Tips Memilih TWS yang Perlu Diperhatikan agar Sesuai Kebutuhan Kamu

Tips Memilih Tws

Tips Memilih TWS – Mendengarkan musik adalah salah satu metode refreshing yang gemar dilaksanakan oleh berbagai lapisan masyarakat. Mulai dari yang sudah berumur hingga anak muda, mendengarkan musik dikala senggang bisa memperbaiki mood kamu. Apalagi jika kamu sedang stres, tentu mendengarkan musik sambil rebahan atau duduk santai adalah impian setiap orang.

Selain membutuhkan kenyamanan, aktivitas mendengar musik ini harus bebas dari gangguan apapun, termasuk kabel. Untungnya di zaman yang serba wireless ini sudah hadir jenis earphone tanpa kabel yang praktis. Benar, kali ini kita akan membahas soal TWS yang bagus dan belakangan ini lagi booming.

Tips Memilih TWS Biar agar Tidak Salah Pilih

Beberapa tips buat kamu tidak salah dalam memilih

Sudah ada banyak sekali merk TWS terbaik yang beredar. Mulai dari merk yang jarang terdengar hingga produsen smartphone juga berbondong-bondong merilis TWS versi mereka. Memilih yang terbaik diantaranya tentu bikin pusing. Apalagi jika kalian ditawari beberapa merk sekaligus dengan harga yang mirip-mirip.

Apa Itu TWS?

Apa itu True Wireless Stereo

Apa itu TWS? TWS adalah sebuah earphone tanpa kabel yang menggunakan Bluetooth sebagai koneksi utamanya. Mempunyai nama panjang True Wireless Stereo berarti perangkat ini benar-benar tidak memiliki kabel sama sekali kecuali kabel untuk pengecasan. Desain yang simpel menjadi inti utama perangkat ini diciptakan.

Nah, kalian berada di artikel yang tepat karena kali ini kami akan memberikan beberapa tips buat kamu yang lagi mencari TWS murah terbaik atau sekadar ingin menyarankan kepada kerabat. Apa saja sebenarnya yang harus diperhatikan biar sesuai dengan kebutuhanmu? Biar tidak memperpanjang pembahasan mari kita mulai saja, brott.

1. Spesifikasi

Perhatikan spesifikasi dasar

Tips yang pertama tentu adalah kalian harus kenal dulu spesifikasi seperti apa yang kalian inginkan dari incaran. Hal yang biasa diperhatikan adalah bagaimana ketahanan baterai dari TWS tersebut. Apakah dalam sekali pengecasan bisa digunakan selama yang kalian inginkan? Normalnya sebuah TWS yang bagus akan bisa bertahan 5 sampai 6 jam dari mulai baterai 100% hingga habis total. Semakin tinggi maka semakin baik kualitasnya.

Hal lainnya adalah bagaimana kualitas koneksi Bluetooth yang diusung. Apakah TWS tersebut setidaknya sudah menggunakan Bluetooth 5.0 atau lebih baru. Jika tidak sebaiknya kalian hindari atau cari dulu alternatifnya.

2. Kualitas Suara

Frequency response menentukan arah suara yang cocok buat kamu

Obrolan kali ini memang sangat subyektif yaitu soal preferensi suara yang kalian inginkan. Semua tergantung dari kalian menyukai jenis suara yang seperti apa. Apakah kalian lebih suka yang banyak bassnya, atau ingin yang vokalnya terdengar natural dan jernih, atau malah suka mendengar musik akustik yang ngecring? Tentu kalian bisa mencari review dulu bagaimana kualitas suara yang dihasilkan TWS tersebut. Namun jika bajet kalian tidak tinggi, kemungkinan pilihannya ya tidak akan banyak.

3. Desain dan Fitting

Pastikan fitting juga bikin betah dipakai lama

Estetika juga tidak kalah penting dalam memilih suatu barang. Selain harus sesuai preferensi, kalian juga harus pastikan yang kalian beli nyaman digunakan dan tidak gampang copot dari kuping. Jadi pastikan juga desain dan fitting sesuai dengan bentuk kuping kalian.

4. Fitur Extra

Fitur seperti ANC juga sudah sering hadir belakangan ini

Memang benar, tujuan utama membeli TWS ya agar lebih praktis dan tanpa kabel. Tapi jika hanya mengandalkan itu saja tentu persaingan jadi tidak seru. Jadi tentu banyak produsen yang memasukkan berbagai fitur unik ke dalam produk buatan mereka.

Sebut saja fitur low latency mode atau yang biasa dikenal gaming mode. Fitur ini bisa meminimalisir delay agar bisa digunakan untuk bermain game. Ada lagi fitur smart pairing terutama jika kalian membeli TWS yang mereknya sama dengan smartphone kalian. Ekosistem seperti ini membuat pairing ke smartphone jadi terkesan seamless. Hanya membuka case saja, TWS kalian sudah bisa di pair ke smartphone.

Fitur yang baru-baru ini sedang ramai dibicarakan dan sudah mulai banyak diaplikasikan adalah ANC atau Active Noise Cancellation. Sesuai namanya, fitur ini bisa menghilangkan suara dari luar dikarenakan suara tersebut di cancel dengan frekuensi terbalik. Jadi kalian bisa lebih imersif dan menghayati lagu ketika sedang mengenakannya.

Belum lagi apakah sudah memiliki dukungan codec yang terbaru seperti LDAC, aptX, dan LC3 juga perlu jadi pertimbangan. Walau ada beberapa pengguna yang tidak bisa merasakan bedanya dengan codec konvensional seperti AAC dan SBC, tetapi tentu lebih baik punya dan bisa merasakannya sendiri sebelum menilai.

5. Garansi

Pastikan ada garansi biar kalau rusak bisa klaim

Terakhir adalah soal garansi. Tidak bisa dipungkiri TWS adalah teknologi yang masih sangat baru dan bahkan belum mencapai umur 10 tahun sejak pertama kali hadir di Airpods milik Apple. Tentu dengan barang semungil ini kita membutuhkan proteksi dari kerusakan.

Salah satu caranya agar hidup terasa tentram adalah dengan membeli TWS yang punya garansi resmi tentunya. Biasanya manufaktur memberikan garansi hingga satu tahun, jadi selama pemakaian di jeda waktu tersebut jika memang terjadi masalah yang bukan dipicu oleh kalian, bisa saja mengajukan klaim garansi ke pusat servis atau bahkan ada yang langsung tukar unit baru.

6. Budget

Pastikan dompet cukup dalam, jika tidak incarlah yang budget minim namun bagus

Terakhir kita akan membahas soal budget. Hal ini tentu berbanding lurus dengan yang akan kita dapatkan. Hindari membeli produk yang diluar jangkauan budget dan berujung menyesal karena suaranya atau fitur lainnya tidak sesuai dengan ekspektasi.

Selalu bijak dalam menjadi konsumen apalagi benda elektronik yang akan selalu menurun nilainya. Pastikan sudah memikirkan matang-matang sebelum membeli agar tidak berujung kecewa.

Jadi itu saja yang bisa dibahas dari tips membeli TWS sesuai kebutuhan. Apa TWS pertama yang kalian punya atau masih setia dengan earphone berkabel, brott?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version