[REVIEW] “Monster Hunter World”, Sebuah Mahakarya Capcom

Monster Hunter World 20180207101121
Disclaimer: Review kali ini murni menggunakan single-player

Jika kita berbicara tentang Capcom, seketika akan terlintas game populer bergenre horror, Resident Evil.  Game membasmi zombie tersebut memperoleh kembali kejayaannya selepas merilis RE 7.  Namun, game besutan Capcom yang menjadi trademark bukan cuma itu saja sebenarnya.  Ada satu game yang saya pribadi sudah lama tidak pernah memainkannya, apalagi kalau bukan Monster Hunter.  Game berburu monster ini terakhir saya mainkan di PS2 dan PSP.  Lantaran seri berikutnya hanya rilis di 3DS, lambat laun saya pun mulai melupakan game satu ini.  Jujur, ketika Capcom mengumumkan akan merilis Monster Hunter World untuk multi-platform, saya sempat terdiam tidak percaya, siapa yang menyangka Capcom akan ekspansi ke platform lain selain handheld-nya Nintendo.

Monster Hunter World merupakan project ambisius dari Capcom, dan mereka memang tidak main-main dalam mengerjakan game satu ini.  Bagi kamu yang belum tahu, mungkin bisa meluangkan waktu untuk melihat video dokumenter episode 1, 2, 3, 4 dan 5 untuk mengetahui seberapa “niatnya” Capcom mengembangkan iterasi terbaru seri Monster Hunter.


Story so far..

Cerita yang diusung Monster Hunter World cukup menarik di mata saya.  Kamu akan berperan sebagai hunter yang tergabung di Fifth Fleet, sekelompok hunter yang dikirim ke New World untuk membantu Research Commision yang bermarkas di sana.  New World merupakan sebuah dunia yang diceritakan mempunyai lingkungan dan ekosistem tersendiri yang berbeda dengan Old World.  Oleh sebab itu, dibentuklah Research Commision, demi menyelidiki dan melakukan penelitian di New WorldFifth Fleet, sesuai dengan namanya merupakan batch kelima yang dikirim ke New World, dan diharapkan mereka akan dapat membantu para peneliti Research Commision.

Ketika hendak menuju New World, kapal laut yang ditumpangi Fifth Fleet mendadak diserang oleh makhluk misterius yang berukuran luar biasa besar.  Player pun melawan makhluk tersebut, tapi naas, perbedaan fisik yang sangat kentara menyebabkan sang protagonis mati kutu.  Alhasil, player harus terdampar di sebuah tempat yang ternyata adalah New World.  Setelah berhasil diselamatkan oleh salah satu kru Research Commision, Fifth Fleet pun diberi pencerahan mengenai apa yang sebenarnya terjadi di New World, dan misteri apa yang harus dipecahkan terutama menyangkut makhluk misterius yang menyerang mereka sebelumnya. Kamu akan bermarkas di Astera, markas besar Research Commision di New World.

Sekadar informasi, makhluk misterius tersebut termasuk kategori Elder Dragon.  Ada sebuah fenomena yang disebut Elder Crossing, di mana Elder Dragon akan bermigrasi dari Old World ke New World.  Fenomena Elder Crossing ini pun menjadi salah satu misteri yang dipecahkan.

Rekan-rekan seperjuanganmu di Research Commisions
Karakter protagonis yang sedap dipandang

Tampilan Visual Yang Wah dan Hidup

Salah satu hal yang menjadi perhatian para gamer adalah tampilan grafiknya, di mana Monster Hunter  World berhasil mengeksekusinya dengan baik.  Visualisasi lingkungan, monster dan tumbuh-tumbuhan nampak nyata.

Bukan hanya memanjakan mata saja, Capcom berhasil membuat dunia yang hidup, dalam artian player tidak hanya bertualang dan menjelajahi dunia saja, tapi ada fitur-fitur dari dunia tersebut yang bisa dimanfaatkan oleh player.  Sebagai contoh, player dapat menemukan tumbuhan vitalilies yang dapat menyembuhkan HP karakter, kodok-kodok (toad) yang memiliki ability khusus yang jika dimanfaatkan dengan baik, dapat membantu kamu menghadapi monster sekelas Diablos sekalipun.  Kodok-kodok ini ada yang mampu mengeluarkan gas tidur dan gas paralysis.  Lalu ada poisoncup yang mampu mengeluarkan cairan racun, vinetraps yang mampu menjebak monster meski hanya sebentar.

Fitur yang termasuk unik adalah kamu bisa memanfaatkan tumbuhan lebat untuk bersembunyi dari monster. Kemampuan ini sangat berguna apabila kamu ingin menghindar sejenak dari kejaran monster sambil memulihkan HP.

Tambah lagi, ada juga vigorswasp yang memiliki fungsi serupa dengan vitalilies, kemudian ada wiggly litchi yang bisa dikonsumsi dan memberikan efek agar stamina player tidak terlalu menguras staminanya.  Dan masih banyak hal-hal menarik dan mengejutkan lainnya yang menunggu untuk ditemukan oleh player.

kamu bisa sembunyi dari kejaran monster
EAZYPEAZY

Farming material adalah jalan hidupmu..

Inti dari Monster Hunter World adalah memburu monster sebanyak-banyaknya, agar kamu mampu meng-crafting armor dan senjata yang lebih baik.  Serupa dengan seri sebelumnya, player harus menyerang bagian tubuh monster yang spesifik agar mendapatkan material yang diinginkan. Equipment yang kamu gunakan sering kali menjadi pembeda jalannya pertarungan. Alangkah baiknya jika kamu menyiapkan beberapa jenis armor dan weapon yang berbeda, di mana menyesuaikan dengan monster yang akan kamu hadapi.

Menambang material juga merupakan kegiatan yang wajib kamu lakukan.  Player harus berlarian kesana kemarin guna mendapatkan material-material penting yang bisa digunakan tidak hanya untuk crafting armor dan weapon tapi juga untuk membuat item-item penting yang akan membantu petualanganmu, seperti parashroom yang menjadi salah satu material untuk membuat Shock Trap, spider-web yang merupakan material untuk membuat net, yang mana net tersebut menjadi salah satu material untuk membuat Pitfall Trap.

Kamu juga dapat memancing untuk melepaskan penatmu, tidak susah untuk melakukannya, cukup gunakan item Fishing Rod. Seiring waktu, kamu akan menemukan “umpan” lainnya guna mendapatkan ikan yang lebih baik.

MANCING MANIA MANTAP

Check dan Recheck item yang kamu perlukan sebelum bertualang

Persiapan sebelum bertualang adalah kuncinya…

Bagi seorang hunter berpengalaman, persiapan adalah kuncinya.  Sebelum pergi bertualang, kamu harus memastikan armor dan weapon yang kamu gunakan sesuai untuk monster yang ingin kamu buru.  Sebagai contoh, jika kamu ingin melawan Kirin, sebaiknya kamu tidak menggunakan senjata dengan elemen Thunder, karena..well..ya elemennya Kirin adalah Thunder.  Oleh sebab itu, kamu sebaiknya selalu check Hunter’s Notes sebelum memulai misi memburu monster tertentu.

Tiap monster punya titik lemahnya masing-masing yang bisa dieksploitasi

Selain itu, selalu re-stock item-item penting.  Yang biasa saya bawa adalah Potion, Mega Potion, Large Barrel Bomb, Barrel Bomb, Shock Trap, Pitfall Trap, Well-Done Steak dan Tranq Bomb.

Sebelum bertarung, sebaiknya kamu ke canteen dan makan terlebih dulu. Tapi jika kamu lupa, kamu bisa makan di canteen yang tersedia di area sekitar camp.  Menu yang disediakan beragam, begitu juga dengan efek yang ditimbulkannya.

jadi inget kantin sekolah dulu
makan bang!

Memulai petualangan yang epic

Monster Hunter World menyediakan 4 pilihan quest, Assigned, Event, Optional dan InvestigationsAssigned merupakan quest yang player dapatkan sesuai dengan jalan cerita.  Event merupakan quest yang memiliki waktu terbatas, yang diberikan oleh Capcom. Optional adalah quest yang bisa player lakukan berulang kali, sehingga cocok jika kamu ingin farming material tertentu.  Investigations merupakan quest yang sangat dianjurkan untuk dilakukan guna mendapatkan material-material yang kamu butuhkan untuk nge-craft armor dan weapon yang kamu inginkan.

Terkadang kamu akan mendapatkan misi dari NPC yang ada di Astera, misi-misi yang mereka berikan terkadang akan memberikan reward menarik yang akan membantu petualanganmu. Sebagai contoh, jika kamu menyelesaikan misi yang diberikan Chef maka pilihan menu yang bisa kamu pilih di canteen akan bertambah. Ada juga misi yang akan memberikan reward berupa camp baru. Menemukan camp baru ini cukup membantu kamu dalam menjelajahi area-area di Monster Hunter World, lantaran kamu dapat menghemat waktu karenanya.

Salah satu hal lainnya yang menarik adalah, ketika kamu sedang melakukan Expedition alias free-roam, sering kali kamu akan menemukan kejutan-kejutan yang tak disangka-sangka. Mungkin saja kamu akan menemukan First Wyverian atau mungkin makhluk unik lainnya.

Tambah lagi, tidak ada batasan waktu ketika melakukan Expedition. Jadi kamu bisa melakukan eksplorasi sepenuhnya sambil mencari material-material yang dibutuhkan.

Yang perlu diperhatikan adalah, ketika kamu berburu suatu monster di Expedition, ada kemungkinan monster tersebut akan kabur jika kamu tidak cepat membunuhnya. Hal ini sering terjadi untuk monster-monster yang tergolong ke dalam kategori “Boss” seperti misalnya Anjanath, Legiana, Rathian, Diablo, bahkan Kulu-Ya-Ku.

Legiana mah gak ada apa-apanya

 

Kirin? meh

ini monster cukup nyebelin racunnya

Kemana-mana selalu berdua

Palico adalah teman terbaikmu. Misi apapun itu, ia akan selalu membantumu mencari material-material dan sering kali ikut bertempur melawan monster bersamamu.

Sepanjang permainan, kamu akan menemukan hewan-hewan lainnya yang mirip dengan Palico. Mereka pun akan membantumu jika Palico milikmu sukses bernegosiasi dengannya. Tambah lagi, Palico juga dapat berkomunikasi dengan monster-monster kroco seperti Jagras, dan jika berhasil maka Jagras tersebut akan membantumu.

Gatherer Palico

Setelah mengalahkan Zorah Magdaros?

Seperti yang kita ketahui bersama, fokus cerita adalah berusaha mencari tahu keberadaan Elder Dragon bernama Zorah Magdaros dan mengalahkannya. Seiring waktu, kamu akan melawan Zorah Magdaros beberapa kali, dan klimaksnya adalah ketika kamu berhasil mengalahkannya.

Namun apa yang terjadi? Semua yang telah kamu alami selama ini tidak ubahnya sebuah prolog, di mana monster-monster yang telah dan berhasil kamu bunuh hanyalah versi standar. Ketika Zorah Magdaros berhasil “dikalahkan”, sesuatu terjadi yang mengakibatkan perubahan yang signifikan terhadap New World termasuk monster-monster yang hidup di dalamnya.

Zorah Magdaros akhirnya kalah

Conclusion

Monster Hunter World merupakan game yang patut mendapat 2 acungan jempol. Tidak heran jika kemudian game ini menjadi game best-seller dalam rentang waktu tidak lama setelah perilisannya. Bahkan game ini dikabarkan menjadi game dengan penjualan terbaik dari seluruh seri Capcom yang pernah ada.

Salah satu keunggulan dari Monster Hunter World adalah update rutin yang diberikan oleh Capcom. Sebagai contoh, Capcom mengeluarkan update Dante (Devil May Cry), Ryu (Street Fighter), bahkan equipment milik Aloy (Horizon Zero Dawn). Tambah lagi, Capcom juga kerap memberikan event quest yang memuat monster-monster unik yang bisa kamu dan partymu kalahkan.

Buat kamu yang baru pertama kali menjajal seri Monster Hunter, kini telah tersedia perkumpulan di mana player novice dapat menimba ilmu ke player yang lebih veteran. Silahkan kunjungi laman ini.

Monster Hunter World versi PC dijadwalkan hadir musim gugur 2018, namun masih belum ada tanggal pastinya. Saya pribadi sangat menunggu versi PC ini, semoga saja Capcom tidak merilisnya dengan kualitas portingan yang buruk.

Exit mobile version