Tiga Brand Ternama Bakal Siap Gandeng GPU Intel Arc Alchemist

Intel Arc Alchemist

Saat ini, pasar GPU masih didominasi oleh dua raksasa yang sangat populer, yaitu NVIDIA dan AMD. Intel, yang awalnya hanya fokus memproduksi prosesor, kini ingin ikut meramaikan pasar yang terlihat menjanjikan tersebut. Langkah berani dari Intel ini, setidaknya membuahkan tiga brand ternama yang siap gandeng Intel Arc Alchemist, codename dari GPU teranyarnya.

Sempat Disinggung

Senior Vice Precident dan General Manager dari Accelerated Computing System And Graphics (AXG), Raja Koduri, pun angkat bicara. Seperti yang dikutip dari Wccftech, sebelumnya Koduri sempat diwawancari oleh awak media dari China mengenai GPU Intel Arc Alchemist ini.

Setidaknya, terdapat tiga brand ternama yang siap usung Intel Arc Alchemist dalam waktu dekat. Diantaranya adalah Asus, Gigabyte, dan MSI, yang merupakan tiga brand yang sempat disinggung dalam wawancara dengan Koduri sebelumnya.

Meski demikian, sampai saat ini belum jelas apakah ketiga brand tersebut akan usung desain bawaan, atau gunakan desain mereka sendiri. Pasalnya, seperti yang kita semua tahu bahwa ketiga brand tersebut cukup kreatif dalam membuat desain ala mereka sendiri.

Masih Dua Dari Tiga Brand

Meskipun di atas sebelumnya sempat dibahas bahwa ada tiga brand ternama yang siap gandeng Intel, namun hanya Asus dan MSI yang konfirmasinya. Kedua raksasa dalam dunia komputer tersebut dikabarkan memang serius dalam menjalin kerja sama dengan pihak Intel untuk rilis GPU terbarunya.

Lain halnya dengan Gigabyte, sampai saat ini mereka belum menentukan keseriusan mereka dalam menjalin kerja sama dengan raksasa biru Intel. Hal ini cukup disayangkan, karena Gigabyte juga cukup dikenal akan teknologi pendinginan yang efisien.

Keseriusan Asus dan MSI dalam menjalin kerja sama dengan Intel pun sudah mulai terlihat. Saat ini, Asus bahkan telah rilis varian arsitektur Iris Xe (DG1) yang terapkan single-slot passive design. MSI belum menunjukkan lampu hijau kepada Intel, namun berdasarkan laporan dari media China yang beredar, sepertinya kedua belah pihak sepakat.

Dengan turut sertanya Intel dalam meramaikan pasar GPU yang hanya didominasi dua kubu, kira-kira gimana kedepannya ya brott? Apa tanggapan AMD dan NVIDIA mengenai hal ini, terlebih bila sang pendatang baru mengalahkan produk mereka?


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version