Pengeluaran Membengkak, Twitch Menurunkan Resolusi Video di Korea Selatan

Twitch Menurunkan Resolusi Video Di Korea Selatan Header

Twitch Menurunkan Resolusi VideoPlatform streaming Twitch mengumumkan bahwa mereka akan menurunkan resolusi maksimal untuk video di platform mereka menjadi 720p. Penurunan ini hanya akan di terapkan di negara Korea Selatan. Apa alasan mereka menurunkan resolusi video di Korea Selatan? Yuk, kita cari tahu bersama!

Alasan Twitch Menurunkan Resolusi Video di Korea Selatan

Kenapa diturunkan, ya?

Melalui blog resminya, platform streaming tersebut menyampaikan akan membatasi resolusi maksimal video di platform mereka menjadi 720p. Adapun penyebab dari kebijakan ini adalah meningkatnya biaya operasional yang harus mereka tanggung di Negeri Gingseng tersebut. Pembatasan ini mulai diterapkan pada 30 September 2022 dan hanya akan diterapkan di Korea Selatan.

Dalam pengumuman disampaikan bahwa faktor yang mendasari keputusan ini adalah imbas dari perubahan kebijakan Pemerintah setempat terkait regulasi biaya layanan internet, khususnya kepada perusahaan luar negeri. Akibat dari kebijakan ini biaya operasional di negara tersebut membengkak.

Demi meminimalisir membengkaknya pengeluaran ini dan guna tetap mempertahankan operasional mereka, maka keputusan penurunan kualitas video pun diambil oleh platform streaming asal Amerika Serikat ini. Belum diketahui apakah kebijakan penurunan resolusi ini bersifat sementara atau permanen.

Apa Isi dari Kebijakan Baru Itu?

Kebijakan Terbaru Tentang Tarif Internet

Dalam setahun ini, Korea Selatan gencar menerapkan regulasi baru terhadap mekanisme penggunaan tarif internet khususnya untuk perusahaan yang bergerak di bidang streaming. Tidak hanya itu saja, platform lain yang menggunakan bandwidth yang sangat besar juga harus mengikuti regulasi ini.

Sebelumnya ISP merupakan pihak yang menanggung biaya dari bandwidth berlebih yang digunakan oleh Perusahaan menggunakan jasa ISP tersebut. Namun kini Perusahaan yang menggunakan bandwidth yang sangat besar atau menyebabkan network traffic loads besar tersebut akan secara langsung dikenakan biaya tambahan tersebut.

Dengan kebijakan ini, Perusahaan pengguna jasa internet memiliki dua opsi yaitu:

  1. Tetap mempertahankan konten dan pelayanan yang mereka tawarkan saat ini namun terpaksa menambah biaya operasional mereka sebagai dampak dari kebijakan yang baru.
  2. Menurunkan kualitas layanan mereka saat ini, yaitu dengan mengurangi resolusi video di platform mereka guna menekan jumlah trafik data agar dapat tak perlu menaikkan biaya operasional untuk kedepannya.

Melihat kondisinya maka opsi kedua lah yang saat ini diambil oleh Twitch.

Adanya perubahan regulasi terkait biaya layanan internet ini tidak hanya berdampak pada platform streamer ini saja. Akibat dari kebijakan ini, Perusahaan lainnya seperti Youtube dan Netflix dikabarkan akan mengkaji ulang bahkan mengurangi nilai investasi mereka di negeri yang terkenal dengan tren K-Pop ini sebagai bentuk penolakan terhadap kebijakan tersebut.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Twitch atau artikel lainnya dari Friliando. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version