7 Tips Ampuh Atasi PC Overheat Saat Main Game yang Bisa Kamu Coba Sekarang!

PC Overheat

Tips PC Overheat – Dari sekian banyak permasalahan PC, sepertinya masalah yang teknis seperti komponen PC overheat atau sejenisnya merupakan suatu problem yang cukup serius jika tidak ditangani dengan baik.

Terutama jika kalian bermain game, komponen penting seperti CPU atau GPU tentu akan menjadi panas. Perlu diingat, panas sendiri bukanlah suatu masalah yang serius, asal dalam batas kewajaran. Kalau status panasnya sudah diluar nalar dan berpengaruh ke performa PC secara keseluruhan, maka bisa dipastikan ada yang salah.

Seperti yang sudah kita bahas diatas, PC kepanasan ketika digunakan untuk bermain game adalah hal wajar. Selama panas masih dalam batas toleransi yang diizinkan oleh manufaktur komponen. Hanya saja panas yang tidak wajar ini yang jadi masalah terutama jika sudah sampai membuat PC throttle.

Throttle adalah kondisi dimana CPU atau GPU menurunkan kinerja mereka karena mendeteksi panas yang berlebih. Hingga membuatnya secara otomatis menurunkan kecepatan atau clock speed demi menjaga komponen tidak rusak karena panas.

Penyebab PC Overheat dan Tips Mengatasinya

Apa yang menyebabkan PC kepanasan

Karena panas yang berlebih ini bisa berpengaruh ke performa atau bahkan ketahanan suatu PC. Maka dari itu kita membutuhkan solusi untuk mengatasinya. Berikut ada beberapa tips ampuh yang bisa kalian gunakan untuk atasi PC overheat saat bermain game. Mari kita mulai brott.

1. Cek Suhu Komponen

Cek suhu

Sebelum memutuskan kalau kalian harus bongkar dan mencari solusi yang mungkin tidak ada, sebaiknya pastikan dulu kalau kalian memang mengalami overheat PC. Cara paling gampangnya adalah dengan memasang aplikasi pihak ketiga yang bisa memantau suhu seperti HWInfo atau sejenisnya.

Batas toleransi CPU agar bisa dikatakan sebagai overheat sebenarnya berbeda-beda tergantung jenis prosesor yang kalian gunakan. Tapi kalau sudah sekiranya mencapai titik suhu 90an sampai 100 derajat lebih, bisa dipastikan itu sudah masuk kategori overheat. Sedangkan kalau GPU batas wajarnya sampai di angka 80 derajat Celcius. Lewat dari itu, kalau terjadi penurunan performa gaming sudah berarti overheat.

2. Pasang Case Fan Tambahan

Gunakan casing fan

Kadang bukan masalah komponen utama yang buat PC kepanasan. Tapi lebih ke kalian tidak memperhitungkan pembuangan udara panas keluar. Maka solusi ini adalah dengan menambahkan kipas casing sebagai exhaust.

3. Cek Airflow Casing

Air flow jangan sampai salah

Sudah pasang kipas casing dan masih tetap overheat? Mungkin kalian tidak memperhatikan air flow atau aliran udara di dalam casing komputer dengan benar. Terutama posisi kalian memasang kipas dimana sebaiknya udara masuk ditarik dari depan dan bawah. Setelah itu, bagian pembuangan panas/exhaust biasanya diposisikan pada bagian belakang dan atas. 

4. Bersihkan Kipas dari Debu

Jangan lupa bersihkan debu

Maintenance PC adalah sebuah kegiatan yang harus kalian lakukan secara berkala. PC yang dibiarkan menetap di satu tempat tentu akan mengakumulasi debu. Begitu debu sudah tebal dan biasanya yang pertama kali perlu dibersihkan adalah kipas di HSF CPU dan GPU. Membersihkan kedua kipas ini dan juga kipas casing tentu akan membuat PC kalian jadi tidak kepanasan lagi.

5. Ganti Thermal Paste

Ganti thermal paste

Mengganti pasta prosesor setelah beberapa tahun pemakaian adalah hal yang wajib dilakukan. Terutama kalau PC yang kalian gunakan itu aktif dinyalakan. Thermal paste sudah dipastikan bisa mengering dan berkurang efisiensinya. Jadi cara terbaik adalah dengan mengganti pasta baru.

Untuk melakukannya, kalian harus membongkar HSF prosesor kemudian aplikasikan pasta. Kalau pasta di GPU tentu lebih sulit untuk dibongkar dan mungkin butuh bantuan khusus dari spesialis.

6. Perhatikan Suhu Ambient

Suhu ruangan juga harus diperhatikan

Kipas sudah bersih, pasta sudah baru, air flow sudah sesuai tapi masih panas? Coba cek kondisi ruangan tempat kalian menggunakan PC. Karena kondisi suhu ruangan sangat mempengaruhi suhu PC tinggi atau tidak.

PC perlu selalu di supply udara dingin dan membuang udara panas. Jika udara yang masuk ke casing juga hawa panas maka usaha yang digunakan bisa sia-sia. Pastikan suhu ruangan tidak terlalu panas ketika bermain game agar overheat bisa dihindari.

7. Cek Software yang Berjalan di Background

Cek software yang berjalan ada apa saja

Bisa jadi kalau cara diatas sudah kalian coba dan masih overheat, coba cek aplikasi apa saja yang berjalan di balik layar. Kalian bisa membuka Task Manager untuk melihat program apa yang sedang terbuka. Kalau dirasa program itu memakan resource terlalu besar dan tidak penting, sebaiknya ditutup saja.

Malware juga bisa jadi alasan mengapa PC panas. Solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah pasang anti-virus. Pastikan selalu waspada dalam berselancar di dunia maya agar terhindar dari malware merugikan.

Jadi itulah berbagai tips PC overheat saat digunakan bermain game. Apakah kalian punya cara lain yang juga bisa bantu atasi masalah ini? Coba beri komentar di bawah ya brott.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version