Plagiarisme Makin Memanas, IGN Menghapus Banyak Konten “Mantan Reviewernya”

in , ,

Jika kalian mengikuti pemberitaan gamebrott sebelumnya mengenai mantan reviewer IGN yang tertangkap basah melakukan plagiat atas Review Dead Cell tentu kalian tak asing lagi dengan kasus ini. Setelah kasus pemecatan mantan Reviewer IGN bernama Filip Miucin, ia kemudian merilis video permintaan maaf sekaligus konfirmasi (Sekarang sudah dihapus)  atas kejadian ini.

Dalam video tersebut dia mengaku bahwa langkah plagiarisme yang ia dalam review Dead Cell lakukan merupakan sebuah “ketidak sengajaan”, ia mengaku bahwa setiap reviewer termaksud dirinya pasti melakukan penelitian dengan melihat review orang lain, untuk dapat menarik kesimpulan yang kritis atas ide miliknya.

Tak hanya itu dalam videonya iya juga menantang Kotaku untuk mencari bukti plagiat dia pada konten sebelumnya, karena Filip merasa bahwa semua karya ia sebelumnya adalah Original. Filip juga menyebut bahwa Kotaku sedang mencari klik/perhatian dari kasusnya karena menyebut karya review FIFA 18 milik Filip “menjiplak” milik Nintendo Life dan juga menuduh Kotaku berusaha menendang-nendang diriya ketika ia sedang jatuh.

Karena video tersebut sudah dihapus kalian bisa mencari reupload/pembahasan video tersebut di youtube, atau kalian bisa membaca seluruh transkrip video tersebut di ResetEra.

Tanggapan Orang dan Temuan Plagiat Baru

Setelah merilis video permintaan maaf sekaligus konfirmasi yang dirasa tidak begitu memuaskan, banyak orang merasa bahwa dirinya tidak jujur dan hanya “play victim”. Salah satu reviewer Nintendo Life Chriss Scullion yang mereview Fifa 18, juga tidak percaya bahwa Filip Miucin mengaku tidak mem-plagiat review Fifa 18 miliknya.

Kotaku juga kembali menjabarkan review mana yang bermasalah dan terbukti plagiat dari orang lain. Dimana Editor IGN menyebut bahwa review Doom untuk SwitchSkyrim untuk Switch, juga akan kembali direview. Karena jika kalian melihat laman review tersebut “This article has been removed due to concerns over similarities to work by other authors. The author of this article is no longer employed by IGN” justru akan terlihat.

Kotaku juga terus menambah daftar dosa dari Filip Muncin, mulai dari review Bayonetta 2 miliknya Vs Polygon, HD Rumble, Super Mario Oddysey, Octopath Travelers yang mengambil dari teman sekantornya. Bahkan Kotaku juga menunjukan bahwa resume Linkedin miliknya hanyalah menggunakan template dari suatu website job template sungguh suli dipercaya.

Respon dari IGN mengenai Drama Plagiarisme ini

IGN nampaknya mengambil langkah tegas dimana selain ia memecat Reviewer bermasalah tersebut, mereka juga meneliti konten apa saja yang telah ia buat disini dan menghapus seluruh konten bermasalah tersebut. Dan Stapleton selaku review editor juga tengah meneliti konten mana yang bermasalah, ia mengaku nyaris seluruh konten milik Filip Miucin akan segera di takedown.

Editorial manager dari IGN juga turut menyampaikan kekecewaanya melalui cuitan di twitter terhadap tindakan tidak terpuji dari Filip Miucin, “I assure you we are taking very active steps to remove it all, and make it right. I feel betrayed” pungkasnya.

Thanks to Kotaku

Kusuma Aji

Written by Kusuma Aji

Gamebrott most notorious and toxic person