Setelah Drama dengan Pewdiepie, Firewatch Dapat Banyak Review Negatif di Steam

in , ,

Salah satu kontroversi yang tengah ramai dibicarakan pada minggu ini kembali melibatkan salah satu Youtuber paling disukai-dibenci – Pewdiepie. Karena kalalaiannya dengan tidak sengaja mengucapkan kata rasis ketika live-streaming, Pewd mendapat kecaman dari berbagai pihak. Dan salah satu respon yang paling besar tentunya datang dari pihak pengembang game Firewatch yang mengecam tindakan yang dilakukan Pewdiepie tersebut dengan melakukan DMCA takedown ke video Let’s Play dari Firewatch yang ada di channel Pewdiepie. Pria bernama asli Felix ini sendiri sebenarnya telah merilis video permintaan maaf setelah kejadian tersebut.

 

Namun ternyata drama terus berlanjut, dan kini sebuah serangan balik dialami oleh Firewatch. Bukan dari Felix langsung melainkan dari para gamer atau setidaknya para fans Pewd yang juga pemilik game Firewatch yang kini mulai menghiasi halaman Steam game tersebut dengan review negatif. Kebanyakan review negatif yang dikirimkan merupakan reaksi terhadap tindakan pengembang Campo Santo yang dianggap sebagai DMCA abuse yang seharusnya tidak dilakukan oleh mereka.

Untuk sekarang gelombang review negatif yang muncul tidak mempengaruhi status review Firewatch secara overall. Hanya saja kini status recent mereka berubah menjadi mixed. Namun tentunya akan mulai berpengaruh ketika semakin banyak orang yang memberikan review negatif kepada game tersebut. Di lain pihak, tidak ada tanggapan apapun baik dari Campo Santo yang biasanya diwakili oleh Sean Vanaman ataupun dari Pewdiepie mengenai hal ini.  Entah apakah drama ini akan berlanjut semakin parah ataukah akan reda dan ada penyelesaian secara baik-baik antara kedua belah pihak untuk meredam para netizen.

sumber: pcgamer

 

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]