Spek Rakit PC Gaming 3 Jutaan Terbaik Tahun 2023, Cocok untuk Mabar!

Rakit Pc Gaming 3 Jutaan

Rakit PC Gaming 3 Jutaan – Merakit sebuah PC atau komputer dengan budget terbatas merupakan aktivitas yang menuntut ketelitian dan riset yang relatif lama. Kita juga harus mengecek satu per satu komponen yang tepat supaya tidak terjadi ketimpangan antara satu komponen dengan yang lainnya.

Salah satu contohnya adalah rakitan PC dengan dana 3 Juta, yang mungkin akan sedikit menantang untuk dilakukan. Karena ada saja yang menuntut semua komponen serba baru, dan ada juga yang tidak mempermasalahkan kombinasi komponen baru dan bekas untuk memaksimalkan komputasi alias yang penting bisa digunakan.

Melalui artikel ini, kami akan coba hadirkanmu spek rakit PC gaming 3 Jutaan terbaik di tahun 2023 yang cocok untuk temanimu main game bersama teman dan menikmati indah dan luasnya dunia game saat ini.

Rakit PC Gaming 3 Jutaan yang Cocok untuk Main Game

Inilah semua komponen yang kamu butuhkan ketika akan rakit PC 3 Jutaan versi Gamebrott.

Disclaimer:

Untuk memaksimalkan alokasi dana, kami akan memasukkan kombinasi komponen baru dan bekas. Kalian bisa saja memilih untuk merakit komputer ini dengan komponen serba baru, namun kalian mungkin hanya akan mendapatkan spesifikasi ala kadarnya dan kami rasa akan kurang cocok untuk main game di tahun 2023.

Prosesor

Intel Core i7-4770 (4C-8T)

Walau kita hanya rakit PC gaming 3 Juta, namun kami rasa prosesor quad-core adalah sebuah keharusan. Kami merekomendasikan prosesor Intel Core i7-4770 yang sudah memiliki 4 core dan 8 thread. TDP-nya pun termasuk kecil, di kisaran 85W.

Alasan kami merekomendasikan prosesor lawas ini tidak lain dan tidak bukan untuk mengejar price to performance, karena hampir tidak ada prosesor serupa yang mampu menyaingi prosesor ini, terutama dari banderolnya yang hanya 625 Ribu Rupiah saja.

Motherboard

Mobo Asus H81M-K

Komponen inti berikutnya saat kita akan rakit PC adalah motherboard. Karena kita diharuskan untuk menekan budget dan mendapatkan kualitas yang terbaik, mungkin kalian bisa mempertimbangkan Asus H81M-K. Mungkin kalian bisa melirik brand Kaizen karena sudah ada slot M.2 NVMe, namun kualitasnya masih dipertanyakan.

Motherboard Asus ini dibanderol 600 Ribu Rupiah, yang artinya termasuk murah di kelasnya. Walau belum memiliki slot M.2 NVMe, namun kualitas dari brand ini tentunya tidak usah kalian ragukan.

Memori

DDR3 8GB dari SK Hynix

Walaupun kalian hanya gunakan komponen lawas, bukan berarti kita harus kombinasikannya dengan memori pas-pasan. Sesuai standar komputer yang kami buat pada awal tahun, kami merasa memori 2x8GB DDR3 pastinya lebih dari cukup untuk temanimu main game dan produktivitas.

Harga memorinya pun sudah sangat murah. Untuk tiap kepingnya, kamu hanya perlu keluarkan 115 Ribu Rupiah, dengan total 230 Ribu Rupiah untuk dua kepingnya. Kami tidak menyarankan untuk membeli kit 2x4GB karena selisih harganya terlalu sedikit dengan selisih kapasitas dua kali lipatnya.

SSD

SSD Genuine 128GB

Sama halnya urusan penyimpanan, untuk menekan budget kami sarankanmu untuk beli SSD dengan kapasitas 128GB untuk sistem operasi, dengan SSD 512GB atau HDD 1TB untuk menyimpan data penting. Harganya saat ini juga sudah murah-murah.

Contohnya SSD merk Genuine 128GB, harganya hanya sekitar 130 Ribu Rupiah saja. Untuk menyimpan data atau koleksi game, kalian bisa gunakan HDD 500GB yang hanya dibanderol sekitar 80 Ribu Rupiah. Dengan bedakan sistem operasi dan penyimpanan, maka kinerja komputer akan lebih stabil dan responsif.

PSU

PSU Deepcool PF550

PR berikutnya ketika kita harus merakit PC gaming 3 Jutaan adalah catu daya atau PSU dengan besaran daya yang sesuai. Bila kami total termasuk dengan rekomendasi VGA di bawah, total konsumsi dayanya ada di kisaran 375-400W. Artinya, akan ideal bila kita membeli PSU dengan daya 500-550W.

Kandidat terbaik untuk mengisi komponen ini ialah Deepcool PF550 80+ yang dibanderol 600 Ribu Rupiah. Alasan kami rekomendasikan PSU ini selain memiliki kualitas yang termasuk bagus, harganya juga tidak mencekik. Kami tidak rekomendasikan PF500 karena harganya hanya terpaut 50 Ribu Rupiah saja.

VGA

VGA TarasQ RX 580 8GB DDR5

Sebenarnya sangat sedikit komponen menarik yang dapat kamu miliki bila kamu rencananya akan rakit PC gaming dengan alokasi dana terbatas. Mungkin rekomendasi yang akan kami berikan juga sudah dapat kamu tebak. Pilihannya hanya dua, beli baru atau beli bekas.

Bila kamu lebih memilih komponen baru, rekomendasi yang dapat kami berikan hanyalah Aisurix atau TarasQ RX 580 8GB yang dibanderol di 1 Jutaan Rupiah. Bila kedua kartu grafis tersebut dirasa tidak kredibel, alternatif lain yang dapat kamu pertimbangkan hanyalah GT 1030 2GB yang bisa kamu dapatkan dengan harga yang sama.

Casing

Case Raptor 1501

Meski kita hanya merakit PC gaming dengan budget seadanya, bukan berarti kita harus tampil apa adanya, toh ada banyak sekali case di luar sana yang dapat kamu sesuaikan dengan preferensi.

Salah satu rekomendasi kami adalah POWERUP Raptor 1501 yang dapat kalian beli dengan mengeluarkan dana 250 Ribu Rupiah. Walau ukurannya mungil, namun kalian dapat menambahkan 2 intake fan, termasuk 1 exhaust fan untuk menjamin suhu komponen di dalamnya tetap adem.

HSF dan Case Fan

HSF Jonsbo CR-1400

Untuk mendinginkan panas dari prosesor i7-4770 dengan TDP 85W, kami rekomendasikan Jonsbo CR-1400 yang sudah gunakan mounting modern dan bukan model klip yang beresiko merusak motherboard. Harganya termasuk murah untuk pendinginan yang ditawarkannya, yaitu di 180 Ribu Rupiah.

Sedangkan untuk case fan, kalian bisa mencari fan ukuran 12cm sebanyak tiga biji yang dapat kalian beli dengan total 45 Ribu Rupiah. Walau tidak memiliki RGB, namun setidaknya kita mencari fungsinya, yaitu untuk menjamin sirkulasi udara di dalam case untuk tetap terjaga.

Bonus: Jangan Berekspektasi Terlalu Tinggi!

Ketika kita berencana untuk merakit PC gaming 3 Juta, alangkah baiknya untuk tidak berekspektasi terlalu tinggi, karena dana yang kita keluarkan tidak dapat membohongi kemampuan dari komputer yang kita rakit.

Namun, dengan segenap niat dan tentunya dana, kami cukup yakin spek rakit PC gaming 3 Jutaan ini termasuk salah satu yang terbaik untuk kalian pertimbangkan di tahun 2023. Kombinasi prosesor, memori, dan kartu grafis yang tergolong kuat ini tentunya akan menjamin akan mainkan game dengan lancar.

Gimana menurutmu, brott? Apakah kamu tertarik untuk mengikuti rekomendasi dari kami, atau kamu ingin berkreasi dengan referensi yang kami hadirkan ini? Yuk bisa yuk rakit PC di tahun 2023!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version