Programmer di Nixxes Ungkap Tidak Sulit untuk Mendukung DLSS, FSR, dan XeSS Sekaligus dalam Game

Programmer Di Nixxes

Teknologi upscaling berbasis AI sekarang sudah ditemukan di banyak game keluaran terbaru. Tiga brand besar di dunia kartu grafis yaitu NVIDIA, AMD, dan Intel sudah mempunyai software upscaling game mereka sendiri.

Hanya saja tidak semua game itu mendukung ketiga software sekaligus dalam satu waktu. Selama ini kita beranggapan kalau sebenarnya untuk bisa mendukung 3 software upscaling seperti DLSS, FSR, dan yang baru XeSS dari Intel sekaligus sangat sulit dilakukan.

Programmer di Nixxes Ungkap Dukungan DLSS, FSR, dan XeSS Sekaligus Tidak Sulit

DLSS dari NVIDIA

Nyatanya, menurut seorang graphics programmer di Nixxes Software, perusahaan yang bertanggung jawab melakukan portingan game konsol ke PC ini mengatakan kalau sebenarnya hal ini gampang dilakukan.

Sedikit konteks terlebih dahulu, upscaling seperti ini bertujuan untuk membuat game lebih ‘playable dengan frame per detik yang lebih tinggi. Karena dengan menggunakan upscaler, game berjalan pada resolusi yang lebih rendah dan kemudian dinaikkan resolusinya dengan bantuan AI. 

Ketiga upscaler dikatakan mirip

Alhasil, game jadi punya fps lebih tinggi dan grafis tetap tidak terlihat burik karena pixel yang hilang sudah ditambal oleh machine learning tadi. Gamer tidak perlu lagi harus punya VGA kelas sultan untuk menikmati game dengan fps tinggi.

API NVIDIA DLSS, AMD FSR, dan Intel XeSS Dikatakan Mirip-mirip

FSR dari AMD

Menurut Nico van Bentum, graphics programmer di Nixxes Software mengatakan kalau sebenarnya ketiga API dari 3 vendor VGA ini sangat mirip. Jadi bukan tidak mungkin untuk mengimplementasikan ketiga software ini sekaligus dalam sebuah game.

Hingga sebenarnya bagi Nico, tidak ada alasan untuk tidak melakukan hal ini. Kebanyakan seperti yang memang terjadi karena tuntutan marketing belaka. Jika sebuah game disponsori oleh vendor VGA tertentu, maka berpeluang besar untuk tidak mendukung teknologi dari rival. Praktik yang memang umum terjadi dari dulu dan berlangsung hingga sekarang.

Jadi jangan heran kalau ada modder yang bisa memasukkan fitur-fitur tersebut dengan mudahnya. Karena sejatinya memang mudah dilakukan. Tergantung mindset saja sebenarnya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita Games atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version