[Rumor]EVGA RTX3090 Ti Kingpin akan Gunakan 12 Pin Power Connector

mjo tjy image

Sumber: Videocardz

Memasuki tahun 2022, rumor mengenai keberadaan RTX 3090 Ti belakangan ini kembali menguat dengan munculnya sejumlah bocoran dari sejumlah produsen GPU dari NVIDIA. Seperti pada akhir desember kemarin, Wccftech telah menemukan sebuah box GPU NVIDIA yang bertuliskan RTX 3090 Ti dari ASUS seri TUF.

Setelah bocoran dari keberadaan box milik ASUS TUF yang bertuliskan GPU NVIDIA RTX 3090 Ti, muncul kembali sebuah rumor dari salah satu produsen GPU NVIDIA ternama yaitu EVGA yang dikabarkan akan gunakan 12 power pin connector untuk RTX 3090 Ti pada versi Kingpin.

Sumber: Videocardz

Dikutip dari Videocardz, rumor tersebut mulanya muncul dari sebuah forum bernama Quazarzone yang telah mendapatkan informasi dari salah satu karyawan EVGA bahwa GPU tersebut sedang dalam tahap pengembangan. Sayangnya kiriman tentang bocoran EVGA RTX 3090 Ti Kingpin telah ditarik.

Berdasarkan informasi yang mereka (Videocardz), kabarnya EVGA RTX 3090 Ti Kingpin ini akan menggunakan pin power connector yang berbeda. Yakni akan menggunakan 12 pin power connector, berbeda dengan pin power yang biasa digunakan pada GPU high-end lainnya seperti menggunakan 8×1, 8×2, 8×3 pin power connector.

Sumber: Videocardz

Sayangnya belum ada informasi yang jelas mengenai seperti apakah pin power connector yang akan digunakan, Videocardz juga berpendapat bahwa sepertinya 12 pin power connector yang telah disebutkan sebelumnya akan cocok seperti yang telah digunakan sebelumnya oleh NVIDIA pada RTX 3080 Founders edition mereka.

Mereka (Videocardz) juga berspekulasi bahwa nampaknya RTX 3090 Ti milik EVGA ini haus akan daya, karena menurut mereka GPU tersebut mampu memakan daya hingga 1275W berkat bedanya penggunaan power pin connector. 

Sumber: Videocardz

Selain itu mereka juga mendapatkan kabar bahwa ketika RTX 3090 Ti Kingping telah rilis, produksi EVGA RTX 3090 Kingpin dihentikan. Perlu diingat, walau GPU tersebut terdengar haus akan daya sekaligus terlihat “overkill“, NVIDIA sendiri hingga saat ini masih menutup bicara akan keberadaan RTX 3090 Ti ini.

Namun berdasarkan rumor yang telah beredar, RTX 3090 Ti ini akan rilis pada tanggal 27 Januari mendatang. Jadi bagi para gamer yang tidak sabar bagaimana performa akan RTX 3090 Ti ini, sepertinya harus menunggu hingga pengumuman resmi dari NVIDIA muncul pada acara CES 2022 nanti.


Baca lebih lanjut tentang NVIDIA, dan juga ikuti berita-berita lainnya seputar Video Game bersama saya, Daffa Dhiya. For press release and further collaboration, Contact me at author@gamebrott.com

Exit mobile version