Review KZ HD9, Untuk Kamu Para Basshead Yang Berkantung Tipis

in ,

*Review KZ HD9 ini murni pendapat penulis tentang IEM ini, ingat setiap orang mungkin akan berbeda dalam menilai suatu barang. Maka percayai telingamu, lebih baik menyesal karena membeli daripada penasaran karena tak membeli.

Setelah sebelumnya saya pernah mereview sebuah True Wireless Earphone (TWS) dari Xiaomi, yaitu Redmi Airdots. Kini saya akan coba kembali mereview sebuah earphone dari KZ, yaitu KZ HD 9 yang cukup banyak dibicarakan oleh orang-orang yang penasaran akan produk-produk keluaran KZ.

Saya mendapatkan earphone ini, dengan harga yang sangat murah, yaitu 38 ribu aja, harga normal dipasaran sebesar 50 ribu – 70 ribu rupiah. KZ sendiri adalah salah satu pabrikan audio yang cukup banyak mengeluarkan earphone dengan harga yang murah. Dari sekian banyak tipe yang mereka keluarkan, KZ HD 9 adalah salah satu yang termurah.

KZ HD 9 adalah salah satu seri murah yang dikeluarkan KZ, lebih murah dari KZ ATR. Salah satu earphone yang juga cukup populer untuk kalangan audiophile kere hore.

Alat untuk Mereview KZ HD 9
  • Iphone 6S
  • Rock Zircon sebagai pembanding
  • Spotify
  • Musik dengan Genre, Pop, Rock, EDM dan Akuistik

Seperti biasa, untuk mereview earphone ini, saya akan membanginya dalam beberapa point, hal ini bertujuan untuk memudahkan kamu untuk membaca review saya.


Apa Yang Kamu Dapatkan Saat Membeli Earphone Ini?

Ketika membeli sebuah produk, maka kamu pasti akan mempertanyakan apa saja isi dalam kemasan produk tersebut. Didalam kemasan kardus dari KZ HD 9, kamu hanya akan mendapatkan sebuah earphone berjenis In Ear Monitor(IEM) dan 2 pasang eartips.

Untuk eartips, KZ menyematkan ukuran Small, Medium dan Large yang terbuat dari karet. Kemasan dari earphone ini juga sangat sederhana, hanya sebuah kardus kecil saja yang bertuliskan KZ HD 9.


Build Quality Dan Kabel Yang OK

Secara Build Quality, KZ HD 9 adalah salah satu IEM murah dengan build quality yang sangat bagus. Earphone ini memiliki build quality yang tak kalah dari earphone dengan harga 100 ribuan lainya. Walaupun Housing dari earphone ini terbuat dari plastik, namun terkesan solid. Untuk kabel, KZ HD9 salah satu IEM murah yang memiliki kualitas kabel yang oke punya.

Kabelnya tak mudah kusut karena dilapisi oleh bahan yang tak mudah untuk tergulung. Berbeda dengan IEM lain dengan harga yang sama di pasaran, cenderung mudah kusut dan tergulung-gulung.


Kenyamanan Dan Isolasi Suara

Secara kenyamanan, KZ HD 9 ini cukup nyaman saat digunakan, karena berjenis IEM  maka cara pengguna’anya cukup berbeda dengan earphone berjenis earbuds. Bagi kamu yang bertama kali menggunakan earphone berjenis IEM ini mungkin akan sedikit kesulitan dan kurang nyaman.

 

Namun, itu hanya sebentar saja, karena kamu akan disuguhi dengan kemampuan dari isolasi suara yang juga sangat bagus. Hal ini juga yang bisa kamu dapatkan dari KZ HD 9 yang sukses membuat saya merasa “nyaman” dalam mendengarkan musik, walaupun saat dalam keadaan cukup bising. Dengan harga yang sangat murah, KZ HD 9 adalah salah satu IEM yang sukses membuat saya nyaman saat memakainya.


Bass Dan Sub-bass

Seperti pada seri KZ lainya, KZ HD9 juga memiliki karater yang  bassy. Bass dan sub-bass pada IEM ini sangat nendang, walaupun begitu masih cukup bisa ditolerir karena diimbangi dengan vokal yang cukup jelas.

Saya sendiri bukanlah seorang yang terlalu suka dengan bass yang terlalu dept. Sehingga saat saya bandingkan dengan Rock Zircon, dari keduanya saya merasa Rock Zircon masih cukup lebih baik dari KZ HD 9. Namun, untuk kamu yang menyukai bass yang dept, maka ini akan cocok untuk kamu. Karatker bass dari KZ HD 9 juga cukup rapi, dan lebih baik dibanding dengan earphone-earphone murah lainya dengan harga yang sama.


Kualitas Vokal

Untuk kualitas vokal, menurut saya KZ HD 9 cukup baik, masih bisa didengarkan dengan cukup nyaman. Suara dari penyanyi pun jelas pada musik akuistik. Saya merasa jika earphone ini memiliki karakter suara yang cukup clear.

Pada High dan Treble, saya merasa jika HD 9 agak kurang. Namun, untuk mid KZ HD 9 sudah cukup untuk menemai dirimu dalam mendengarkan musik dengan cukup nyaman.


Kesimpulan

KZ HD 9 adalah salah IEM yang menurut saya sangat cocok untuk kamu para penggila bass, earphone ini memiliki karakteristik suara yang cukup bright. Bass dari earphone ini juga sangat dept dan punchy, sehingga kamu akan sangat betah mendengarkan musik dengan earphone ini. Jika kamu seorang penggila bass yang tak terlalu memikirkan high dan mid.

Selain itu, harga dari earphone ini juga sangat murah dipasaran. Sehingga cocok untuk kamu yang ingin mulai menjadi seorang audiophile, namun budget yang super terbatas. Kamu juga tak perlu takut untuk membawanya saat diluar rumah, karena desain dari earphone ini juga bagus, sehingga kamu bisa memamerkanya kepada orang disekitarmu.


Jadi itulah review saya mengenai earphone murah keluaran KZ yaitu HD 9, apabila kamu mempunyai permintaan atau barang yang perlu di review selanjutnya, kamu bisa mengatakanya melalui komentar. Kamu juga bisa membaca review saya mengenai Redmi Airdots  dengan cara klik disini.


 

Jangan lupa untuk membaca artikel dan berita menarik lainya tentang tech dari Rizki

Rizki

Written by Rizki

Seseorang yang mencoba untuk mengamati tentang perkembangan teknologi dan pecinta ponsel pintar berbasis Android, for more information contact : [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published.