Sony Patenkan Sistem Liquid Metal untuk Pendingin PS5

in ,
Ps5 2

Saat ini konsol generasi baru saling bersaing dengan ketat. Baik PS5, maupun Xbox sama-sama menunjukan keunggulan teknologi, fitur serta judul game. Menariknya Controller dari keduanya sudah ditampakkan ke publik dan memperoleh tanggapan dari fans masing-masing. Meskipun sampai saat ini belum ada kejelasan resmi terkait tanggal rilis dari keduanya.

Dilansir dari Gamerant, Sony patenkan sistem liquid metal untuk pendingin PS5. Sebelumnya konsol Playstation menggunakan sistem pendingin berupa kipas. Namun, hal tersebut selalu diprotes karena mendapat suara bising dari kipas. Sony kemudian mematenkan sistem Liquid Metal untuk pendingin PS5. Di mana liquid metal tersebut akan mencair saat konsol dinyalakan untuk mendinginkan konsol.

Liquid Metal yang dicairkan akan menggantikan pelumas yang terletak di antara chip semikonduktor dan radiator sistem. Menurut paten, logam akan menurunkan resistensi termal antara dua bagian konsol ini. di mana akan meningkatkan kinerja pendinginan chip semikonduktor, pencairan juga akan memanfaatkan pencairan dari semikonduktor. Hal tersebut juga tidak akan bocor karena telah diawetkan dengan resin ultraviolet.

Oleh karena itu, pemaparan di atas memberikan gambaran Sony patenkan sistem Liquid Metal untuk pendingin PS5. Hal ini menjadi langkah yang cukup baik untuk menggantikan sistem pendinginan dari kipas. Namun, sistem ini belum ditunjukan ke publik. Keandalannya mungkin akan diuji saat PS5 rilis nanti.


Baca juga artikel artikel lainnya di Gamebrott atau artikel video game menarik lain dari Aru Akasa.

 

Avatar

Written by Ali

Penulis amatir yang menjadikan Gamebrott sebagai tempatnya latihan menulis, Akhirnya ia memberanikan diri menulis blognya yang berjudul meongeden.com