Sepi Pemain, Square Enix Tak Lagi Beri Dukungan Update untuk Dissidia Final Fantasy NT

ss 4351dec6900fb4959798f0f66c56a0280fc3ec3e

Gamenya akan segera “mati” ?

Membawa kepopuleran nama seri “Dissidia” memang adalah satu-satunya hal yang sempat diperhatikan dari keberadaan game satu ini. Sebagai game fighting spinoff dengan berbagai penjuru karakter antagonis maupun protagonis Final Fantasy, versi originalnya di PSP sendiri justru menjadi satu patokan penting yang para fans harap bisa mereka saksikan lagi dalam versi HD melalui judul Dissidia Final Fantasy NT. Alih-alih diharap bisa memberi kualitas ekstasi bermain yang serupa, game ini sayangnya justru malah berkesan flop.

Pertama kali rilis untuk mesin arcade di tahun 2015 dan baru mulai diangkat ke platform PS4 dan PC (via Steam) pada beberapa tahun setelahnya, hingga saat ini, Dissidia Final Fantasy NT masih belum bisa mengangkat derajatnya di depan para pemain. Meski dengan iming-iming free to play dan update karakter baru sekalipun, padanan konsep multiplayer PvP 3 lawan 3 yang dibawa oleh game yang katanya ingin “Go Esports” tersebut seolah telah menjadi masalah yang nampak terlanjur kronis untuk diperbaiki.

Sehingga pada acara livestream terkininya kemarin, Square Enix akhirnya terpaksa harus mengibarkan bendera putih untuk game ini. Mereka baru saja mengumumkan bila game Dissidia Final Fantasy NT sudah tidak lagi akan mendapat update-update yang berkala sekaligus mengkonfirmasi tamatnya dukungan pengembangan yang bisa diberikan baik itu di platform Arcade, PC dan PS4.

Tanpa prakiraan waktu yang pasti, server online dari game ini memang masih tetap bisa hidup walau tidak akan berlangsung selamanya. Dan Square Enix sayangnya masih belum punya rencana untuk bersedia mengembangkan franchise Dissidia ke dalam sebuah seri baru. Dengan gugurnya Dissidia Final Fantasy NT, praktis hanya seri Dissidia Opera Omnia saja yang memang nampak tetap mampu bertahan walau hadir dengan konsep gameplay yang lebih jauh berbeda dari Dissidia original maupun Dissidia NT.

Game yang rilis secara free to play di platform Android dan iOS tersebut malah Square Enix jadikan sebagai game RPG dengan konsep pertarungan Turn Based. Meski harus bergantian dalam menyerang, game ini masih menyimpan ciri khas ala Dissidia di dalamnya. Terutama dari fitur dasarnya untuk menyerang musuh dengan menggunakan Brave maupun HP Attack.

Sumber: Livestream (via vg247)


Baca pula informasi lain terkait Dissidia Final Fantasy NT, beserta dengan kabar-kabar menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

Exit mobile version