UU Baru Uni Eropa Paksa Produsen Smartphone Gunakan Baterai Removable

Uu Baru Uni Eropa

Setelah beberapa tahun lalu Uni Eropa berencana untuk canangkan smartphone baterai mudah diganti. Tampaknya ide itu akan bisa direalisasi tak lama lagi dan akan memaksa produsen kembali gunakan smartphone yang punya removable battery.

Seperti yang kita ketahui, smartphone belakangan ini hampir semuanya menggunakan desain body yang tidak dikhususkan untuk dibongkar oleh orang awam. Dengan alasan demi waterproofing alias kedap air, produsen menggunakan lem perekat yang super lengket untuk menyegel cover belakang smartphone. Alhasil pengguna tidak bisa mengganti baterai mereka jika sewaktu-waktu rusak dan ngedrop.

UU Baru Uni Eropa Paksa Produsen Smartphone Gunakan Baterai yang Mudah Diganti Konsumen

Smartphone yang gampang copot baterai sudah hampir punah

Pada press release yang beredar tidak lama ini, parlemen di Uni Eropa mengumumkan kalau ada 587 suara yang setuju akan pengaplikasian desain smartphone baterai removable atau mudah diganti oleh pengguna.

Walau tidak mengisyaratkan maksud spesifik ‘mudah’ ini akan semudah apa, setidaknya kita bisa berharap kalau desain backdoor atau tutup belakang smartphone akan diubah seperti HP zaman dulu.

Penggantian baterai smartphone sekarang sangat rumit

EU atau Uni Eropa memang sedang gencar menerapkan Right to Repair alias hak untuk memperbaiki sendiri. Setelah belakangan ini banyak produsen smartphone yang semakin bandel dengan desain smartphone mereka yang membatasi bagian yang bisa di perbaiki jadi lebih sedikit.

Peraturan Ini Baru akan Berjalan Tahun 2027 Nanti

Berharap bisa kurangi limbah elektronik

Kekhawatiran Uni Eropa terhadap limbah elektronik yang semakin tahun semakin banyak jumlahnya karena pola konsumtif masyarakat perlu diatur lewat cara seperti ini. Karena sejatinya menyuruh massa untuk berhenti mengganti smartphone setiap 1-2 tahun sekali adalah hal yang mustahil. Maka cara paling efisien lainnya adalah mengurangi limbah di masa depan lewat 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

Hanya saja peraturan baru tentang baterai ini baru akan berlaku setidaknya 2027 nanti dan perusahaan besar seperti Samsung, Apple, dan lainnya masih punya waktu yang panjang untuk merancang desain baru yang sesuai regulasi. Berharap saja nantinya kita dapat kebagian jatah tersebut.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version