PlayStation 5 akan Miliki Game Eksklusifnya Sendiri Saat Rilis

PS5 PS4 2
Sepertinya Sony masih tetap unggulkan game eksklusifnya.

Dua console besar PlayStation dan Xbox memang memiliki keunikannya tersendiri. Jika Xbox mulai meninggalkan game eksklusif dan masih konsisten dengan teknologi super tingginya, maka PlayStation juga masih mempertahankan game eksklusifnya. Tradisi ini mereka bawa secara turun-temurun. Bahkan hingga console generasi selanjutnya akan dirilis. Seperti yang telah kita ketahui, Xbox Series X akan miliki teknologi yang lebih unggul dibanding pesaingnya. Sementara PlayStation 5 yang kemarin dapatkan logo resminya disebutkan akan memiliki game eksklusifnya saat dirilis nanti.

Ini dilaporkan oleh jurnalis investigasi Kotaku, Jason Schreier dalam podcast Kotaku Splitscreen pada tanggal 5 Desember lalu. Ia menyebutkan bahwa PlayStation 5 akan miliki game eksklusifnya sendiri yang hanya bisa dimainkan di mesin teranyar besutan Sony tersebut. “Aku telah mendengar game apa saja yang akan dirilis di PlayStation 5, tapi aku takkan mengatakannya karena aku akan melaporkan hal tersebut di masa mendatang. Yang jelas gamenya akan menjadi game yang hanya dirilis di PlayStation 5”, imbuhnya.


Dengan pernyataan yang ia dapatkan dari orang dalam tersebut, nampaknya PlayStation akan tetap menggunakan model bisnis yang sama secara umum. Tentunya, semua informasi di atas tak boleh kamu anggap serius sebelum Sony mengumumkannya, namun kamu bisa berharap bahwa kemungkinan tersebut pasti ada. Hingga detik ini, hanya Godfall yang dikonfirmasikan akan dirilis ke PlayStation 5. Gamenya juga dikonfirmasikan untuk rilis di PC. Jadi secara gamblang, ia bukan game eksklusif.

Di sisi lain, Kepala Microsoft Studios, Matt Booty menjelaskan pada MCV bahwa mereka akan menggunakan model bisnis “satu untuk semua”. Di mana semua game yang dirilis di Xbox Series X akan dirilis serentak di semua keluarga Xbox. Ini berarti game yang dilepas di Series X juga akan tersedia di PC dan Xbox One.


Secara logika, ini merupakan lanjutan dari bisnis Xbox Play Anywhere yang membuat game yang dirilis tidak terkunci pada satu platform saja.

Persaingan kedua perusahaan yang telah menjadi panutan mutlak “perang console” tersebut akan semakin menarik untuk diikuti saat PlayStation 5 dan Xbox Series X dirilis akhir tahun 2020 nanti. Dengan usaha Microsoft untuk melawannya menggunakan game yang lebih universal, mampukah mereka kembali meluluhkan kekuasaan Sony yang mulai bersinar sejak PlayStation 4 dirilis?


Baca lebih lanjut tentang PlayStation 5 atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: akbar@gamebrott.com

Exit mobile version