[OPINI] Apakah Tombol Skip Genshin Impact Perlu Diimplementasikan dalam Game?

Skip Genshin Impact

Tombol Skip Genshin Impact Genshin Impact hadir sebagai game open world action RPG sejak tahun 2020 lalu. Game ini mulus dikemas dengan cerita yang kaya, epik, dan penuh dengan plot twist tak terduga. Tak hanya main storyline-nya saja, melainkan side quest dan kisah per karakter yang ada di dalamnya juga tak kalah menarik untuk dikupas bersama.

Dengan kisah epiknya yang dihiasi oleh cutscene yang tak kalah apik, masih juga komunitas perdebatkan: apakah perlu tombol skip Genshin Impact direalisasikan ke dalam gamenya? Mari kita bahas dan kupas bareng disini, brott.

Disclaimer: Artikel ini dibuat berdasarkan pendapat pribadi Penulis sebagai pemain Genshin Impact. Tulisan ini dibuat didasari oleh banyaknya gamer di komunitas menginginkan fitur tersebut hadir di dalam game. Sebagai salah satu Player, semoga tulisan ini bisa menjadi masukan dari perwakilan komunitas Player-nya.

Mengapa Tombol Skip Genshin Impact Menjadi Perdebatan?

Mengapa tombol skip genshin impact dirasa perlu?

Genshin Impact adalah game yang lahir dengan banyak cutscene dan dialog yang diperankan oleh banyak karakter di dalamnya. Adegan dan dialog yang muncul ini benar-benar membangun cerita sehingga membuatnya menjadi game yang sangat menarik.

Sejauh ini, Genshin Impact hanya menghadirkan tombol auto saja. Artinya, pemain tidak perlu klik-klik kanan untuk melanjutkan cutscene dan dialog yang tengah berlangsung. Cukup duduk manis saja sembari menyaksikan cutscene tersebut layaknya menonton sebuah film.

Akan tetapi, untuk sebagian pemain, khususnya pemain yang lebih fokus terhadap gameplay, benar-benar memerlukan kehadiran tombol skip sebab kehadiran cutscene ini dapat menjadi kendala atas kenyamanan mereka bermain.

Paimon yang cerwetnya gak ketolong!

Cutscene demi cutscene ini tentunya memakan waktu yang tak sebentar. Dan ini tentunya membikin pemain sudah ngerasa ‘mager’ duluan sebelum memulai. Terlebih lagi apabila Paimon juga ikut andil di dalam cutscene tersebut. Ini hanya sebagian contoh kecil saja mengingat Paimon adalah teman seperjalanan Traveler yang bacot dan cerewetnya bukan main.

Terkadang cutscene untuk melawan weekly boss pun cukup menganggu pemain, sehingga tidak sedikit gamer di komunitas ini meminta developer untuk menghadirkan tombol skip yang pastinya dirasa akan membantu mereka merasakan pengalaman bermain Genshin Impact yang lebih menyenangkan.

Nihilnya Tombol Skip Genshin Impact Membantu Pemahaman Lore

Membantu pemahaman lore

Kita tahu alasan utama mengapa Traveler rela berkelana ke seluruh semenanjung Teyvat adalah demi mencari saudaranya yang hilang. Setidaknya, itulah alasan utamanya. Namun, semakin kita melakukan progress cerita, maka semakin terungkap pula bahwa Traveler tak serta merta hadir hanya untuk menemukan saudaranya.

Semakin kemari, pemain disuguhkan segudang plot twist yang membikin rahang menganga tanpa ada duga sangka. Perjalanan Traveler tak hanya untuk menemukan saudara, melainkan menjadi pengungkapan tentang apa yang terjadi di Teyvat sesungguhnya.

Mungkin salah satu alasan ketiadaan fitur tombol skip di Genshin Impact ini adalah agar pemain dapat mengerti jalan cerita yang telah disusun oleh tim developer, khususnya tim penulis yang telah mengerahkan seluruh tenaganya untuk membangun jalan cerita yang luar biasa fantastis.

Mana tombol skip-nya?

Anggapan nihilnya tombol skip Genshin ini juga bisa dijadikan alasan agar seluruh pemain Genshin Impact dapat dengan mudah memahami jalan cerita yang telah disusun dan dikisahkan selama memainkan game ini.

Dengan banyaknya adegan tak terduga yang membuat menganga dan penuh kejutan yang tak disangka, tentu pemain harus memperdalam wawasan lore-nya melalui setiap cutscene yang ada. Sekaligus sebagai bentuk penghargaan kepada tim developer yang telah susah payah membangun jalan cerita sedemikian rupa.

Kesimpulan

Dirasa perlu

Tentu saja, ini bukan berarti tombol skip itu buruk atau seharusnya tidak ada. Untuk beberapa pemain, terutama mereka yang lebih fokus pada aksi dan pertarungan, tombol ini bisa sangat membantu.

Namun, bagi pemain yang lebih suka menikmati cerita dan dunia game, tombol skip ini mungkin tidak begitu berguna. Artinya, tombol skip memang dirasa perlu untuk pengalaman bermain yang lebih baik.

Apabila kamu seorang pemain yang lebih menikmati cerita dan alur cerita daripada pertempuran, maka kamu boleh banget ngobrol dengan tiap karakter, menyelesaikan misi dengan sabar, dengan menyaksikan setiap cutscene serta dialog yang dihadirkan dengan cermat. Dengan begini, kamu akan lebih intens tenggelam dalam dunia yang dibawakan oleh Genshin Impact tanpa menekan tombol skip.

Dan apabila kamu pemain yang doyannya gebuk-gebuk doang, maunya sat-set dan gak suka ‘neko-neko‘ tombol skip adalah pastinya sangat membantu kamu untuk menjalankan aksi dan menunjukkan kebolehan tim gaharmu itu dengan lebih cepat.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Genshin Impact atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version