Prosesor Kelas Bawah Ini Berhasil Saingi Intel Core i9-10900K

Prosesor Kelas Bawah Intel Celeron

Keseriusan Intel dalam keluarkan prosesor murah meriah namun kuat tampaknya memang bukan bualan semata. Lahirnya prosesor terbarunya dengan codename Alder Lake yang usung hybrid architecture ini tampaknya benar-benar tawarkan kemampuan melebihi perkiraan. Bahkan, kami mendapati informasi bahwa prosesor kelas bawah ini berhasil saingi prosesor flagship, Intel Core i9-10900K.

Potensi Sebenarnya dari Prosesor Intel?

Beberapa waktu lalu, kami sempat membuat sebuah opini terkait Intel yang takkan bisa balap AMD dalam waktu dekat. Tampaknya opini tersebut berhasil dibaca oleh kubu biru, mematahkan semua yang kami tulis sebelumnya, setidaknya untuk saat ini.

Kita semua tentu takkan menyangka, bahwa prosesor kelas bawah sekelas Celeron, mampu berikan hasil benchmark yang termasuk mengagetkan. Intel Celeron G6900, yang merupakan bagian dari Alder Lake, benar-benar hasilkan skor Geekbench 5 yang termasuk cukup memuaskan.

Informasi tersebut dicuit sebelumnya oleh @BenchLeaks, yang mana membeberkan bahwa skor tersebut dihasilkan oleh prosesor kelas bawah sekelas Celeron. Meski hanya menawarkan 2 cores dan 2 threads yang termasuk kecil untuk kekinian, tampaknya kekuatan hybrid architecture benar-benar membuahkan hasil.

Tampaknya Golden Cove cores tanpa fitur hyper-threading yang ditanamkan pada prosesor murah ini benar-benar menawarkan performa cukup serius. Bayangkan, prosesor kelas bawah yang dibanderol sekitar 600 Ribuan Rupiah ini bahkan bisa saingi Intel Core i9-10900K dalam sebuah benchmark.

Sumber: Geekbench

Intel Celeron G6900 mampu cetak skor 1.391 dan 1.408 pada skenario single-thread, dan di saat bersamaan, Intel Core i9-10900K hanya mampu cetak skor 1.393. Kami merasa bahwa Intel kini benar-benar berhasil dalam keluarkan potensi sebenarnya dari sebuah prosesor, bahkan kelas bawah sekalipun.

Tidak hanya sampai di situ saja, Celeron G6900 ini bahkan sedikit lebih lambat ketimbang AMD Ryzen 5600G dalam skenario single-thread. Seakan tak puas dengan dominasi, prosesor kelas bawah ini bahkan berhasil balap Ryzen 7 3800XT, meski tak terlalu besar.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version