Super Smash Bros Ultimate Kini “Playable” dengan Emulator Yuzu


Nintendo Switch merupakan console yang masih “baru” tetapi sudah lebih awal mendapatkan emulator dibandingkan console rival yang telah beredar lebih lama. Dinamai Yuzu Emulator, program ini telah dikembangkan beberapa bulan setelah Switch rilis dan hingga saat ini progresnya terus berkembang pesat. Beberapa game first-party seperti Super Mario Maker 2 dan baru-baru ini Animal Crossing: New Horizons telah masuki tahap “playable” dari hari pertama game rilis, tetapi dari seluruh game Switch yang ada, Super Smash Bros Ultimate menjadi salah satu yang paling sulit diemulasi.

Hampir 2 tahun setelah game dirilis, game fighting yang libatkan banyak karakter ikonik industri game ini akhirnya “playable” lewat update terbaru. Tentunya emulasi masih jauh dari ideal, glitch visual masih rentan terjadi dan game masih optimal dimainkan untuk 2 pemain saja, tetapi tetap saja progres yang dihasilkan sangat luar biasa dan besar kemungkinan emulasi akan menjadi sempurna dalam waktu dekat.

Melihat ini emulator dari console terbaru, kamu akan butuh spesifikasi yang lumayan tinggi. BSOD Gaming merupakan Youtuber yang paling sering membahas topik emulator seperti ini dan dari video hasil yang ia perlihatkan, berikut spesifikasi PC yang ia gunakan:

  • i3 8350k @ 4.6ghz
  • 16gb DDR4 3200Mhz RAM
  • EVGA GTX 1070
  • 256gb NVME M.2 SSD