil dari apa yang didata di Steam.

Sebelumnya di awal bulan Agustus 2023, CEO Larian Studios Swen Vincke sempat ungkap game telah terjual 2,5 juta kopi sebelum rilis penuhnya. Maka setengah dari total penjualan game telah tercipta ketika game masih dalam fase early-access.

Dengan versi PS5 akan menyusul di bulan September mendatang, angka penjualan tersebut tentunya akan terus bertambah dan bisa saja game ini mencapai angka 10 juta kopi sebelum akhir tahun 2023 mendatang.

Untuk game yang dapat dibilang skala menengah, jumlah penjualan tersebut menjadi prestasi tersendiri khususnya melihat jejak Larian Studios yang dulu hanya mampu menggarap dua game terakhir mereka (Divinity Original Sin 1&2) lewat dana kampanye Kickstarter.

Resepsi Luar Biasa yang Didapat Baldur’s Gate 3

Baldur’s Gate 3

Baldur’s Gate 3 mendapat resepsi yang sangat luar biasa dari gamer dan juga kritikus. Game dengan 175 jam total cutscene itu mendapat skor Metacritic 97 pada awal rilis sebelum turun menjadi 96 dalam beberapa hari terakhir.

Hal ini membuat game CRPG itu “beradu” dengan The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom, Resident Evil 4 Remake, dan Street Fighter 6 dalam papan atas game rating tertinggi tahun ini. Game tersebut juga telah dicap gamer sebagai calon kuat game of the year di akhir tahun mendatang.

Resepsi luar biasa ini sempat menjadi pembicaraan para developer game lain di Twitter yang protes agar skala ambisius yang dicapai Larian Studios tak menjadi standar baru karena dianggap “tak adil”. Beberapa menyebut bahwa tidak semua studio “miliki dana, sumber daya, dan waktu pengembangan lama” untuk dapat ciptakan game sekompleks dan sedetil Baldur’s Gate 3. Banyak kritikan ini menjadi bahan tertawaan gamer yang mendukung penuh agar BG3 menjadi standar baru game RPG kedepannya.


Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang Baldur’s Gate beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version