PS5 dan Xbox Series X Nantinya Tidak Akan Memiliki Lompatan Besar Dalam Urusan Grafis

in , ,

Microsoft telah memperkenalkan konsol next gen mereka, dan Sony hanya tinggal menunggu waktu saja untuk memperkenalkan secara resmi konsol Playstation 5 mereka. Hype dan ekspektasi terhadap konsol next-gen tentunya memuncak, terlebih dengan spesifikasi yang jauh lebih tinggi, dan teknologi-teknologi baru yang disematkan pada konsol baru tersebut. Namun meskipun mengusung spesifikasi yang lebih tinggi, baik Xbox Series X dan Playstation 5 kelihatannya nanti tidak akan mengalami lompatan besar dalam hal grafis.

Hal tersebut dituturkan oleh Víctor Pedreño dari pengembang Grimorio of Games kepada Gamingbolt, yang merasa bahwa meskipun dengan konsol next-gen yang nantinya akan 3x-4x lebih kuat dari PS4 dan Xbox One para pengembang tidak akan merasakan perubahan yang banyak, hal tersebut dituturkan karena mereka sendiri sebenarnya sudah cukup dengan hardware generasi sekarang untuk membuat gamenya.

Godfall yang merupakan game pertama untuk next-gen PS5

Terlebih untuk game buatannya, karena Grimorio of Games sendiri merupakan pengembang yang lebih berfokus ke game indie yang sudah memiliki style visual sendiri yang tidak terlalu membutuhkan aspek visual tinggi dan kemampuan konsol yang lebih tinggi lagi. Namun mereka tetap terbuka terhadap kekuatan ekstra yang ditawarkan dari konsol next-gen. Pedreño juga mengatakan bahwa meskipun game mereka tidak akan mendapatkan keuntungan signifikan dari konsol next-gen dalam pengolahan pengembangan grafisnya, Ia yakin banyak game lain yang akan mendapatkannya.

Namun, Pedreno tetap mengatakan bahwa lompatan perkembangan grafis yang akan dialami PS4 ke PS5 tidak akan terlalu signifikan atau sebesar generasi sebelumnya. Dan hal tersebut tentunya cukup masuk akal mengingat baik PS5 dan Xbox Series X menitikberatkan frame rates lebih tinggi dan waktu load yang lebih cepat. Sedangkan aspek grafis yang di-highlight adalah Ray-Tracing yang sebelumnya sudah ada di PC dan merupakan aspek penunjang visual lewat refleksi dan pencahayaan.


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Playstation 5 atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

For press release and further collaboratin, Contact me at [email protected]

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]