Selain Moba dan Battle Royale, 8 Genre Game yang Berpotensi Booming di Tahun 2019


Follow Us

Sepandai-pandainya kamu menyangkal, Moba dan Battle Royale tetap adalah sekumpulan genre game yang paling banyak diminati saat ini. “Kompetisi” seakan telah menjadi kata kunci utama yang menjelaskan fenomenalnya kedua genre tersebut. Ketimbang memainkan game secara mandiri hanya demi menikmati cerita dan kepuasan yang tak bisa dibagi-bagi, bermain game bernadakan online serta multiplayer memang sudah merupakan harga mati bagi sebagian besar gamer yang haus akan unsur keinteraktifan sosial di dalamnya.

Nulis artikel dibayar

Namun, apakah pesona kemahsyuran dunia game nantinya hanya akan selalu diisi oleh game-game seperti Mobile Legends, dan PUBG saja ? Melihat bahwa tidak ada kepopuleran game yang selalu abadi di dunia ini, ada kalanya bahwa para gamer mungkin sudah mulai jenuh dan sedang giat-giatnya dalam mencari suatu bentuk simpanan kesenangan yang bisa saja berbunga sewaktu-waktu.

Bisa saja jika apa yang tak sengaja mereka dapatkan itu nantinya dapat menggeser lagi strata kekondangan dari keberadaan genre-genre game yang biasa diminati saat ini. Selebihnya, ada juga suatu potensi yang berasal melalui inovasi kreatif para developer atas hasil analisa mereka mengenai pergerakan budaya yang sedang mulai tumbuh di lingkungan para gamer.

Sehingga oleh karenanya, kami cukup tertarik untuk ikut membahas sekaligus berspekulasi tentang genre-genre apa yang sepertinya cocok untuk mensubstitusikan MOBA ataupun Battle Royale sebagai hal yang akan selalu terngiang-ngiang di kepalamu.


1. Bomberman style game

Kabar tentang sempat digratiskannya game Blast Zone! Tournament telah menjadi bentuk wejangan buat kami bila game-game semacam ini sebenarnya punya potensi untuk bisa menggebrak kecenderungan latah para gamer akan genre Battle Royale dan MOBA. Meski tergolong sebagai genre lama, keseruan bersaing dengan cara saling “mengebom” di dalam suatu arena labirin dengan berbagai kondisi mekanisme map yang bermacam-macam adalah suatu mutiara baru yang seharusnya bisa dirasakan oleh para gamer milenial sekarang.

 

Jika Konami sebagai pelopor franchise Bomberman bisa mencoba cerdik, mereka sebenarnya punya opsi untuk benar-benar memanfaatkan keikonikan game Bomberman dengan merilisnya secara mendunia di platform mobile atau secara free to play di platform-platform konsol yang lain. Hal ini pastinya akan bisa mendorong minat dari banyak gamer untuk ikut mencicipi dan kecanduan untuk bisa berteriak-teriak ketika dibom atau mengebom lawan-lawan online mereka secara konyol.

BACA JUGA  Need For Speed Heat Unjuk Gameplay Perdana, Terlihat Lebih Ambisius!

2. RPG Co-op

Kesuksesan Warframe ataupun Monster Hunter World dalam membuat suatu game RPG bantu-bantu dengan tingkat keseruan yang luar biasa telah mulai semakin berkembang ke arah yang benar-benar menggairahkan. Hal itu juga seakan ingin diekori oleh EA lewat game barunya yang berjudul Anthem. Dengan kunci tema yang serupa, bukan tidak mungkin bila para developer-developer akan semakin tertantang untuk menciptakan game-game semacam ini dalam wadah dan wujud yang bisa dijangkau oleh semua kalangan.


3. Game survival dengan fitur betrayal

Game bertemakan survival dengan pengelolaan sumber daya seperti Rust dan The Forest sudah memberimu banyak pengalaman bertahan hidup yang menantang. Namun, genre tersebut juga bisa sekali diolah secara lebih menarik lagi lewat inspirasi dari keberadaan game-game ala Town of Salem dan sejenisnya. Dimana kamu akan berkesempatan untuk mengkhianati rekan-rekan setimmu dan membuat berbagai kekacauan secara diam-diam, sementara yang lain harus sibuk mencari tahu siapa sesama player yang selama ini menjadi musuh sembari berjuang untuk bisa tetap hidup

Project Winter adalah prototype awal yang sedang ingin dicoba olah para developer. Dan di masa yang akan datang, konsepnya mungkin akan semakin dicontek atau dikembangkan oleh para pesaing-pesaing lain yang membutuhkan tren sebagai bahan ketergantungan mereka.


4. Kebangkitan game-game ala Left 4 Dead

Pihak Gaben memang sedang malas untuk melanjutkan seri-seri game potensial mereka yang sebenarnya punya banyak beragam magnet keseruan, salah satu contohnya adalah Left 4 Dead. Namun di tahun 2019, menariknya mulai banyak pihak developer yang kini diam-diam mengopi dasar formula dari game survival co-op zombie tersebut.

Setelah di tahun kemarin ada Warhammer Vermintide yang dieksekusi dengan tema fantasi beserta rolenya yang sangat RPG sekali, sekarang ada lagi kemunculan game-game survival yang menitikberatkan pada unsur kerja sama kuat seperti yang ada pada Generation Zero, GTFO, dan The Black Out Club. Kapabilitas ketiga game berikut dalam mendobrak derasnya MOBA dan game-game Battle Royale memang masih agak diragukan, tetapi  banyak pihak developer pastinya akan menjadikan itu sebagai salah satu rencana cadangan dalam memberi kesegaran baru bagi para gamer.


5. Game ala Harvest Moon, tapi multiplayer

Percaya tak percaya, kedahsyatan genre Life Sim akan selalu setia membayangi kegemerlapan dunia industri game. Inovasi luar biasa Stardew Valley dalam menciptakan  mode multiplayer telah menjadi blueprint awal yang siap membawa efek kelegendaan Harvest Moon terpapar kembali ke komunitas para gamer. Melakukan aktivitas bercocok tanam sambil bersosialisasi serta melakukan transaksi bersama dengan para player-player lain jelas merupakan kumpulan fitur-fitur menggiurkan yang dapat menjadikan genre ini sebagai bentuk kehidupan kedua.


6. Party Game

Ingat Bishi Bashi, atau game mirip monopoli dengan beragam varian gameplay mini game yang sangat begitu intuitf sekaligus mengocok perut bila dimainkan secara ramai-ramai ? Ya, game-game semacam ini punya potensi perkembangan yang luar biasa untuk diperkenalkan di hadapan para gamer bila ada pihak-pihak developer yang sadar akan hal tersebut. Konsep yang dibawakan tergolong ringan dan kasual untuk disukai oleh siapa saja (termasuk non gamer) yang membutuhkan teman bermain.


7. CTR styled racing

Keikonikan Crash Team Racing telah menjadi bentuk pengingat yang luar biasa bagi beberapa pihak-pihak developer atau publisher, khususnya seperti Garena dan Timi Studio. Lewat inspirasinya dari game ikonik PS1 tersebut, mereka telah merilis suatu game balapan mobil serupa dengan track unik dan item-item menarik yang bisa diaplikasikan saat sedang berbalapan. Berjudul Speed Drifters, game ini mungkin akan menjadi katalis awal bagi para gamer-gamer mobile untuk mulai mawas terhadap hal unik yang ingin mereka eksplor di dalam platform yang sedang mereka geluti.


8. Sports

Dari tahun ke tahun, genre olahraga selalu banyak diminati tetapi jarang meraih tempat tertinggi di dalam dunia video game. Di tahun 2019, EA selaku pihak yang dikenal paling giat dalam memunculkan game-game bertemakan olahraga, perlahan mulai sedang meraba-raba apa bentuk potensi yang bisa mereka gali dari genre tersebut. Suatu hal yang mungkin akan membuat para gamer di seluruh dunia secara positif kaget kepada mereka adalah inovasi yang mampu mengakomodir secara realistik kebutuhan banyak gamer untuk berkompetisi dan berkomunikasi satu sama lain.

Jika bermain video game sepak bola pada dasarnya bisa dimainkan oleh 2 pemain, atau mungkin 4 dalam konteks coop 2 lawan 2, coba bayangkan apabila 11 gamer di saat yang bersamaan bisa langsung bersepakbola secara virtual melawan para 11 gamer yang lain. Mirip seperti formula yang sudah sukses diadaptasikan pada game Rocket League, 11 pemain masing-masing akan mempunyai rolenya sendiri, baik itu sebagai pemain sayap, penyerang, bek, gelandang, hingga kiper sekalipun. Begitu juga bila ada update peran untuk para pemain cadangan, pelatih (tactician) hingga wasit yang bisa dikendalikan oleh sesama player.

 

Apabila EA mampu gencar untuk memperkenalkan hal yang sudah sempat diaplikasikannya tersebut dalam wadah yang lebih efisien (apalagi di platform mobile), bukan tidak mungkin jika jutaan pasang mata akan mulai menaruh perhatian yang sangat luar biasa mengalahkan rasa perhatian mereka terhadap DOTA, ataupun PUBG.


Demikianlah asumsi “sok tahu” kami tentang genre-genre apa yang sekiranya dapat mengganti atau malah saling bersandingan dengan genre MOBA ataupun Battle Royale yang sering kamu mainkan saat ini.

Adakah genre lain yang sudah ada atau berasal dari imajinasimu sendiri yang ingin kalian ungkapkan kepada kami semua ? Coba kalian tulis di kolom komentar Facebook jika kalian memang merasa punya banyak wawasan seputar dunia game setelah membaca beragam rubrik list kesayangan kami.


Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item