[REVIEW] Red Dead Redemption 2 PC – Kembali Terlahir Dengan Pesona Lebih!


Bisa dibilang bahwa tahun lalu merupakan salah satu terbesar bagi Rockstar, melalui mahakaryanya –  Red Dead Redemption 2 Rockstar berhasil memberikan sebuah pengalaman open world tiada dua. Game tersebut tampil sebagai mahakarya paling ambisius yang sejauh ini digarap Rockstar. Melalui review kami tahun lalu, kami bahkan tak ragu untuk menyebut Red Dead Redemption 2 sebagai sebuah mahakarya fantastis dan tak akan pernah terlupakan.

Nulis artikel dibayar

Keputusan Rockstar untuk membawa game tersebut untuk platform PlayStation 4 & Xbox One saja tersebut memang banyak disayangkan, terutama bagi gamer PC yang tak berkesempatan. Namun waktu terus berjalan, para gamer PC tetap menanti kepastian, dan akhirnya penantian tersebut terjawabkan, Rockstar resmi mengumumkan Red Dead Redemption versi PC.

Setelah setahun lebih menanti, kini akhirnya giliran para gamer PC bisa turut menikmati game bertemakan wild west tersebut. Pengandai-andaian tentang menikmati mahakarya Rockstar melalui sebuah platform yang “bisa” lebih tangguh dibanding console kini telah menjadi kenyataan, dan tentunya ada banyak peningkatan yang diharapkan pada versi PC kali ini. Namun apakah benar penantian panjang tersebut terbayar manis dan sebanding dengan segala apa yang telah diekspetasikan? Review Red Dead Redemption 2 versi PC ini akan membahasnya lebih jauh.


Kalian yang telah membaca review kami sebelumnya ataupun pernah memainkan Red Dead Redemption 2 di versi console tentu tahu apa saja yang ditawarkan Rockstar melalui karya ambisiusnya yang satu ini. Penilaian kami pada review kali ini akan digabungkan dengan peningkatan dan pembaruan yang ada pada versi PC kali ini.

Berikut ini adalah kesimpulan review kami yang sempat meluncur tahun lalu:

[REVIEW] Red Dead Redemption 2 – Fantastis & Tak Akan Pernah Terlupakan!

Reviewed on PlayStation 4 Pro & Slim

Pros:

  • Cerita emosional super menarik
  • Character development yang matang dan menarik
  • Dunia open world luas dan hidup
  • Beragam aspek kecil yang terlihat realistis
  • Soundtrack yang ciamik
  • Sistem moral dan choice matters yang unik
  • Tiap NPC terlihat hidup
  • Visualisasi yang memesona
  • Peran dan voice act yang terasa hidup

Cons:

  • Sebagian detail cerita tersaji via percakapan saat berkuda
  • Sejumlah misi terasa bertele-tele
  • Sistem traversal yang melelahkan

Red Dead Redemption 2 memiliki berbagai daya tarik yang sangat luar biasa, beragam hal yang ia tawarkan akan mampu membuat kalian seakan terhipnotis menatap layar monitor selama berjam-jam. Dengan berbagai hal luar biasanya tersebut, Red Dead Redemption 2 mampu terlahir sebagai sebuah mahakarya yang fantastis & takkan pernah terlupakan. bahkan kami berani menyebutnya sebagai “salah satu” game open world terbaik yang pernah ada dan “nyaris sempurna”. Beberapa kekurangan minor yang ada seakan tetap tertutupi rapat dengan segudang kelebihan yang disuguhkan.

BACA JUGA  Game Adaptasi Anime DanMachi Pamerkan Screenshot Versi Globalnya

Red Dead Redmption 2 bagaikan sebuah tembok raksasa super solid nan kokoh yang hanya memiliki sedikit lubang yang tak berarti. Kami sendiri juga cukup optimis bahwa Red Dead Redemption 2 merupakan kandidat super kuat untuk menyabet gelar Game of The Year pada tahun 2018 ini. Yang mungkin akan langsung berhadapan langsung dengan salah satu mahakarya luar biasa lainnya yang telah meluncur tahun ini – God of War.


Secara konten dan sistem, Red Dead Redemption 2 versi PC ini hampir sepenuhnya sama dengan kedua versi consolenya. Hanya saja kini hadir dengan tambahan ekstra photo mode untuk mengabadikan keindahan visual yang tersaji, yang nantinya juga akan kami bahas lebih lanjut.

Control yang lebih “cocok”

Tentunya sebagai sebuah game shooter, control ternyaman untuk memainkannya adalah melalui keyboard dan mouse, dan hal tersebutlah yang juga terjadi pada RDR 2 versi PC ini. Tentu kalian tak memerlukan bantuan auto-aim ala joystick untuk membidik musuh, karena dengan bidikan mouse sudah terasa lebih leluasa dan semakin mudah.

Sebagai sebuah game yang kompleks, control di versi PC ini juga terasa semakin mudah dengan banyaknya opsi shortcut di keyboard. Untuk mengakses apapun kini terasa semakin mudah dan hanya memerlukan satu sampai dua tombol saja. Contoh paling mudahnya tentu mengakses pilihan senjata, dimana kalian tak perlu membuka weapon wheel dan hanya perlu langsung menekan angka 1-6 saja.

Visualisasi yang jauh lebih memesona

Memang tak bisa disangkal bahwa Red Dead Redemption 2 merupakan salah satu game open world terindah sepanjang dekade ini. Hadirnya di versi PC ini semakin memperkuat hal tersebut, kini Red Dead Redemption 2 bisa memperlihatkan kualitas visual tertingginya. Segalanya yang kalian harapkan soal visualisasi yang jauh lebih memsona akan terjawab di versi ini.

Meski hadir tanpa teknologi RTX, pesona yang disuguhkan tetap akan membuat mata terpana, belum lagi memang teknologi tersebut sebenarnya memang berat, apalagi bila diimplementasikan pada game sekaliber RDR 2 ini. Berbagai detail kecil kini semakin jelas terlihat, mulai dari lighting, vegetation, shadow, fog, texture, dan semuanya terlihat semakin terlihat detail dan tajam.

BACA JUGA  Jadi Tim PUBG Mobile Terbaik Didunia, Bigetron RA Juarai PMCO Fall 2019

Preset visual setting yang lengkap memungkinkan kalian mengakses variasi visual yang sesuai dan cocok dengan kemampuan RIG kalian. Sebagai contoh, kami menggunakan preset ultra, dan hasilnya memang terlihat lebih detail dan memanjakan dibanding apa yang ada di versi console. Sebagai buktinya, kalian bisa melihat segudang screenshot yang telah kami abadikan via review kali ini.

Photo Mode untuk mengabadikan tiap momen

Mungkin photo mode ini adalah fitur yang paling dinantikan sejak tahun lalu, kesempatan mengabadikan keindahan dunia RDR 2 selalu dinanti melalui update terbaru. Namun mengejutkannya, hingga kini para pemain console belum dapat mengakses fitur tersebut, dan photo mode tersebut justru langsung hadir pada versi PCnya.

Presentasi visual yang memanjakan mata memang jadi salah satu kekuatan utama RDR 2 seperti yang kami jelaskan sebelumnya. Tentu kesempatan mengabadikan tiap momen indah dan penting yang tersaji menjadi hal yang menarik. Berbeda dengan versi console yang hanya dapat menangkap screenshot secara manual, versi PC kali ini dibekali fitur photo mode.

Tentu dengan fitur ini kalian dapat semakin bebas mengabadikan tiap momen yang ada dengan jepretan yang terlihat lebih sinematik tentunya. Hanya dengan menekan F6, seintens apapun aksi atau momen yang sedang terjadi, game akan langsung terhenti dan kalian akan secara bebas mengendalikan kamera dan mengabadikan tiap jepretan sesuai dengan angle yang kalian inginkan.

Menariknya lagi, photo mode ini terlihat sangat akurat dalam “menghentikan” dan berfokus pada objek atau partikel kecil yang terlempar di udara. Memungkinkan kalian mengabadikan objek seperti darah, air, kotoran, debu, dan objek lainnya dengan jelas tanpa blur sedikitpun.

Tidak Optimize?

Segudang keluhan melayang ke wajah Rockstar begitu versi PC ini meluncur, para gamer mengeluhkan tentang buruknya optimisasi yang ada. Sementara kami sendiri memang tidak akan menyangkalnya, kami telah mencobanya melalui dua buah RIG yang tergolong “tangguh”.

PC 1

i7 8700K
32GB RAM
GTX 2070
Preset: Ultra
Resolusi: 1080p
Average FPS: 50-60

BACA JUGA  PUBG Uji Coba Blue Zone Kedua Supaya Player Tidak Camping

PC 2

i7 8700K
16GB RAM
GTX 1070TI
Preset: Medium – Ultra
Resolusi: 1080p
Average FPS: 35-45

Dari segi visual kami memang sempat menyinggung absennya teknologi RTX, hal tersebut kami rasa memang wajar. Tanpa RTX performa RDR 2 versi PC ini sudah cukup berat, apalagi dengan hadirnya RTX, mungkin RIG kuat sekalipun akan langsung bertekuk lutut. Selain masalah performa, kami juga amsih sering mengalami masalah teknis seperti bug dan glitch.

Rockstar sendiri memang telah angkat bicara tentang masalah optimisasi yang tak stabil tersebut dan beberapa amsalah teknis lainnya, rencananya mereka akan segera membenahinya pada patch terbaru mendatang. Tentunya saat ini, bila kalian mengincar resolusi 4K 60 FPS dengan preset ultra, maka spesifikasi yang dibutuhkan tentu harus jauh lebih tinggi dari yang kami gunakan.

Verdict

Penantian panjang para gamer PC kini telah tiba, Red Dead Redemption 2 versi PC telah berada dalam genggaman. Ekspetasi tentang peningkatan visual yang jauh lebih indah terbukti benar, versi PC tersebut mampu menghadirkan keindahan RDR 2 pada level paling maksimal, seolah membuat game tersebut terlahir kembali dengan lebih memesona. Apalagi dengan tambahan fitur photo mode, tiap momen indah dan intens yang tersaji mampu terabadikan secara lebih sinematik.

Tetapi sayangnya, terlepas dari segala kelebihan tersebut, RDR 2 versi PC ini tetaplah bukan portingan sempurna, ia masih punya segudang masalah yang menggerogoti. Masalah optimisasi yang buruk dan beberapa bug yang ada cukup mengurangi pengalaman imersif yang seharusnya tersaji. PC dengan spesifikasi super gahar sangat diperlukan untuk menikmati pengalaman tertinggi versi PC ini.

Namun, terlepas dari beberapa kekurangan yang ada tersebut, RDR 2 versi PC ini tetaplah sebuah portingan yang patut dilirik. Terlebih bagi kalian yang belum sempat mencicipinya di versi console, maupun bagi kalian yang punya RIG gahar dan berharap kualitas yang jauh lebih memesona. Kami sepenuhnya yakin, jika Rockstar benar-benar menangani beberapa kekurangan yang telah kami sebutkan diatas, maka RDR 2 PC ini akan jadi maha karya porting yang luar biasa.


Baca juga berita atau artikel menarik lainnya dari Author.

Contact: erenhartd@gamebrott.com


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item