Red Dead Redemption 2 Ternyata Juga Libatkan Musisi Asal Indonesia

in , ,

Musik tentu merupakan satu hal yang nggak kalah penting dalam sebuah pembuatan video game. Berbagai alunan melodi didesain sedemikian rupa demi memberikan iringan dan menciptakan suasana yang pas pada momen-momen tertentu saat bermain video game. Semua developer, terutama developer besar tentu memiliki tim musiknya sendiri atau bahkan menghadirkan musisi dari berbagai penjuru dunia, demi menciptakan berbagai jenis soundtrack dalam gamenya, seperti yang dilakukan Rockstar Games untuk Red Dead Redemption 2 misalnya.

Rockstar setidaknya menghadirkan lebih dari 110 musisi untuk menggarap soundtrack bertemakan Wild West dan Koboi ala Red Dead Redemption 2 dan diketahui terdapat lebih dari 190 soundtrack didalamnya. Namun satu hal yang membanggakan dari proses pembuatan soundtrack Red Dead Redemption 2 ini adalah hadirnya musisi asal Indonesia diantara ratusan musisi tersebut, yaitu Senyawa.

Buat kamu yang merasa asing dengan mereka, Senyawa merupakan band yang berasal dari Yogyakarta, namun mereka ternyata sudah cukup populer di kancah Internasional. Pasalnya, band yang hanya berisikan dua orang ini, yaitu Rully Shabara sebagai vokalis dan Wukir Suryadi sebagai pemain alat musik buatan mereka sendiri, hadir membawakan gaya musik eksperimental yang terdengar sangat unik (via Kumparan).

Senyawa (Kiri: Rully Shabara, Kanan: Wukir Suryadi) via Grid.ID

Selain Senyawa, muncul juga musisi-musisi berpengaruh lainnya, seperti Woody Jackson yang juga menggarap soundtrack untuk Red Dead Redemption yang pertama dan GTA V, kemudian ada Arca, Bjork, Kanye West, Frank Ocean, David Ferguson, Colin Stetson, David Ralicke, Gabe Witcher dan masih banyak lagi. Kolaborasi antara ratusan musisi dibawah naungan Jeff Silverman tersebut tentunya menciptakan deretan soundtrack yang keren dalam menemanimu berpetualang dalam setting dunia wild west tersebut.



Perkembangan industri video game memang secara tidak langsung juga mempengaruhi industri musik, kini musik maupun soundtrack pengiring dalam video game bahkan menjadi sebuah genre tersendiri dan memiliki kategori musik ataupun soundtrack video game terbaik tiap tahunnya. Tidak cukup story dan gameplay yang bagus, iringan musik kini juga menjadi indikator khusus dalam menghadirkan video game yang berkesan.

Red Dead Redemption 2 telah rilis semenjak 26 Oktober 2018 yang lalu untuk PS4 dan Xbox One, dan telah menerima berbagai feedback yang nyaris sempurna.  Walau memang masih belum jelas apakah game ini juga akan rilis di PC, kamu yang tertarik untuk memainkannya bisa cek kesan pertama kita disini.

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]