Todd Howard: Fallout 76 Dihadapi Banyak Masalah Saat Proses Pengembangan

in , , ,

Fallout 76 seperti yang kita tahu gagal di segala aspek. Mulai dari desain game yang banyak mengundang tanda tanya, penuh dengan bug serta glitch, segi teknis yang terkesan amatir, serta kontroversi lain seperti benda koleksi yang tidak sesuai yang dipromosikan dan privasi pemain yang sempat bocor, dan masih banyak lagi. Untuk studio besar sekelas Bethesda, tentunya perilisan game ini menjadi sesuatu yang memalukan dan merusak reputasi mereka. Setelah beberapa bulan rilis, sang produser eksekutif – Todd Howard akhirnya angkat bicara soal game ini.

 Howard akui apabila Fallout 76 menjadi game yang penuh dengan masalah saat dikembangkan. Melihat ini merupakan percobaan pertama mereka mengembangkan game multiplayer, tim developer dihadapi dengan banyak kesulitan saat kembangkan game.

“Fallout 76 adalah sesuatu yang benar-benar baru untuk studio kami. Kami tahu kami akan menghadapi banyak tantangan dari game ini, dan kami benar-benar punya beberapa masalah, beberapa diantaranya lebih sulit dari kami antisipasi. Ini memang menjadi sesuatu yang sangat baru dari proyek kami lainnya. Kami masih tetap pertahankan proyek yang lebih tradisional, sebagaiman saya memanggilnya, ‘game Bethesda’.”

Howard kemudian melanjutkan komentarnya akan game ini menjadi proyek terbesar mereka sejauh ini yang dimana melibatkan 4 studio langsung. Dia tidak menjelaskan secara detil akan masalah teknis seperti apa yang dihadapi saat pengembangan game, tetapi untuk saat ini mereka tidak mau menyerah begitu saja dengan masa depan Fallout 76 dan terus perbarui game agar menjadi produk yang lebih baik dan sebagaimana mestinya.

“Untuk yang satu ini, jujur saja, kami memang dihadapi banyak kesulitan saat proses pengembangan dan terkadang kesulitan tersebut tampak langsung di layar kami. Kamu takkan pernah mau hal tersebut terjadi. Kami berkembang sebagai studio, kami kini telah menjadi 4 studio berbeda mulai dari di Amerika Utara, satu di Rockville, Dallas, Montreal, dan ini merupakan game yang membutuhkan seluruh orang dari keempat studio tersebut.”

Meski dengan seluruh masalah dan kontroversi yang meliputi game ini. Howard ungkap bahwa game terjual dengan baik di pasar. Lagi-lagi, dia tidak memberi tahu secara detail seberapa baik performa game tersebut.


Baca berita lainnya terkait Fallout serta artikel lain dari penulis ini.

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.