Perubahan Kebijakan Baru Unity Engine Diumumkan, Minta Maaf Kepada Developer

Perubahan Kebijakan Baru Unity Engine

Perubahan Kebijakan Baru Unity Engine – Awal minggu ini, Unity Engine meminta maaf karena telah membuat “kebingungan dan keraguan” kepada banyak pihak perihal kebijakan baru Runtime Fee yang akan mereka terapkan tahun depan.

Kebijakan ini dianggap terlalu merugikan para developer sehingga banyak bentuk protes dilakukan mulai dari boikot engine, ancaman penghapusan game, rencana pindah engine game, hingga ancaman yang mengancam nyawa.

Baru – Baru ini, Perubahan Kebijakan Baru Unity Engine telah diumumkan dan perusahaan tersebut meminta maaf kepada pihak – pihak yang kecewa dengan kebijakan awal Runtime Fee tersebut.

Perubahan Kebijakan Baru Unity Engine Diumumkan, Bukan Per Instalasi lagi?

Surat Permintaan Maaf

Melalui akun Twitter resmi mereka, Unity membuat cuitan permintaan maaf dan mencantumkan link yang merujuk ke surat permintaan maaf yang ada di situs resmi dari engine tersebut dan ditulis oleh Marc Whitten yang merupakan Eksekutif perusahan ini.

Surat permintaan maaf ini berisikan permintaan maaf mereka atas perubahan kebijakan dan penetapan Unity Runtime Fee yang kini diubah agar dapat diterima oleh para developer yang menggunakan engine ini.

Perubahan Kebijakan yang pertama adalah Runtime Fee tidak akan berlaku untuk developer yang menggunakan paket Unity Personal dimana sebelumnya Paket Personal juga harus terkena fee ini.

Kemudian, pendapatan tahunan dan batasan dari pendanaan untuk Unity Personal kini meningkat dari 100.000 Dollar US menjadi 200.000 Dollar US serta menghapus persyaratan penggunaan splash screen Made with Unity.

Untuk game yang mendapat penghasilan kotor kurang dari 1.000.00 USD pertahun dan juga 1.000.000 keterlibatan awal selamanya, game tersebut tidak akan terkena kebijakan Runtime Fee.

Dan juga sesuai dari bocoran rapat beberapa waktu lalu, seluruh data unduhan ini dilaporkan langsung oleh pengembang kepada Unity dimana sebelum perubahan terbaru ini, pihak perusahaan engine inilah yang akan menghitung berdasarkan data perhitungan yang dianggap developer tidak akurat.

Dan menariknya, Engine ini tidak menggunakan lagi kata instalasi dimana hal ini berubah menjadi initial engagement atau keterlibatan awal alias unduhan atau install game pertama kali.

Untuk pengguna yang menggunakan versi Pro dan Enterprise, kebijakan runtime fee ini akan berlaku mulai dari versi Long Term Support (LTS) Unity selanjutnya yang rilis pada tahun 2024 keatas.

Artinya, jika pengembang menggunakan versi LTS sebelum 2023 untuk game mereka (LTS 2022 kebawah), maka para pengembang tidak akan terkena kebijakan runtime fee ini kecuali developer tersebut melakukan upgrade ke versi 2023.

Unity sendiri menjelaskan bahwa mereka akan memastikan pengguna akan dapat menggunakan ketentuan yang berlaku untuk versi engine yang mereka gunakan selama pengguna tetap menggunakan versi tersebut.

Kebijakan Baru Unity Engine Berikan Pilihan Kepada Developer

Perubahaan Di Faq

Perubahan ini juga membuat Unity Engine memberi pilihan kepada para developer yang nantinya akan terkena kebijakan Runtime Fee terbaru ini. Ada 2 pilihan yang dapat diambil oleh para developer

Pilihan pertama adalah sistem bagi hasil sebesar 2.5% dari pendapatan kotor bulanan game yang terkena kebijakan Runtime Fee dari engine ini yang berlaku setelah tanggal 1 Januari 2024.

Pilihan kedua adalah Jumlah interaksi yang akan dihitung berdasarkan jumlah orang baru yang berinteraksi dengan game setiap bulannya alias menggunakan sistem awal yang mereka umumkan 2 minggu lalu.

Dan dalam FAQ terbarunya, Engine ini juga memberikan para developer kalkulasi keterlibatan awal game dengan sebagai berikut. Yang pertama, jumlah game yang terjual. Selanjutnya adalah Jumlah pengunduh pertama kali dari game terkait.

Dengan adanya sistem jumlah pengunduh ini, maka game – game yang masuk ke layanan subskripsi seperti Game Pass dapat dihitung lebih mudah Runtime Fee nya selama hal tersebut memenuhi persyaratan yang dijelaskan sebelumnya.

Dan untuk game yang memiliki multi platform, hitungan tersebut akan terpisah kecuali berada di platform pengunduhan yang sama seperti contohnya Steam yang diunduh melalui PC ataupun Steamdeck akan terhitung satu sementara PC dan Konsol akan terhitung dua.

Masalah instalasi dan instal ulang sudah tidak berlaku lagi di Unity Runtime Fee dan hanya menghitung instalasi awal saja sehingga potensi terjadinya Installbombing kini sudah teratasi untuk sekarang.

Dan engine ini juga telah membuat halaman khusus yang disebut Runtime Fee Estimator untuk para pengembang yang ingin menghitung secara langsung berapa biaya yang akan mereka keluarkan untuk kebijakan tersebut.

Sebagai tambahan, perusahaan ini juga mengembalikan repository pada github mereka yang sebelumnya dihapus dan membuat para developer menganggap perusahaan tidak transparan pada perubahan.

Dengan permintaan maaf dan perubahan total kebijakan terbaru engine ini, banyak developer yang bertanya secara langsung di akun sosial media engine tersebut. Unity merespon dengan sebaik mungkin pertanyaan – pertanyaan yang diberikan oleh para developer.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Unity atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version