Performa Buruk The Callisto Protocol PC Diklaim Bikin Game Hampir “Unplayable”

Performa Buruk The Callisto Protocol

Performa Buruk The Callisto ProtocolThe Callisto Protocol baru saja rilis untuk PC, PS5 dan Xbox Series X/S. Namun dari semua versi tersebut, The Callisto Protocol PC menjadi yang paling bermasalah. Masalah stuttering yang begitu parah karena permasalahan shader compilation dengan Unreal Engine yang dipakai oleh game.

Performa Buruk The Callisto Protocol Disebut Begitu Parah di PC oleh Digital Foundry

Performa buruk The Callisto Protocol Menghantui Versi PC

Digital Foundry, media yang ahli dalam teknikal game menjelaskan lebih dalam apa yang sebenarnya terjadi pada performa buruk stuttering The Callisto Protocol di PC. Dia jelaskan kalau semua ame Unreal Engine saat ini seharusnya mengawali game dengan pre-compile shader atau proses pembuatan shader pada semua tekstur dan aset game. Namun game ini menariknya tidak melakukan itu dan justru melakukan compile shader saat berada dalam game, yang alhasil membuat stutter berat terjadi setiap karena prosesnya terjadi.

Masalah stutter ini begitu buruk menurut Digital Foundry, versi PC disebut unplayable bahkan di PC high-end. Sementara itu versi console tidak mengalami masalah serupa, membuat versi console jauh lebih superior saat ini meski tak miliki visual sedetil yang dimiliki versi PC.

Hal ini semakin diperburuk ketika pemain tidak miliki CPU high-end. Pada Intel Core i9 12900k, stutter bisa mencapai 400 ms dan semakin buruk pada CPU mid-range seperti Ryzen 5 3600.

Tak hanya pada masalah shader, Digital Foundry juga jelaskan kalau game horor terbaru ini miliki masalah serupa dengan Gotham Knight dimana CPU tidak sepenuhnya dimanfaatkan oleh game.

Pada hari ini (3/12), sebuah update patch game baru saja rilis. Update ini akan memperbaiki beberapa masalah performa terlebih stutter yang mengganggu keseruan ketika bermain. Pemberitahuan update iini juga diumumkan melalui akun Twitter resmi mereka.

Resepsi Mengecewakan dari The Callisto Protocol

The Callisto Protocol

The Callisto Protocol dirilis kemarin dan sejauh ini mendapatkan resepsi mengecewakan dari fans Dead Space dan juga kritikus. Game disebut tidak seseram Dead Space – game yang sebelumnya dikerjakan oleh developer yang sama, terlalu linear, absennya puzzle atau pun variasi gameplay, serta boss-fight yang tidak mengesankan.

Animasi mati serta tingkat kesulitan hardcore yang dikunci sebagai DLC juga memperburuk persepsi gamer terhadap game suksesor Dead Space tersebut. Dan kini dengan performa versi rilis yang amat buruk, debut dari The Striking Distance Studio jauh dari kata manis.


Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang The Callisto Protocol beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version