Perbedaan Windows 10 vs Windows 11, Apakah Perlu Upgrade?

Windows 11 Vs Windows 10

Windows 10 vs Windows 11 – Operating system Windows adalah salah satu yang paling berhasil dalam penetrasi pasar. Tiada yang bisa mengalahkan OS ini dalam urusan familiaritas serta kegampangan dalam pengoperasian. Saingan terbesar mereka saat ini yaitu Linux dan MacOS terlihat kerdil jumlah penggunanya jika dibandingkan dengan Windows.

Microsoft sebagai pencipta sistem operasi untuk PC ini selalu melakukan update pada saat berkala. Baik itu dalam hitungan semester hingga update angka yang kini sudah mencapai angka sebelas.

Sebagai OS terbaru, Windows 11 memberikan pengalaman paling sempurna menurut Microsoft. Sehingga mereka pun percaya diri mengajak pengguna yang masih menggunakan Windows 10 untuk beralih ke versi terbaru ini dalam beberapa iklan produk mereka.

Tapi, sistem operasi baru berarti masih ada beberapa penyesuaian serta bug yang belum diperbaiki. Hal ini tidak hanya terbatas oleh Windows terbaru saja tetapi pada setiap versi OS besutan Microsoft tersebut.

Hingga banyak pengguna yang masih setia menggunakan versi lama dan menunggu waktu yang tepat untuk update. Sudah 2 tahun berarti kehadiran Windows terbaru ini, dan apakah sekarang adalah saat yang tepat untuk update?

Artikel ini akan membahas seberapa layak pengguna awam dalam meng-update Windows mereka ke versi 11. Tanpa berlama-lama lagi mari kita bahas saja langsung lewat artikel kali ini.

Perbedaan Windows 10 vs Windows 11

Apa saja perbedaan kedua Windows

Update terbaru Windows 11 yaitu 22H2 membawakan beberapa fitur baru serta tampilan yang sedikit diubah. Salah satunya adalah start menu yang kini lebih banyak dapat porsi kustomisasi. Pengguna dapat memasukkan aplikasi ke folder serta memberikan pilihan untuk menunjukkan lebih banyak aplikasi atau lebih banyak rekomendasi yang diberikan oleh Microsoft.

Fitur terbaru yang diberikan lewat Windows ini adalah tab yang kini sudah hadir di Windows Explorer. Ada juga fitur dimana kalian bisa akses dokumen dan file lebih cepat dengan fitur homepage di pin quick access. Fitur seperti ini tentu tidak ada di Windows sebelumnya.

Lalu fitur di Windows sebelumnya pun sebenarnya tidak kalah jauh dari Windows 11. Selain beberapa fitur yang dipercantik di Windows terbaru itu, tidak ada yang begitu signifikan perubahannya. Maka, tidak heran jika banyak pengguna yang malas untuk berpindah OS lagi yang berarti mereka harus mendownload, menunggu install, hingga menghidupkan beberapa pengaturan keamanan lainnya seperti Secure Boot dan TPM 2.0.

Perbedaan Windows 11 Soal Gaming

Windows terbaru sekarang

Tidak hanya hadirkan fitur-fitur terbaru seperti Auto HDR dan Direct Storage yang menunjang gaming. Windows terbaru itu juga banyak berikan masalah pada performa gaming di OS tersebut.

Memang tidak semua game dan pengguna yang mendapatkan banyak masalah terutama pada pengguna kartu grafis NVIDIA. Problem ini muncul ketika awal update besar untuk tahun 2022 kemarin.

Windows 11 Lebih Selektif Memilih Spesifikasi

Spesifikasi harus sesuai standar Microsoft

Seperti yang sudah kita bahas diatas, Windows 11 memberikan beberapa syarat untuk pengguna yang ingin upgrade ke OS tersebut. Hal ini karena versi ini memang diciptakan untuk menjadi OS yang lebih aman. Karena citra Windows sendiri adalah OS yang gampang dibobol serta banyak malware, Microsoft menambahkan fitur keamanan ini sebagai bentuk pencegahan sejak dini.

Microsoft sendiri menetapkan persyaratan minimum menggunakan prosesor AMD Ryzen 2000 dan Intel Core generasi ke-8. Serta motherboard atau sistem kalian harus sudah memiliki modul TPM 2.0.

Windows 10 Lebih Stabil

Versi sebelumnya lebih stabil

Secara keseluruhan, Windows 10 memang lebih stabil dan tidak banyak error fatal yang muncul. Ditambah dengan beberapa fitur Windows terbaru ini yang sebetulnya tidak menambah apapun secara signifikan soal performa gaming. Direct Storage sendiri juga belum optimal dan sejauh ini baru hadir di game Forspoken. Dimana kita tahu performa gamenya juga tidak begitu baik.

Windows 11 vs Windows 10, Perlukah Kalian Upgrade?

Jadi harusnya pilih yang mana?

Jika tujuan kalian untuk mendapatkan fitur khusus gaming di Windows 11, maka jawabannya adalah untuk saat ini masih belum. Perbedaan yang tidak terasa serta minimnya support game yang mendukung fitur tersebut tentu membuat kalian tidak perlu mengungsi dari versi sebelumnya.

Tapi jika kalian ingin mendapatkan tampilan OS yang lebih baru dan up-to-date tanpa memikirkan performa misalnya. Windows 11 adalah pilihan yang bisa kalian pertimbangkan. Terlebih semua pengguna Windows versi 10 juga akan mendapatkan update ke 11 secara gratis.

Namun jika kalian tidak ingin berpindah, itu juga bukan merupakan keputusan yang salah karena Windows versi sebelumnya juga masih mendapatkan update setidaknya untuk beberapa tahun kedepan.

Itulah beberapa perbedaan antara Windows 11 vs Windows 10 buat kalian yang kepikiran ingin upgrade. Apa versi Windows yang sedang kalian gunakan sekarang, brott?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version