Studi Baru Ungkap SSD Bisa Lebih Boros Daya Dibanding HDD

Ssd Bisa Lebih Boros Daya

Mungkin tidak terpikir dibenak kalau SSD lebih boros daya dibandingkan dengan Harddisk. Patut diwajarkan, secara logika saja, HDD memang mempunyai bagian mekanis yang membuatnya bisa berputar untuk mengakses dan menyimpan data.

Sedangkan untuk SSD tidak memiliki semua itu dan hanya mengandalkan chip flash sebagai media penyimpanan. Tidak ada komponen tambahan yang diperlukan didalamnya. Namun, ternyata anggapan ini salah bila menurut sebuah riset provider storage.

Ternyata QLC SSD Bisa lebih Boros Daya Dibanding Harddisk, Menurut Studi

SSD dan HDD

Menurut studi dari Scality, perusahaan tersebut merilis riset yang mereka lakukan dan ternyata HDD berkapasitas tinggi lebih hemat dari dibanding SSD bertipe QLC dengan kapasitas yang juga mirip-mirip.

Sebagai perbandingan mereka menggunakan Micron 6500 ION 30,72TB QLC SSD dan dibandingkan dengan HDD dari Seagate Exos X22 22TB 7200RPM. Mereka pun menilai seberapa besar daya yang digunakan oleh kedua media penyimpanan tersebut.

Konsumsi daya dalam hitungan Watt (Sumber: Scality)

Mereka menggunakan 2 metode dalam pengetesan. Metode pertama ditujukan untuk pengetesan reading di 10% idle, 80% read, dan 10% write. Hasilnya HDD menggunakan daya 8,7 Watt dan SSD 14,5 Watt.

Sedangkan metode kedua yang mereka gunakan adalah 10% idle, 80% write, dan 10% read. HDD hanya menggunakan daya 6,6 Watt dan SSD 18 Watt ketika sedang menjalankan write. Dimana itu berarti untuk read saja, SSD menggunakan daya 40% lebih banyak dan ketika write menggunakan 63% lebih banyak daya dibanding HDD.

Kebanyakan Pengguna Tidak Perhitungkan Daya ketika Memilih SSD atau HDD

HDD dalam NAS

Walau kebanyakan orang tidak memperhitungkan kalkulasi daya ketika memutuskan untuk membeli storage di zaman sekarang. Hal ini bisa dijadikan acuan seberapa daya digunakan ketika pengguna bermaksud untuk merakit server mereka sendiri dan mempertimbangkan seberapa besar power supply yang mereka butuhkan.

Belum lagi soal sekarang kebanyakan game sudah mewajibkan untuk menggunakan SSD sebagai media penyimpanan. Mau tidak mau, gamer sudah harus mulai berangsur pindah dari Harddisk kalau masih mau memainkan game AAA terbaru.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version