Qualcomm Kenalkan Snapdragon 780G, Chipset 5G Untuk Kelas Menengah

in ,
Snapdragon 780G

Qualcomm, pabrikan semikonduktor asal Amerika ini baru saja merilis sebuah System-on-Chip atau SoC terbaru miliknya, yaitu Snapdragon 780G. Chipset ini menjadi generasi terbaru dari seri 700 yang didesain untuk ponsel kelas menengah.

Sebagai generasi terbaru dari seri 700, Snapdragon 780G telah dibekali dengan teknologi jaringan 5G, sama seperti seri pendahulunya, yaitu Snapdragon 765G dan 768G.

Snapdragon 780G juga telah membawa beberapa peningkatan dibanding seri pendahulunya, diantaranya adalah chipset ini telah dibangun diatas fabrikasi 7 nanometer FinFet.

Tidak hanya itu saja, sama seperti pada yang digunakan Snapdragon 888, chipset ini telah memiliki CPU delapan inti 2 core ARM Cortex-A78 dengan frekuensi clock 2.4GHz dan 6 core Cortex-A55 dengan frekuensi clock 1.8GHz. Snapdragon 780G juga telah mendukung memori LPDDR4.

Untuk masalah pengolahan Grafis, tertanam rangkaian CPU Kryo 670 dan GPU Adreno 642 yang diklaim memiliki performa 50 persen lebih kencang dibandingkan Andreno 620 di Snapdragon 765.

Snapdragon 780G juga menjadi yang pertama dibekali dengan Sectra 570 triple ISP yang sanggup memproses gambar dari tiga kamera sekaligus. Ketiga kamera tersebut adalah kamera Wide anggle, Ultra wide dan telephoto.

Sama seperti Snapdragon 888, Snapdragon 785G juga dibekali Qualcomm AI Engine generasi keenam yang ditangani oleh prosesor Hexagon 770 dengan daya komputasi mencapai 12 triliun operasi per detik (TOPS).

Kemampuan 5G dari Snapdragon 780G ditopang oleh modem Snapdragon x53 dimana Qualcomm mengklaim jika chipset ini memiliki kecepatan download mencapai 3,3 Gbps di frekuensi sub-6 GHz.

menurut informasi, chipset ini pertama kali akan dipasangkan pada smartphone terbaru dari Xiaomi yang akan dirilis pada 29 maret mendatang. Smartphone itu adalah Mi 11 Lite, yang merupakan varian murah dari seri Mi 11 milik Xiaomi.

 

Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

For tech news, tech review, and press release, please contact me at: [email protected]

Rizki Arif Priyanto Nugroho

Written by Rizki Arif Priyanto Nugroho

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.