Review Armored Core VI: Fires of Rubicon — Wake Up Raven, Ada Robot yang Harus Dihancurkan

Review Armored Core VI Fires of Rubicon

Review Armored Core VI Fires of Rubicon – Setelah penantian yang sangat lama, akhirnya franchise game Armored Core mendapatkan sebuah game terbaru dari FromSoftware berjudul Armored Core VI: Fires of Rubicon. Sama seperti game sebelumnya, Player akan menjalankan misi dan menghadapi banyak musuh dengan berbagai macam Robot Mecha keren dari kecil hingga berukuran besar.

Armored Core VI: Fires of Rubicon adalah game mecha-based vehicular combat terbaru dari seri Armored Core buatan developer FromSoftware dan Publisher Bandai Namco Entertainment. Game ini menghadirkan berbagai macam action combat dimana Player menggunakan sebuah mecha bernama Armored Core yang bisa dikustomisasi dengan berbagai macam tipe dan gaya permainan sesuai dengan spek robotnya.

Menyambut perilisan game terbaru dari FromSoftware ini, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan kesan-kesan pengalaman ketika bermain Armored Core VI lewat artikel review.

Kami mengucapkan terima kasih kepada Bandai Namco yang telah memberikan kami kesempatan untuk mencoba memainkan game terbaru FromSoftware yang sudah dinantikan oleh para gamer.

Review Armored Core VI Fires of Rubicon

Review Armored Core VI Fires of Rubicon

Baiklah kita mulai saja pembahasan Review Armored Core VI Fires of Rubicon.

Story

Story Armored Core VI Fires of Rubicon

Armored Core VI Fires of Rubicon menceritakan jauh di masa depan dimana peradaban manusia telah berkembang dan hidup di antarbintang. Di sebuah planet perbatasan bernama Rubicon 3, telah ditemukan semacam zat bernama Coral yang dapat digunakan sebagai sumber energi dan juga saluran data.

Coral tersebut disebut-sebut akan menjadi kunci kemajuan teknologi bagi umat manusia, tetapi dapat menyebabkan peristiwa dahsyat bernama Fires of Ibis. Peristiwa tersebut dapat membumihanguskan planet dan sistem bintang yang ada disekitarnya serta menyebarkan semacam kontaminasi yang mematikan.

Satu setengah dekade kemudian setelah penemuannya, Coral sekali lagi terdeteksi di Rubicon 3. Banyak perusahaan beramai-ramai saling memperebutkan serta mengeksploitasi planet berusaha untuk mengendalikan zat misterius tersebut tanpa mempedulikan dampat bagi penduduk yang tinggal di planet. Para pasukan Mercenaries pun mengambil kesempatan sebagai pasukan berbayar memanfaat konflik tersebut.

Player adalah salah satu dari Mercenaries yang mendarat di Rubicon 3 secara illegal dan mencuri salah satu lisensi identitas dari pasukan yang sudah gugur. Sebagai seorang Mercenaries, Player yang mendapatkan julukan sebagai “Raven” akan menjalankan berbagai misi dari banyak klien, membuat robot mecha-nya sendirim serta terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam perebutan Coral antara perusahaan.

Cerita yang Simpel, Tanpa Basa-basi Panjang

Cerita tanpa basa-basi lagi, langsung turun ke pertempuran

Pada umumnya, seri Armored Core menghadirkan cerita yang to-do-point dan langsung menjelaskan apa yang sedang terjadi, apa yang harus dilakukan oleh Player, siapa kliennya, dan siapa musuh yang harus dihancurkan.

Meskipun banyak hal yang dijelaskan dalam cerita, seperti konflik antar perusahaan, ideologi para Mercenaries, dan misi yang harus dikerjakan oleh Raven, namun kalian masih bisa memahami secara singkat dari ceritanya. Hal ini juga berlaku untuk game terbarunya, yaitu Armored Core VI: Fires of Rubicon.

Dari dialog simpel, singkat, padat, dan jelas tanpa basa-basi yang panjang, Armored Core VI: Fires of Rubicon menyajikan Story yang mudah dipahami. Eksekusi jalan cerita seperti ini berbeda dengan seri Dark Souls, Sekiro, maupun Elden Ring yang mengharuskan pemain memahami lore-lore tersebar dan bisa ditemukan oleh Player di mana saja.

Armored Core VI Fires of Rubicon

Game ini juga memiliki deskripsi pada parts-parts robot mecha, mulai dari perusahaan, sejarah, dan lainnya. Namun informasi tersebut hanya sekadar pendalaman sedikit dari lore yang ada di dunia Armored Core VI.

Jadi kalian bisa ikuti lore-nya atau tidak sama sekali karena game ini bisa dibilang berfokus pada presentasi fitur gameplay yang sudah menjadi ciri khas serinya.

Gameplay

Gameplay Armored Core VI Fires of Rubicon

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gameplay Armored Core VI hadir dengan genre mecha-based vehicular combat dimana Player akan mengendalikan robot mecha bernama Armored Core. Game ini hadir dengan format seperti game Arcade dimana Player akan menjalankan dan menyelesaikan berbagai macam misi dari klien, mulai dari menghancurkan target, menemukan item di markas musuh, dan masih banyak lagi.

Di markas, kalian akan menemukan berbagai macam opsi yang bisa dilakukan, mulai dari merakit robot yang digunakan, mengubah warna, membuat stiker, membeli parts, senjata, upgrade kemampuan, dan masih banyak lagi.

Robot mecha yang kalian gunakan terdiri dari beberapa bagian parts yang bisa dipasang pada tangan kanan-kiri maupun di bahunya. Senjata yang memerlukan amunisi seperti Gun maupun Missile memiliki batasan sehingga kalian tidak bisa menggunakannya secara terus menerus dalam misi.

Beda cerita jika kalian memiliki senjata Melee yang bisa digunakan terus tanpa batasan amunisi. Namun ada waktu cooldown untuk setiap senjata Melee agar bisa digunakan kembali.

Masih seputar Parts, kalian bisa membuat berbagai macam build robot dari parts yang tersedia di dalam game, mulai dari robot yang full assault penuh dengan senjata, robot yang bergerak sangat cepat, dan lainnya sesuai dari fungsi maupun gaya permainan yang kalian suka.

Berbeda dengan game FromSoftware lainnya, game ini tidak hadir sebagai game open world. Setiap misi yang dijalankan oleh Player akan berada di sebuah area di dalam ruangan maupun area terbuka yang luas. Berbagai macam platform bisa Player naiki seperti bangunan, gedung, atau bahkan robot raksasa yang harus dihancurkan.

Rakit robot adalah salah satu idaman pria

Masih banyak fitur lainnya yang bisa kalian temukan di Armored Core VI Fires of Rubicon, seperti Arena Vs COM dan Duel dengan Player lain adu mekanik robot secara Online. Agar kalian jadi penasaran, kalian bisa telusuri fitur-fitur yang ada di game ini sendiri.

Gameplay yang Mengalami Peningkatan Jauh dari Game Sebelumnya

Game yang mengalami peningkatan jauh dari game Armored Core sebelumnya

Sebagai salah satu gamer yang dulu pernah memainkan seri Armored Core, saya merasakan pengalaman yang memuaskan dari game Armored Core VI. Gameplay yang ada di game ini masih sama seperti seri sebelumnya dengan peningkatan drastis, mulai dari segi control, pace gameplay, fitur/fungsi setiap parts serta senjata, dan masih banyak lagi.

Yang paling seru di seri Armored Core adalah kalian bisa kustomisasi robot mecha sendiri dan menggunakannya dalam pertempuran. Sensasi merakit robot mecha ini memiliki kepuasan tersendiri bagi pemainnya terlebih buat mereka yang hobi dengan robot mecha.

Dari segi tingkat kesulitan tidak perlu ditanyakan lagi mengingat ini adalah game buatan FromSoftware. Game dengan tingkat kesulitan menantang buatan FromSoftware tidak terbatas hanya di soulslike saja, melainkan seri seperti Armored Core juga populer di komunitas sebagai game sulit, jauh sebelum era eksistensi Dark Souls maupun Demon Souls itu sendiri.

Pelajari control, parts, dan senjata yang akan digunakan pada robot mecha

Hal paling terpenting dari gameplay Armored Core VI adalah pelajari mekanisme control, parts, dan senjata yang akan digunakan dalam pertempuran. Itu karena masing-masing dari parts maupun senjata yang digunakan memiliki fungsi dan juga perubahan spek yang bisa dibawa oleh robot mecha kalian.

Jadi pastikan terlebih dahulu mempelajari fitur-fitur gameplay yang ada di Armored Core VI kalau kalian tidak ingin kena Git Gud dan kewalahan menghadapi musuh terlebih pada Boss Tutorial dalam game.

Graphic

Graphic Armored Core VI Fires of Rubicon

Grafis Armored Core VI hadir dengan standar yang sudah tidak perlu ditanyakan lagi dari FromSoftware. Model pada robot Armored Core dibuat sedemikian rupa untuk memanjakan mata para pemain terlebih mereka yang hobi maupun suka dengan robot-robotan mecha seperti ini.

Setiap desain model Armored Core VI dibuat berbeda satu sama lain yang masing-masing punya ciri khas mereka bergantung pada darimana asal perusahaan produksi mereka dibuatnya. Belum lagi dengan lokasi pertempuran yang dibuat dengan skala yang enak dipandang untuk sistem Third Person.

Lokasi-lokasi pabrika, dataran kering maupun area bersalju bisa kalian nikmati sendiri ataupun mengambil foto gambar sambil membuat pose-pose keren dari robot hasil buatan sendiri.

Buat kalian yang suka robot-robotan mecha sudah pasti bakal dimanjakan dari segi grafis mecha Armored Core yang disajikan oleh developer FromSoftware.

Sound

Sound Armored Core VI Fires of Rubicon

Koleksi lagu maupun musik yang ada di Armored Core VI bisa menjadi pelengkap dari menu-menu yang telah dihidangkan oleh FromSoftware. Beberapa koleksi lagu atau musik dalam game ini dibuat dengan menyesuaikan tema dari gamenya sendiri, yaitu sci-fi post-apocalyptic with robot mecha.

Setiap lagu serta musik bisa memberikan nuansa intens yang dapat menaikkan adrenalin dari para pemain ketika memainkan game Armored Core VI. Apalagi beberapa musik ketika menghadapi Boss di dalam game, kalian akan merasakan rasa takut dan bimbang karena betapa intensnya lagu yang diputar ketika menghadapi mereka.

Belum lagi dengan berbagai macam efek ketika bertempur, mulai dari efek Gun, Missiles, damage dari serangan lawan, dan ketika ke lock-on dari musuh akan membuat kalian terus bergerak cepat untuk tetap menghindar.

Bisa dikatakan Sound yang ada di game Armored Core VI bisa menjadi sebuah eargasm bagi para pendengarnya yang bisa membuat ketagihan mendengarnya.

Kesimpulan: Get in the Robot, Raven!

*Chuckles* Im in danger

Setelah kalian mengetahui beberapa poin review Armored Core VI Fires of Rubicon dari saya, mungkin kalian bertanya-tanya, “apakah game ini worth dimainkan?”. Jawabanya adalah iya, Armored Core VI Fires of Rubicon worth atau layak kalian mainkan secara serius ataupun hanya sekadar coba-coba karena penasaran yang berakhir dengan ketagihan.

Game ini menghadirkan permainan yang bisa dimainkan secara singkat ataupun jangka panjang mengingat format gamenya hadir seperti layaknya sebuah game arcade. Kalian mengerjakan misi tertentu, menghadapi musuh, menyelesaikan misi, dapat uang, dan ulangi lagi. Namun setiap kalian mengulang misi-misi tertentu dalam game, kalian bisa mencoba berbagai macam cara permainan dengan variasi robot mecha yang digunakan.

Apakah kalian ingin main dengan robot tipe standar seperti di awal game. Atau ingin coba buat robot yang berfokus pada speed. Atau kalian yang ingin full assault dengan membawa senjata berat yang punya firepower besar. Semua opsi tersebut tersedia, bergantung pada gaya permainan seperti apa yang kalian inginkan.

Trial and error dalam game ini akan sering kalian temukan, apalagi ketika harus menghadapi boss sulit dari ukuran kecil sampai yang memiliki ukuran raksasa sekalipun. Senjata yang dibawah, parts yang digunakan, dan tipe permainan yang kalian gunakan bisa menjadi penentu agar bisa mengalahkan lawan.

*Chuckles* Im in danger

Jika kalian yang ingin tahu apa kekurangan dari game ini, satu-satunya yang paling mencolok adalah tingkat kesulitannya. Armored Core VI hadir dengan musuh yang agresif akan menyerang Player tanpa ampun. Jika kalian lengah saja untuk sesaat, siap-siap saja langsung kena lock-on dan diserang oleh mereka.

Jika pada umumnya game soulslike seperti Elden Ring, musuh akan menyerang dengan pola serangan yang masih bisa dengan mudah dihindar, beda halnya dengan Armored Core. Dalam satu stage, kalian bisa menghadapi banyak musuh sekaligus disertai peluru dan missile yang datang menembaki Player.

Bahkan satu musuh bisa saja menembakkan senjata mereka dengan jumlah peluruh yang sangat banyak dan juga bisa homing alias mengejar Player. Perbedaan dalam hal ini bisa membuat gamer yang baru pertama kali coba merasa kaget dengan fitur gameplay yang ada dalam game. Apalagi bagi mereka yang sudah terbiasa dengan gameplay yang ada di Elden Ring, akan langsung gugup dan butuh beradaptasi ketika masuk ke dunia Armored Core.

The bigger they are, the harder they fall

Secara pribadi saya sendiri tidak terlalu mempermasalahkan tingkat kesulitannya karena memang dari dulu sudah terbiasa memainkan game sulit buatan FromSoftware, baik itu soulslike maupun seri Armored Core itu sendiri. Namun mengingat game buatan FromSoftware ini rilis setelah kesuksesan Elden Ring, sudah pasti banyak yang kaget dengan tingkat kesulitannya.

Itulah ulasan atau review Armored Core VI: Fires of Rubicon dari kami berdasarkan pengalaman saya bermain. Apakah kalian tertarik untuk memainkan game terbaru dari FromSoftware ini?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Armored Core atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

The Review

Armored Core VI: Fires of Rubicon

80% Score

Setelah penantian panjang, game terbaru Armored Core berjudul Armored Core VI: Fires of Rubicon hadir dengan mekanisme khas serinya dengan banyak peningkatan dari fitur gameplay yang menambah keseruan bermain dalam aksi robot-robotan mecha.

PROS

  • Pace gameplay yang cepat
  • Kebebasan dalam merakit robot Armored Core dengan banyak variasi permainan
  • Game yang sulit, tapi masih bisa dinikmati bagi beberapa kalangan gamer
  • Fanservice bagi para penggemar robot-robotan mecha dengan desain keren dari Armored Core
  • Musik intens menambah adrenalin dalam bermain

CONS

  • Tingkat kesulitan yang kurang cocok bagi beberapa gamer
  • Misi repetitif yang bisa membuat jenuh

Review Breakdown

  • Story 70%
  • Gameplay 80%
  • Graphic 80%
  • Sound 90%
Exit mobile version