PlayStation Berhak Tentukan Game Mana yang akan Dapatkan Spider-Man

in
Spider-Man menjadi hak penuh PlayStation dalam pengembangan game.

Pengumuman bahwa Spider-Man akan jadi karakter eksklusif PlayStation di Marvel’s Avengers kemarin memang menjadi sebuah kejutan sekaligus kekecewaan. Pasalnya superhero milik Marvel tersebut takkan hadir di platform di luar PlayStation 4 maupun 5. Membuat sebagian besar fans komik super hero tersebut kecewa dan bahkan berniat untuk lakukan boikot game buatan Crystal Dynamics dan Eidos Interactive tersebut.

Drama lisensi tersebut bukan menjadi hal baru, terutama jika kamu mengikuti bagaimana sengketa kepemilikan Spider-Man antara Marvel dan PlayStation atau Sony secara spesifik. Jika kamu belum mengetahuinya, Spider-Man kini dimiliki lisensinya oleh Sony. Oleh karenanya, mereka bebas membuat apapun yang berhubungan dengan manusia laba-laba tersebut. Termasuk film layar lebar yang akan mereka racik. Namun ironisnya hal tersebut sepertinya juga diaplikasikan pada video game yang berhubungan dengan karakter tersebut.

Berbicara dengan Comic Book, Scot Amos selaku pimpinan studio Crystal Dynamics menjelaskan bahwa keputusan lepasnya Spider-Man sebagai karakter eksklusif PlayStation di Marvel’s Avengers ada kaitannya dengan hubungan Marvel dan PlayStation. Amos melanjutkan bahwa PlayStation miliki hak penuh atas Spider-Man mengingat Sony kini memiliki lisensinya, oleh karenanya mereka bebas menentukan di mana karakter tersebut akan muncul, termasuk platform gaming milik mereka.

Sony sendiri sebenarnya hanya miliki hak eksklusif atas Spider-Man dalam dunia perfilm-an saja. Mereka tak miliki hak penuh atas karakternya dalam video game. Hal ini dibuktikan dengan munculnya karakter tersebut di beberapa game Marvel vs. Capcom: Infinite dan kehadirannya dalam game eksklusif Switch, Marvel Ultimate Alliance 3.

Namun jika melihat bagaimana Amos berkomentar, sepertinya Sony ingin menekan hubungan mereka dengan Marvel dan mengedepankan brand PlayStation. Who knows?

Marvel’s Avengers saat ini direncanakan untuk rilis tanggal 4 September 2020 di PC, PlayStation 4, dan Xbox One. Gamenya juga dikonfirmasikan untuk hadir di platform next-gen PlayStation 5 dan Xbox Series X akhir tahun 2020 nanti. Kamu bisa membaca preview betanya dari kami untuk tahu seperti apa gambaran permukaan gamenya.


Baca lebih lanjut tentang Marvel’s Avengers, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Japanese related video games articles. I have no friends. Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below.