Prosesor AMD Ryzen 7000 Bisa Terbakar dan Ikut Merusak Motherboard

Ryzen 7000 Bisa Terbakar

AMD Ryzen 7000 bisa terbakar – Seri prosesor AMD Zen4 kali ini mengalami masalah yang cukup serius. Dimana ada beberapa pengguna yang menemukan jika prosesor mereka bisa terbakar dan menyebabkan rusaknya komponen prosesor itu sendiri serta motherboard yang ditempatinya.

AMD seri 7000X3D dan seri 7000 biasa sekalipun juga tidak absen dari masalah ini. Kasus ini juga sampai ke telinga der8auer salah satu YouTuber dan overclocker terkemuka. Dia mengatakan ada masalah pada thermal sensor prosesor yang menyebabkan sang prosesor tidak dapat menurunkan voltase dan throttling begitu panas yang berlebih ditemukan.

AMD Zen4 Ryzen 7000 Bisa Terbakar Karena Overclocking

Sumber: LT-Cc Baidu

Kerusakan sensor suhu ini kemungkinan besar disebabkan oleh voltase yang terlalu tinggi begitu pengguna mencoba untuk melakukan overclocking pada prosesor Ryzen 7000 mereka. Sensor yang rusak seperti disebutkan diatas menyebabkan SoC tidak bisa menurunkan voltase untuk menurunkan suhu yang berlebih. Maka dari itu seperti kasus yang sudah banyak beredar ada titik terbakar pada bagian kontak poin.

Sumber: Reddit

Unit yang terbakar ini sampai merusak komponen lain juga seperti slot socket pada motherboard. Menyebabkan komponen itu tidak lagi berfungsi. Penyebab yang dimulai dari overheating ini hanya ditemukan untuk mereka yang melakukan overclocking pada prosesor mereka baik melalui overclocking manual maupun profile EXPO yang sudah diberikan secara default di BIOS motherboard.

AMD Ryzen 7000 Terbakar, AMD Belum Beri Tanggapan

Contact point terbakar

Menurut situs Tomshardware sendiri, hal ini sejatinya tidak ada sangkut paut dari jenama motherboard manapun dan semua tipe motherboard juga akan menghasilkan kejadian serupa. Kemungkinan besar perbaikan sudah dalam tahap pengembangan meski AMD sendiri belum memberikan tanggapan terhadap hal ini.

Jadi untuk tanggal pasti update BIOS yang memperbaiki masalah over voltage, dimana ia akan memberikan limitasi berapa maksimal volt yang boleh diberikan kepada prosesor masih belum dikemukakan untuk saat ini.

Untuk sekarang sebaiknya menggunakan setting default dari AMD untuk sementara waktu dan sambil menunggu patch hadir agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. AMD sendiri tidak mengcover garansi kerusakan akibat overclocking dan resiko kerusakan ini tidak sepadan dengan performa yang bisa kalian capai melalui overclocking.

Update 27/4: MSI sudah memberikan pernyataan terkait hal ini dan memberikan BIOS update untuk memberikan limitasi voltase. Beberapa brand motherboard seperti ASUS dan Biostar juga mulai melakukan hal yang sama.

AMD juga sudah memberikan pernyataan lewat situs Anandtech dimana mereka mengonfirmasi adanya beberapa kasus Ryzen 7000X3D terbakar ketika melakukan overclocking. Mereka juga menyisyaratkan kepada beberapa partner motherboard yang bekerja sama dengan mereka untuk merilis BIOS baru demi memperbaiki kendala ini.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version