Gamer yang Tidak Puas Siap Review Bomb Starfield di Metacritic

Review Bomb Starfield Metacritic

Review Bomb Starfield Metacritic – Meski terkadang memberatkan fans, namun sistem eksklusifitas sudah lama menjadi senjata utama bagi penyedia konsol video game. Contohnya seperti Sony dan Nintendo, dimana kedua perusahaan tersebut tak jarang merilis game berkualitas, namun sayangnya hanya dapat dimainkan di konsol masing-masing.

Ingin mengikuti strategi yang sama, Xbox pun turut memberlakukan produk eksklusif untuk game terbarunya garapan Bethesda yakni Starfield. Hal tersebut justru menimbulkan kecaman dari sejumlah fans, hingga mereka berencana bakal melakukan review bombing pada saat gamenya rilis.

Berencana Review Bomb Starfield, Gamer yang Tidak Puas Siap Serbu Metacritic

Skor game terbaru Bethesda disebut-sebut akan kena review bomb dari gamer yang tidak puas

Melalui sosial media X/Twitter, terlihat sejumlah fanboy gamer yang tidak puas mengutarakan kekecewaannya akan game Starfield yang hanya akan rilis secara eksklusif di Xbox dan PC. Merespon hal tersebut, mereka pun berencana bakal melakukan review bombing terhadap game pada saat perilisannya nanti.

Tak hanya sekedar memberikan skor buruk, namun sejumlah fans juga telah siapkan banyak akun. Bahkan salah satu diantara mereka mengklaim telah membuat sebanyak 1000 akun hanya untuk memberikan skor buruk game tersebut di Metacritic.

Seorang gamer mempersiapkan 1000 akun untuk melakukan review bomb terhadap game Starfield di Metacritic

Tentu aksi ini mendapat kecaman dari gamer secara umum. Lantaran kasus review bombing dianggap sebagai cara yang tidak sehat dalam hal persaingan, bahkan tak jarang kasus juga menurunkan reputasi developer hingga mempengaruhi penjualan game.

Meski begitu, pelaku review bombing menyatakan bahwa aksi dilakukan sebagai balas dendam untuk fans Xbox. Itu karena diketahui mereka juga melakukan hal yang sama untuk game eksklusif PlayStation.

Kasus Review Bomb Sudah Menjadi Hal Umum

Kasus Review Bomb Sudah Menjadi Tradisi

Sepertinya bukan hal yang mengherankan lagi bagi para gamer bahwa peristiwa review bombing sudah kerap terjadi. Akhir-akhir ini, kejadian serupa juga menimpa salah satu game FPS ternama yakni Overwatch 2.

Setelah game rilis di platform Steam, berbondong-bondong pemain langsung meninggalkan respon negatif hingga menduduki kategori review “Overwhelmingly Negative”.

Bukan tanpa alasan, banyaknya review buruk dikarenakan janji developer yang tidak terpenuhi. Seperti konten co-op campaign yang awalnya direncanakan, namun kini telah dibatalkan. Terlebih dengan berbagai problema lainnya seperti masalah pada saat game meluncur dan juga sistem monetesasi yang dianggap buruk.

Sayangnya, hingga kini pihak penyedia review game belum memiliki solusi yang pasti untuk menangani kasus review bomb. Sehingga tindak pencegahan sepertinya harus menjadi pertimbangan bagi situs seperti Metacritic dan Steam demi menekan aksi pemberian skor negatif yang tidak objektif dan tidak relevan.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Starfield serta artikel terkini dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version