Penjualan Konsol Switch Menurun, Nintendo Konfirmasi Tidak Ada Penerus Switch Setahun Kedepan

Penjualan Konsol Switch

Konsol Nintendo Switch sudah rilis sejak 2017 lalu. Per akhir Maret ini, konsol ini sudah terjual sebanyak 122,5 miliar unit. Pihak Nintendo mengkonfirmasi bila pada periode 12 bulan terakhir mereka tercatat berhasil menjual sebesar 17,97 juta unit. Angka ini tentu meleset dari target awal mereka 21 juta unit yang kemudian direvisi menjadi 18 juta unit.

Pihak Nintendo memperkirakan penjualan konsol mereka akan menurun menjadi sebesar 15 juta unit untuk periode fiskal berikutnya hingga Maret 2024. Angka ini dikonversikan menjadi penurunan 16,5% lebih rendah dari periode fiskal tahun lalu. Konsol yang sudah berumur 7 tahun ini memang akan mengalami perlambatan penjualan dan konsumen sudah bersiap-siap menantikan konsol penggantinya.

Semakin Berumur, Penjualan Konsol Switch Terus Turun

Konsol Nintendo alami penurunan penjualan

Meski penjualan yang kian menurun, presiden Nintendo Shuntaro Furukawa mengatakan mereka sudah memprediksi hal itu mengingat konsol yang sudah berumur seperti ini memang akan kehilangan momentumnya kian hari. Tugas mereka sekarang adalah terus mempertahankan penjualan agar tidak lebih menurun drastis.

Nintendo Switch sudah memasuki tahun ke-7 sejak perilisan, dan kian hari akan semakin menantang untuk mempertahankan momentum seperti sebelumnya. Target kami sekarang adalah mempertahankan pengguna Switch untuk memainkannya lebih lama, yang berujung maksimalisasi penjualan.

Shuntaro Furukawa, Presiden Nintendo

Presiden Nintendo Ungkap Belum Ada Rencana Rilis Penerus Switch

Game Switch terbaru The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom

Dalam percakapan dengan Bloomberg via Videogameschronicle, sang presiden Shuntaro Furukawa mengatakan mereka belum ada rencana untuk merilis konsol penerus Switch. Setidaknya rencana ini belum ada sampai periode fiskal berikutnya di bulan Maret 2024. 

Penjualan terus menurun meskipun berbagai game game populer rilis seperti Pokemon Scarlet & Violet, Splatoon 3. Rilisnya The Legend of Zelda: Tears of the Kingdom juga diprediksi tidak akan meningkatkan penjualan konsol setinggi sebelumnya. 

Belum ada penerus Switch direncanakan hadir

Switch sendiri sudah mencatat 1036 miliar copy game terjual sejak tahun 2017. Angka ini merupakan penjualan terbesar diantara konsol Nintendo lainnya dengan Nintendo DS berada di peringkat kedua 948,7 juta copy terjual.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version