Perangkat VR Ini Akan Memungkinkanmu Menghirup Bau dari Dalam Video Game


Follow Us

VR atau Virtual Reality mungkin memang bukan hal yang baru di dunia video game, meskipun keberadaannya bagi gamer Indonesia masih terasa awam dan masih belum menarik minat mereka. Namun di luar negeri usaha untuk membawa pengalaman VR ini ke tingkatan selanjutnya terus dilakukan oleh berbagai perusahaan. Mulai dari perangkat yang memungkinkanmu benar-benar berjalan lewat Virtuix Omni atau Cybershoes, hingga perangkat kontroler adaptif dimana kamu bisa mengontrol game VR lebih realistis lewat gerakan tangan yang lebih natural.

Nulis artikel dibayar

Dan untuk melengkapi pengalaman “realistis” dari game VR yang kamu mainkan, munculah perangkat bernama FeelReal ini yang mana akan meningkatkan pengalaman VR-mu lewat indra penciuman. Ya, seperti video perkenalan yang kamu dapat tonton diatas, FeelReal ditujukan agar kamu dapat menghirup beragam aroma yang tengah terjadi di dalam gamemu. Nantinya kamu dapat merasakan bagaimana aroma hutan Falkreath, dinginnya gunung salju Monahven , bahkan aroma nafas Naga ketika berpetualang di Skyrim

Sebenarnya FeelReal bukanlah yang pertama memperkenalkan teknologi perangkat ini, sebelumnya sudah pernah ada Nosulus Rift yang sempat dibuat agar kamu dapat mencium bau kentut dari game South Park:  : The Fracture But Whole. Namun bila Nosulus Rift hanya memungkinkanmu mencium, FeelReal nantinya juga memiliki sensor pendukung yang dapat merasakan getaran, hembusan angin, hawa panas, hingga merasakan kabut tipis yang menerpa wajahmu. Semua hal tersebut sendiri dirasakan dengan perangkat ini lewat kapsul aroma yang dapat diganti dengan mudah.

Tentunya hal ini terdengar menarik bila memang dapat diaplikasikan ke dalam semua video game. Namun disinilah letak kelemahan dari FeelReal yang masih dalam status pengembangan ini. Dengan beragamnya lokasi yang ada dengan aroma yang sangat bervariasi dalam satu game apalagi dalam banyak game. Sedangkan perangkat ini bersifat portabel dengan kapsul aroma yang berukuran tidak terlalu besar. Maka kamu akan butuh banyak kapsul untuk setiap gamemu. Karena hingga saat ini saja FeelReal telah memiliki 255 aroma yang dapat dikombinasikan. Belum lagi daya tahan dari satu kapsul aroma yang masih belum jelas ketahannya.

FeelReal sendiri dapat dengan mudah ditandemkan dengan beragam perangkat VR headset yang sudah ada seperti PSVR, HTC Vive, dan Oculus Rift. Dan telah teroptimalisasi untuk beberapa game VR seperti Skyrim VR, Beat Saber, Death Horizon, Last Day Defense VR, Feelreal Dreams, Guns and Stories: Bulletproof VR, dan Youtube VR. Dan masih belum jelas harga yang akan dipatok untuk perangkat ini karena FeelReal sendiri masih terus dikembangkan hingga saat ini. Berminat untuk menjajal perangkat virtual reality ini?


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Tech atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.


Like it? Share with your friends!