[Opini] Mengapa The Sims 3 Menjadi Game Terbaik di Serinya?

The Sims 3 Game Terbaik

The Sims 3 Game Terbaik — Serial The Sims milik EA ini sudah tak diragukan lagi ketenarannya sebagai salah satu game life-simulation terbaik. Apabila seseorang bertanya game simulasi apa yang bagus, maka The Sims akan masuk ke dalam jajarannya.

Game ini sudah menggaet banyak pemain sejak tahun 2000-an dan terus mendapatkan perkembangan dan melahirkan banyak seri seiring berjalannya waktu. Dari setiap seri dan installment yang diluncurkan, pastilah ada seri yang pantas menduduki kursi tertinggi sebagai seri terbaiknya.

Mengapa The Sims 3 Menjadi Game Terbaik di Serinya?

Mengapa The Sims 3 Menjadi Game Terbaik di Serinya?

Jika dilempari pertanyaan: “Seri The Sims mana yang menurutmu terbaik?”, jawaban saya jatuh kepada game The Sims 3. Tentu saya harus beri pengingat bahwasanya ini adalah opini pribadi belaka sebagai pemain The Sims 1, 2, 3, 4 dan beberapa spin off-nya.

1. Open World

Tentu, yang menjadi poin plus plus plus plus dari seri ketiga The Sims ini adalah kehadirannya open world-nya. Dapat dikatakan pula sebagai elemen yang paling disayangi di The Sims 3. Ketika pemain bisa mengikuti kemanapun karakter Sim kita pergi adalah yang paling dirindukan.

Dengan hadir sebagai game open-world, artinya pemain tidak perlu bertemu dengan banyak loading screen ketika karakter berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain. Sayangnya open-world ini tak dihadirkan di The Sims terbaru dimana ketika pergi ke rumah tetangga yang hanya berjarak lima langkah saja harus dihalangi dengan loading screen terlebih dahulu.

2. Alat Transportasi yang Interactive

Ada mobil!

Salah satu fitur yang juga sangat disayangkan tidak hadir di The Sims 4 adalah eksistensi kendaraan atau alat transportasi yang interaktif. Mungkin karena The Sims 3 adalah game open-world, maka esensi-esensi kecil (namun berimpact gede) seperti mobil atau sepeda adalah hal yang paling dirindukan.

Dengan adanya alat transportasi yang interaktif seperti ini, maka genre life-simulation yang dibawakan oleh The Sims menjadi lebih realistis dan masuk akal. Maka, harapnya The Sims 5 kelak bisa bawakan elemen ini kembali agar gameplay menjadi lebih seru.

3. Mode CAS Lebih Luas

Color Wheel yang bikin kreatifitas tanpa batas

Jika boleh saya katakan, The Sims 3 sangat cocok untuk para simmer dengan jiwa artistik yang tinggi. Atau untuk para pemain yang ingin menuangkan kreatifitasnya ke dalam desain karakter di sini.

The Sims 3 hadir dengan mode CAS (Create-A-Sim / Create-A-Style) yang memiliki opsi desain yang luas. Contohnya adalah fitur color wheel yang bisa banget dipakai untuk menemukan warna atau gradasi yang kalian mau.

Selain desain tampilan karakter, traits atau personality karakter juga memiliki lebih banyak opsi yang tak terbatas. Selain itu, life goals-nya juga banyak banget pilihannya! Dengan adanya fitur ini, pemain memiliki opsi lebih luas untuk merancang karakter mereka.

4. Bahkan Bisa Desain Furnitur Sendiri!

Furnitur juga bisa dipermak!

Fitur color wheel yang ada di mode CAS, ternyata juga bisa kalian aplikasikan saat build mode, lho! Cuma di The Sims 3 kalian bisa otak – atik desain furnitur dengan motif sesuka hati kalian.

Kita ambil contoh gambar di atas. Gambar di sebelah kiri adalah kursi yang belum di permak sama sekali, dan di sebelah kanan adalah penampakan kursi yang sama yang telah didesain sedemikian rupa.

Artinya? Kalian bahkan memiliki akses untuk menuangkan ide kalian ke dalam rumah impian!

5. Tidak Banyak DLC, Tapi Gak Miskin Konten

Banyak isi dalam satu DLC

The Sims memang tak akan terlepas dari yang namanya per-DLC-an, maka The sims 3 bukanlah pengecualian. The Sims 3 memiliki 11 DLC saja untuk memperluas gameplay-nya, yang mana jika tanpa DLC pun, bukanlah perkara besar.

Satu DLC-nya saja sudah include banyak konten. Contohnya DLC Supernatural yang sudah menghadirkan 8 ras non-human untuk dicoba oleh pemain. Tidak seperti DLC yang ada di seri terbarunya yang saya rasa cukup milking dan pelit isi.

6. Sebagai Awal Mula Segala Event yang Terjadi di Timeline The Sims

Awal Mula Segala Event

Buat simmer akut, harusnya sudah ga asing lagi sama urutan timeline yang ada di serial The Sims. Nah, namun tidak untuk para pemain casual yang tak banyak tahu bahwa sebenarnya The Sims memiliki event atau kejadian khususnya tersendiri.

Telah dikonfirmasi pula bahwa The Sims 3 adalah prolog dari segala kejadian yang sudah terjadi di The Sims 1 dan 2. Kita langsung ambil contoh saja kejadian Bella Goth. Sebelum dia hilang di The Sims 2, kita bisa menemui Bella Goth yang masih belia di The Sims 3 dan bagaimana kedekatannya dengan Mortimer.

Tentu masih ada kejadian lainnya di The Sims 3 yang berkaitan dengan timeline The Sims 1 dan 2. Untuk The Sims 4 sendiri adalah Alternate Universe alias tidak ada sangkut pautnya dengan timeline di seri sebelumnya.

Itulah beberapa alasan mengapa The Sims 3 seri terbaik dibandingkan dengan seri lainnya. Perlu saya ingatkan kembali bahwa tulisan ini hanyalah opini semata dan masih bisa didiskusikan. Apakah brott-brott sekalian memiliki pendapat lainnya? Boleh bagikan di kolom komentar, ya!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait The Sims atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version