Terlalu Mencurigakan, Pendanaan Kickstarter Game MMO ala GTA V Ini Resmi Dihentikan

in ,

Targetnya terkesan tak masuk akal ?

Setelah diterpa kasus Shenmue 3, Kickstarter nampak mulai lebih ingin berhati-hati lagi dalam mengecek sejumlah proyek game yang sedang didanakan ke dalam lapaknya. Kebetulan, mereka pun baru saja menemukan satu keanehan yang seolah memaksa Kickstarter harus mengambil sikap tegas.

Satu game MMO ciptaan Killerwhale Games yang berjudul “RAW” ini sangatlah begitu dicurigai oleh mereka. Sebagai game yang kabarnya ingin memberi pengalaman gameplay ala GTA Online namun dengan lebih detil dan realistik, target dana yang pihak developer canangkan di sana rupanya telah menjadi satu bumerang untuk mereka.

https://youtu.be/i5f9BH0w4Iw

 

Setelah kamu melihat trailernya di atas, game ini memang punya konsep yang sangat ambisius. Seolah ingin menyaingi keberadaan GTA Online, dalam RAW kamu bisa bermain sebagai warga sipil dengan peran pekerjaan yang luas seperti kehidupan nyata. Dengan map open world seluas 400 km persegi, kamu sebagai pemain juga dianugerahi fitur untuk bisa membeli tanah, membangun bisnis, gedung, sampai mengelola struktur pemerintahannya sekaligus.

Kamu pun juga bisa memilih untuk bertindak menyimpang dengan menjadi kriminal atau taat pada aturan-aturan yang ditetapkan oleh sesama playermu yang punya kedudukan lebih tinggi. Namun yang menjadi masalah, pihak Killerwhale menetapkan satu target dana yang sama sekali tidak realistis. Dengan status sebagai developer yang beranggotakan dua orang saja, mereka hanya mematok dana minimum sebesar $78.906.

Bila pengembangan GTA V saja bisa memakan biaya sebesar $100 juta lebih, agaknya jelas mustahil bila game seperti ini dapat dibuat dengan modal yang sekecil itu.

Meski para backer sukses mendanai game RAW hingga mencapai angka $193.546, pihak Kickstarter akhirnya terpaksa harus memberhentikan proyek pendanaan game yang dijanjikan siap rilis di platform Steam ini (Bukan eksklusif Epic Games Store) melalui penjelasan FAQ-nya.

Pihak Killerwhale sendiri rupanya ketahuan tidak jujur dalam menjabarkan perincian modal yang mereka butuhkan. Dimana mereka tertangkap basah menginfokan bahwa dana sekitar $70.000 itu belumlah cukup dan telah lama mempunyai sumber pendanaan lain secara multi tahap selain dari platform Kickstarter.

Sebenarnya banyak developer game yang setelah berhasil mentas dari Kickstarter, masih tetap memerlukan kembali tambahan dana untuk bisa memperkerjakan sejumlah tenaga hingga menyempurnakan berbagai aspek di dalam game mereka sendiri. Untuk kasus Killerwhale, mereka nampak telah keceplosan mengaku bahwa mereka masih belum mampu menyelesaikan game buatannya dengan dana yang sudah dicanangkan. Bagi pihak Kickstarter, hal ini sudah sangat melanggar ketentuan komitmen yang sudah ditetapkan dalam halamannya.

Proyek game Raw ini kabarnya sudah lama dikembangkan sejak 2 setengah tahun yang lalu. Developer Killerwhale sendiri mengungkapkan bahwa mereka cukup kecewa dengan sikap Kickstarter yang tanpa sedikit pun peringatan, langsung menghentikan proyek pendanaan.

Untuk sementara, Killerwhale sedang berfokus untuk mencari tambahan tenaga demi memulai proses pengerjaan beserta dengan perilisan contoh demo gameplaynya. Melalui statement yang sudah mereka kemukakan di channel Discordnya, Killerwhale masih tetap tak mau menyerah dan ingin menggalang dana kembali di platform lain seperti Indiegogo hingga website resmi mereka sendiri.

Sedangkan khusus untuk para backernya di kickstarter. Karena proyek Kickstarter game RAW ini telah disuspend dalam waktu yang tidak ditentukan sebelum masa penggalangannya selesai, uang yang sudah mereka sisihkan masih bisa dikembalikan alias tidak akan hilang begitu saja.

Sumber: PCgamesN


Baca pula informasi menarik lain seputar dunia video game dari saya, Ido limando.

 

Ido Limando

Written by Ido Limando

Just an ordinary gamer who currently in love with Warframe. Also Football, Badminton, and Pro Wrestling enthusiast. Contact: [email protected]