Pelaku Penyebar Dokumen Rahasia di Server Discord Minecraft Telah Ditangkap

Penyebar Dokumen Rahasia di Server Discord Minecraft

Dokumen Rahasia di Server Discord Minecraft – Beberapa waktu lalu, telah dikabarkan bahwa terdapat kasus bocornya dokumen rahasia perang Ukraina. Uniknya, penyebaran dokumen tersebut muncul dari tempat yang tak terduga yakni melalui server Discord komunitas fans Minecraft.

Semenjak tersebarnya dokumen, banyak pihak yang dikerahkan demi menangani kasus. Bahkan pihak Pentagon asal Amerika Serikat langsung turun tangan untuk menekan penyebaran dokumen di internet. Saat ini, terdapat laporan baru bahwa penyebar dokumen sudah berhasil ditangkap setelah teridentifikasi melalui akun Steam sang pelaku.

Pelaku Penyebar Dokumen Rahasia di Server Discord Minecraft Ditangkap

Pelaku Penyebar Dokumen Rahasia di Server Discord Minecraft Ditangkap

Jack Teixeira, seorang pria berusia 21 tahun asal Massachusetts, Amerika Serikat berhasil diamankan polisi beberapa waktu lalu. Tersangka diduga sebagai pelaku dari kasus bocornya dokumen rahasia perang Ukraina yang bocor melalui server Discord Minecraft.

Dilansir dari New York Times, Teixeira memiliki server Discord pribadi bernama “Thug Shaker Central” yang beranggotakan 20-30 pengguna lainnya. Server tersebut sering kali digunakan oleh para anggotanya untuk berdiskusi mengenai senjata, meme dengan kontek rasisme dan video game.

Salah satu anggota server Discord menyatakan bahwa Teixeira dianggap sebagai pemimpin di dalam grup tersebut. Dirinnya juga yang menjadi penyebar dokumen rahasia perang Ukraina dengan maksud untuk mengedukasi anggota lainnya akan permasalahan yang tengah terjadi di dunia, terutama motif dari pemerintahan Amerika Serikat.

Berbicara melalui The Washington Post, anggota grup menanggap Teixeira sebagai seseorang yang cerdas. Dirinya dipercaya menyebar dokumen rahasia dengan sadar diri dan tahu akan konsekuensinya. Disebarnya dokumen bukanlah kebocoran yang tidak disengaja, bahkan sang pelaku sudah aktif membocorkan aset negara dalam beberapa tahun terakhir. Namun baru kali ini ia melakukan penyebaran di luar grup pribadinya melalui server Discord Minecraft.

Melalui Akun Steam, Pelaku Berhasil Teridentifikasi

Melalui Akun Steam, Pelaku Berhasil Teridentifikasi

Christiaan Tiebeert selaku investigator menyatakan bahwa Teixeira pertama kali teridentifikasi setelah ditemukannya akun Steam milik pelaku oleh pihak FBI. Setelahnya, akun lainnya pun mulai terbongkar, salah satunya yakni akun Instagram yang di dalamnya terdapat postingan yang merujuk ke lokasi dimana pelaku memotret dokumen rahasia untuk dibocorkan.

Lokasi tersebut juga merupakan rumah masa kecil pelaku yang hingga kini masih dihuni olehnya. Saat ini, Teixeira sudah diamankan oleh aparat setempat dan direncanakan siap hadir di pengadilan Boston setelah penangkapan.

Dev War Thunder: “Welcome to the Club”

Tersebarnya dokumen rahasia negara memang kerap terjadi belakangan ini di dalam komunitas gamer. Terlebih semenjak terjadinya konflik antara Rusia dan Ukraina yang membuat situasi semakin memanas dan kasus kebocoran dokumen semakin menjadi.

Komunitas War Thunder sering mendapatkan kabar mengenai bocornya dokumen rahasia dari komunitasnya

Game yang paling sering dilanda kasus bocornya dokumen rahasia adalah War Thunder. Dalam beberapa tahun terakhir, kurang lebih sudah 4 kali dokumen rahasia mengalami kebocoran di forum komunitas. Umumnya, kasus terjadi karena pemain ingin alutsista di dalam game dibuat seakurat mungkin dan dokumen disebar dengan maksud agar developer dapat mebnggunakannya sebagai referensi.

Namun kali ini kasus justru melanda komunitas gamelainnya melalui server Discord Minecraft. Menanggapi hal tersebut, pihak developer War Thunder pun melayangkan guyonan “welcome to the club” melalui akun Twitter resminya.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait Minecraft serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version