6 Rekomendasi SSD PS5 Terbaik Paling Kencang untuk Upgrade Konsol PlayStation 5 Kalian

SSD PS5 Terbaik

SSD PS5 Terbaik – Umur konsol PlayStation 5 memang sudah memasuki tahun ketiganya. Dengan bertambahnya umur tentu bertambah juga library game yang hadir. Apalagi jika kita melihat list game yang hadir disana, ukuran game yang hadir tentu bukanlah punya size sedikit terutama jika kalian ingin memainkan game triple A.

Satu game saja minimal butuh penyimpanan paling sedikit 60 GB hingga 100an GB. Dimana kapasitas penyimpanan bawaan PS5 hanya berkisar antara 660 GB space kosong dan 150 GB untuk penggunaan sistem operasi. Total kapasitas yang ditawarkan berarti sekitar 825 GB dimana berarti kapasitas PS5 bahkan tidak mencapai 1 TB.

Hal ini banyak sekali menjadi masalah bagi gamer yang gemar memainkan beberapa game sekaligus. Jika kita memukul rata 1 judul game sekitar 60 GB, maka pengguna PS5 hanya bisa memasang kurang lebih 10 game saja dalam konsol mereka. Tapi nyatanya ukuran game PlayStation 5 sekarang kurang lebih berkisar diantara 80 hingga 120GB. Menjadikan game yang bisa dipasang lebhi sedikit lagi.

Solusi yang bisa diambil adalah dengan melakukan upgrade pada SSD bawaan. Tentunya kalian bisa memasang SSD yang punya kapasitas dari 1 TB hingga 8 TB jika kalian punya budget untuk itu. Memilih SSD untuk PS5 pun sebenarnya tidak bisa dilakukan dengan asal. Karena PS5 sendiri memberikan syarat yaitu harus menggunakan NVMe dengan PCIe gen 4 dan punya read speed minimal 5500 MB/s.

Rekomendasi SSD PS5 Terbaik untuk Upgrade Penyimpanan

Rekomendasi SSd untuk PlayStation 5 terbaik

Lalu apa saja SSD yang kompatibel dengan syarat seperti itu? Ada beberapa rekomendasi dari kami jika kalian sedang mencari SSD PlayStation 5 terbaik untuk upgrade penyimpanan di konsol teranyar Sony ini. Kira-kira apa saja, mari kita mulai saja pembahasannya, brott.

1. Samsung 980 Pro with Heatsink

SSD Samsung 980 Pro

Samsung memang sudah menjadi brand rekomendasi untuk SSD baik itu untuk PC sekalipun. Karena tidak ada salahnya jika kalian memercayakan brand ini untuk penyimpanan extra di PS5.

Dilengkapi dengan heatsink tambahan agar tidak kepanasan dan menyebabkan penurunan performa, kalian jadi bisa mencicipi full speed yang ditawarkan SSD ini yaitu sekitar up to 7100 MB/s menurut klaim Samsung. Kalian bisa menemukan kapasitas 2 TB seharga 3 jutaan di marketplace nasional.

2. WD Black SN850

SSD WD Black SN 850

Merk WD juga tidak kalah terkenalnya di dunia penyimpanan solid state. Dan seri Black merupakan salah satu merk SSD terbaik untuk PlayStation 5. Ditambah dengan heatsink yang terlihat kokoh menambah penyebaran panas yang dihasilkan SSD jadi lebih merata dan SSD pun jadi lebih dingin.

Kalian bisa menemukan kapasitas 2 TB seharga 4 jutaan di marketplace dan punya read speed 7000 MB/s jadi sudah diatas rekomendasi disarankan PS5.

3. Corsair MP600 PRO LPX

SSD Corsair MP600 PRO LPX

Kalau kalian punya PC atau laptop gaming, nama Corsair mungkin sudah tidak asing lagi. Selain memang sudah senior, brand satu ini memang menghadirkan SSD premium yang berkualitas. Termasuk diantaranya bisa digunakan untuk PS5 seri MP600 PRO LPX.

Dengan speed read sekitar 7100MB/s dan tambahan heatsink seperti yang disarankan oleh PS5, kalian sudah tidak perlu takut akan kepanasan dan throttling. Untuk 2 TB dengan modal 3,4 jutaan saja kalian sudah bisa bawa pulang SSD Corsair premium ini.

4. Patriot Viper Gaming VP4300

SSD Patriot Viper Gaming VP4300

Salah satu brand yang mungkin terdengar asing jika kalian awam soal komponen PC, tapi soal kualitas tidak perlu lagi diragukan. Harga yang cukup bersaing ini juga menawarkan speed diatas kompetitornya. PS5 SSD ini mampu berjalan hingga 7400 MB/s pada read speed menurut klaim Patriot. Ukuran 2 TB dihargai sekitar 3 jutaan saja di marketplace nasional.

5. Seagate Game Drive For PS5

SSD Seagate Game Drive For PS5

Satu lagi brand tua yang terkenal banyak pengalamannya di dunia penyimpanan data digital. Jika kalian punya laptop tentu tahu kalau HDD kalian rata-rata menggunakan merek ini. Nah, ternyata mereka juga merilis SSD untuk PlayStation 5 yang punya speed read 7300 MB/s. Kalian bisa mendapatkan SSD ini seharga 4 jutaan untuk kapasitas 2 TB.

6. Seagate Firecuda 530

SSD Seagate Firecuda 530 Heatsink

Kalau kalian ingin mencari yang terbaik diantara terbaik untuk PlayStation 5 kalian, maka Seagate Firecuda 530 adalah pilihan paling tepat. Kecepatan read yang berkisar antara 7300 MB/s sudah lebih dari cukup untuk game sekelas PS5.

Hanya saja tidak seperti Game Drive, Firecuda kalian bisa memilih varian yang ada heatsink atau tidak. Tentu demi PS5 penggunaan heatsink adalah diwajibkan agar performa tetap prima. Kalian bisa mendapatkan SSD ini di harga 4 jutaan untuk kapasitas 2 TB.

Bagaimana brott? Harga SSD sendiri sudah mengalami penurunan drastis beberapa waktu terakhir. Harganya sendiri tidak lagi sebombastis dua tiga tahun lalu ketika PS5 baru saja rilis. Jadi jika kalian ini mencoba upgrade SSD untuk Sony PS5 kalian, ini adalah saat yang tepat untuk melakukannya.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version