[Review] Super Dragon Ball Heroes: World Mission, Arcade Feel Buat Siapa Saja Kapan Saja


Follow Us

Setelah dua kali merilis game bertemakan anime yang bisa terbilang blunder, Bandai Namco sepertinya tak mau lagi mengulang kejadian yang sama untuk kesekian kalinya. Melalui seri terbarunya  yang berjudul Super Dragon Ball Heroes: World Mission, Bandai Namco berusaha menghadirkan sebuah gameplay Dragon Ball dengan genre baru yaitu TCG atau lebih dikenal dengan Trading Card Game. Berawal dari 2010 dimana game ini merupakan sebuah mesin arcade Arcade berjudul Dragon Ball Heroes dimana kalian dapat mengumpulkan kartu fisiknya untuk memainkan permainan tersebut. Perjalanan seri Dragon Ball Heroes sendiri juga tidak terbilang secara ujug-ujug melalui Nintendo DS pada tahun 2013 seri lain dari game Dragon Ball Heroes di porting ke Nintendo DS, hingga akhirnya sekarang di Seri terbarunya Bandai Namco berusaha membawa game Arcade ini ke platform generasi terbaru yaitu Nintendo Switch serta PC (Steam).

Nulis artikel dibayar

Story Dibawah Umur yang Mungkin Kurang Cocok

Mengambil setting latar di sebuah kota bernama Hero Town dimana saat itu permainan kartu digital Super Dragon Ball Heroes sangat populer di dunia terutama di Hero Town sendiri. Kamu selaku tokoh utama menjelma menjadi seorang anak kecil dengan rambut jabrik yang nantinya bisa kalian namai sesuka hati. Meski sebagai karakter utama di game ini, tapi kamu berperan sebagai anak kecil yang sama sekali belum pernah memainkan permainan ini sebelumnya. Build up cerita terus berkembang sembari menunjukan bahwa walaupun kamu tidak pernah memainkan game ini, namun karakter utama merupakan seorang natural born talent terhadap game ini.

Selain nantinya bisa mengganti nama karakter utama sesuai dengan preferensi, kalian juga bisa memilih avatar heroes karakter utama dari berbagai ras yang memiliki jurusnya masing-masing. Ada adari ras bla bla bla, yang nantinya bisa ikut serta bertarung sebagai salah satu card kalian serta juga bisa dikembangkan. Konflik mulai muncul ketika objek-objek atau tokoh yang dianggap game selama ini, tiba-tiba masuk ke dunia nyata dan membuat kerusakan akibat dari anomali yang terjadi didalamnya. Kamu bersama temanmu akan mencoba mencari tahu permasalahan yang terjadi dengan dunia digital tersebut.

BACA JUGA  Mampukah Kamu Bertahan dari Serangan Boss Area Salju Code Vein Satu Ini?
Banyak Pilihan Ras Untuk Karakter Utama

Cerita pada game ini sendiri sebenarnya memiliki premis yang cukup menarik dan juga nostalgic, kalian yang mengikuti seri-seri seperti digimon ataupun penonton anime tahun 90-an mungkin sudah akrab dengan cerita permainan sederhana yang bisa menyelamatkan dunia. Namun cerita pada Super Dragon Ball Heroes kali ini terasa dirancang untuk audiens muda atau bisa dibilang anak-anak yang ingin memainkan game ber-feel arcade dengan cerita sebagai pengiringnya. Faktor berkembangnya mental-age audiens sebagai penikmat anime tahun 90-an juga sepertinya berpengaruh terhadap premis cerita seperti ini, dimana dulu mungkin terasa spesial namun tidak untuk masa sekarang. Meski cerita pada game ini berkelana pada arc-arc populer dari cerita Dragon Ball namun tetap feel Storynya tidak terlalu menarik untuk audiens berumur 20-an.

Mode Stage Bejibun

Selain Story mode, terdapat mode Arcade dimana kalian bisa melawan musuh-musuh yang rata-rata ada di Movie serta manga Dragon Ball. Penulis sendiri bukanlah penggemar maniak yang selalu mengikuti setiap seri serta movie Dragon Ball, namun pernah mengikuti anime Dragon Ball sampai seri Z. Sehingga arc yang ada pada Arcade Mode cukup sulit untuk dicerna karena memang sangat minim sekali story dihadirkan didalamnya, namun kalian yang maniak tentu akan sangat tak sabar merecall adegan melawan musuh yang ada pada Movie Dragon Balls.

Mode permainannya sendiri tak berbeda jauh dengan yang ada di Story mode dimana kalian akan melawan musuh-musuh ikonik pada stage serta difficulty yang berbeda-beda, Arcade Mode sendiri bisa kalian gunakan sebagai sarana Grinding mengumpulkan item-item serta tiket gacha (yang akan dijelaskan nanti) untuk melengkapi deck kalian. Ada juga mode Turnamen yang dibagi menjadi beberapa kelas dimana kalian akan melawan A.I untuk memperebutkan peringkat pertama, selain mendapat EXP kalian yang berhasil memenangkan turnamen akan mendapatkan hadiah-hadiaah menarik sesuai dengan kelas kalian.

QTA Dimana-mana Tekan Tombol Tanpa Henti

Gameplay pada game Super Dragon Ball Heroes: World Mission mungkin agak terasa asing bagi kalian karena di satu sisi kalian yang langganan seri Dragon Ball mulai dari Z, Xenoverse, sampai Fighter Z akan akraab dengan mode action serta fighting. Namun di sisi lain kalian gamer TCG juga akan merasa bahwa game ini terasa cukup actions. Pada gameplay-nya kalian akan memilih 8 karakter untuk dimainkan, dan field yang ada didalam permainan akan dibagi menjadi 4 Field 3 untuk battle dan satu field terakhir untuk mengisi stamina. Salah satu strategi yang harus kalian pertimbangkan pada permainan ini adalah distribusi tiap karakter pada masing-masing field, karena jika salah satu karakter sudah kehabisan stamina maka karakter tersebut bisa ter-stun (tidak bisa melakukan apapun) serta menerima damage lebih besar dari biasanya.

BACA JUGA  Rapper T-Pain Cosplay Leroy Smith Karakter Baru Tekken 7

Hal krusial lain ialah kalian akan selalu menghadapi QTA atau Qucik Time Event memencet tombol tertentu untuk mengaktifkan kemampuan tiap karakter, dan yang menjadi kunci kemenang permainan adalah QTA  dimana kalian harus menekan tombol diatas parameter gauge bar pada saat yang tepat. Jika kalian miss maka musuh bisa mendapat gauge bar lebih besar yang berakibat gagalnya jurus atau gagalnya bertahan sehingga musuh bisa menggunakan special attacknya.

Sering Kerasa OP Banget Sih

Masalah terjadi karena strategi yang mendasari game ini hanyalah kalian bisa mengganggu pergerakan gauge bar musuh karena beberapa karakter bisa mempercepat gerakan gauge bar lawannya sehingga sulit ditekan, dimana banyak TCG lain memiliki strategi permainan yang jauh lebih kompleks. Beberapa karakter juga bisa memberikan efek yang OP seperti meningkatkan Power berkali-kali lipat sehingga game rata-rata hanya berkutat pada Power siapa yang lebih besar dari pada yang lain, ada momen dimana kalian bisa meraih power maksimal yaitu 99999 dan musuh tak bisa melakukan apapun. Strategi permainan rata-rata hanya berkutat pada distribusi karakter agar mendapat Power yang lebih besar dari musuh, jika itu tercapai maka permainan sudah usai.

SSR

Hal yang keren dari game ini adalah kalian QTA yang dilakukan akan terasa cukup nagih sekali kalian mencobanya, masing-masing karakter akan memiliki spesial attack yang amat ikonik serta QTA berbeda-beda, mekanisme yang amat Fresh ini memang cukup membuat kita beralih ke game ini untuk beberapa waktu. Build deck yang sangat beragam juga sangat adiktif dimana kalian bisa mencampur adukan karakter apapun mulai dari Goku biasa, hingga Goku Ultra Instinc, bahkan Bu, Freyza bisa ada dalam satu deck lumayan fun.

BACA JUGA  Game Action RPG Dragon Ball Z: Kakarot Tetapkan Tanggal Rilis!

Gacha Kok Gratis ??

SR 10 Biji

 

TCG Kan Gacha bang ? woo tenang inilah yang menyenangkan dari dijadikannya game arcade ke platform konsol atau PC. Langkah Bandai Namco satu ini perlu di notice bahwa iya gacha tiap karakter untuk mendapat karakter langka memang cukup membuat game terasa MUDAH, namun Gacha pada game ini sangatlah Gratis kalian tak perlu merogoh sepeserpun untuk mendapatkan karakter SSR, kalian hanya perlu grinding ataupun menyelesaikan story mode untuk mendapatkan tiket gacha. Satu misi bahkan bisa sampai mendapat lebih dari 1 tiket Gacha SSR, bahkan tiket reguler bisa mendapatkan Gacha SSR yang tak jarang.

Ada mode Online dimana kalian bisa mengupload misi yang kalian buat sendiri agar orang lain bisa mencoba menyelesaikannya, basicly ini adalah mode endless mission. Kalian juga coba bisa mencoba menyelesaikan misi ini di Switch namun perlu adanya subscribtion berbayar online tambahan.

Verdict

Super Dragon Ball Heroes: World Mission merupakan game TCG dengan mekanisme Fresh yang bisa dinikmati siapapun, feel arcade pada game ini benar-benar terasa kuat sehingga tak perlu menjadi fanatik untuk bisa enjoy game ini. Hadirnya seri ini bukan menjadi bentuk aneh dari seri Dragon Ball yang terkesan fast paced serta total Action, hadirnya game ini justru membawa angin segar pada line up Bandai Namco. Kalian menjadi penggemar berat Dragon Ball sangat disarankan memainkan game ini, konten yang lumayan Rich dan terasa totalitas bisa jadi penyembuh line-up Bandai Namco yang mungkin sudah secara tak langsung membuat sedikit kecewa.

Jika Kalian ingin membaca tulisanku yang lain kalian bisa membacanya disini.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item