Publisher Metro Exodus Bantah Isu tentang Tak Maunya Lagi Mereka Merilis Game di PC

metro exodus wallpaper 1

“Platform PC tetap selalu ada dalam rencana” Ungkapnya

Kontroversi memang belakangan sedang lebih banyak melekat atau menghinggapi perilisan game Metro Exodus. Semuanya bermula dari wacana mendadak Deep Silver selaku publisher yang tiba-tiba mengganti ranah platform penjualan game mereka di PC secara sepihak. Dari yang awalnya dirilis di platform Steam, sekarang resmi berubah sebagai game yang eksklusif untuk Epic Games Store, platform toko game digital yang baru-baru ini sedang naik daun demi menyaingi platform penjualan game milik Gaben tersebut.

Banyak fans atau gamer PC kecewa dengan langkah yang sudah dilakukan oleh Deep Silver. Seruan protes, boikot, review bombing dan respon-respon miring lain seakan telah menjadi makanan sehari-hari bagi game Metro Exodus. Hal itu pun rupanya juga berdampak langsung kepada 4A Games sebagai pihak developer. Karena tepat kemarin, mereka baru saja membuat sebuah kontroversi baru yang semakin memantik amarah dari para gamer-gamer PC.

Dilansir dari sebuah forum Gameru.net, salah seorang developer Metro Exodus dengan nama Scynet memberi pernyataan ancaman dalam bahasa Rusia yang kurang lebih berisikan bahwa mereka tidak akan lagi berniat memproduksi game-gamenya untuk platform PC selama para gamer kerap mengkomplain dan memprotes apa yang telah dilakukan oleh para timnya saat ini. Ya, pernyataan yang diungkapkan Scynet tersebut telah membuat segalanya menjadi emosional. 4A Games dan Deep Silver kini seakan dipandang menjadi sang kelompok antagonis baru di mata para gamer-gamer PC.

Tak lama setelah bentuk ancaman itu mengemuka secara menganga, pihak Deep Silver yang diwakili langsung oleh Koch Media akhirnya ikut turun tangan untuk memberikan klarifikasi yang diharap bisa meredakan suasana. Melalui akun sosial media mereka, pihak Koch Media menyatakan bila perkataan yang sudah diungkapkan oleh salah satu tim dari 4A games tersebut sama sekali tidak mewakili pandangan dari Deep Silver atau Koch Media tentang keberlangsungan masa depan franchise Metro di masa yang akan datang.

Koch di sana juga menjelaskan bahwa ungkapan bernada ancaman itu tak lebih merupakan sebuah bentuk frustasi dari salah satu tim developer yang sebenarnya memiliki idealisme positif terhadap pekerjaannya, namun berubah menjadi sebuah kontroversi akibat kebijakan yang tidak bisa ia kontrol, atau dalam arti merupakan 100% wewenang dari pihak Deep Silver dan Koch Media.

 

Pihak Koch Media sendiri merasa cukup terbuka dengan feedback dari para gamer PC dan menyarankan agar semuanya itu untuk disampaikan langsung saja kepada mereka ketimbang kepada tim 4A Games yang hanya bertanggung jawab dalam merancang atau mendesain game. Mereka lalu tak ketinggalan juga bilang bahwa platform PC masih tetap akan menjadi fokus utama Koch Media dalam memasarkan portofolio gamenya.

Apa yang telah disampaikan oleh Koch Media tersebut sudah lama mengkonfirmasi pernyataan THQ Nordic tentang keputusan untuk merilis game Metro Exodus secara eksklusif di platform Epic Game Store sebagai sebuah kebijakan yang murni berasal dari inisiatif mereka.  Metro Exodus sendiri dijadwalkan untuk siap rilis pada tanggal 15 Febuari nanti di platform PC (via Epic Games Store), PS4, dan Xbox One.


Baca juga informasi lain terkait Metro Exodus, beserta dengan cerita-cerita menarik seputar video game dari saya, Ido Limando.

Exit mobile version