Valve: Kami Tidak Membicarakan Half-Life Karena Tidak Mengerjakan Gamenya

Half Life Alyx Header 1 1050 591 81 s c1
Valve akui bahwa mereka tidak mengerjakan Half-Life jika mereka tidak membicarakannya.

Hanya dalam hitungan bulan, Half-Life akhirnya kembali. Namun alih-alih merilis sekuelnya yakni Half-Life 3, Valve justru membuatnya dalam bentuk game VR berjudul ­Half-Life: Alyx yang diumumkan beberapa bulan yang lalu. Gamenya akan berikan cerita tambahan dari kisah game aslinya yang dirilis beberapa tahun silam. Sayangnya, “kejutan” kehadiran Alyx justru buat banyak fans bertanya kenapa Valve selama ini tutup mulut akan keberadaannya.

Melalui Reddit AMA (Ask Me Anything), Valve menjelaskan bahwa pengerjaan Half-Life tak miliki aturan seperti “tidak boleh membicarakannya sama sekali”. Mereka berdalih bahwa mereka tidak membicarakan Half-Life karena memang tengah tidak aktif mengerjakan gamenya.

Mereka juga menjelaskan bahwa beberapa pecahan dari gamenya yang bocor di internet selama bertahun-tahun dan indikasikan cerita Half-Life 3 merupakan konsep awal prototipenya saja. Tidak ada yang mengatakan secara tidak langsung bahwa hal tersebut akan menjadi game sepenuhnya. Pada kenyataannya, cerita Episode 3 dari Half-Life dibuat ulang dalam bentuk kisah fiksi fans oleh salah satu mantan developer Valve sekaligus penulisnya, Marc Laidlaw.


Munculnya rumor kegagalan mereka dengan Marc juga diklarifikasi oleh Valve. Mereka mengatakan bahwa tersebut tidak benar sama sekali. “Ia sangat murah hati saat pengembangan Half-Life: Alyx, menjawab semua pertanyaan dari Erik, Jay, dan Sean sembari menyelesaikan ceritanya. Kami mengirimkan email padanya dan Marc meresponnya, kemudian kami kembali membalasnya hingga 40 email”, imbuhnya.

Valve juga mengaku bahwa beberapa tim dari Alyx yang pernah mengerjakan Half-Life 1 merasa bahwa mereka telah melakukan sesuatu yang lebih baik di seri lawasnya. Mereka kemudian mengeceknya kembali untuk pengembangan Alyx. Salah satu hal yang menurut mereka telah kerjakan dengan lebih baik adalah AI soldier di Half-Life 1 yang kemudian mereka kembangkan di Combine Soldier yang akan muncul di Alyx.

Valve masih percaya diri untuk merilis Half-Life: Alyx bulan Maret nanti. Mereka memastikan bahwa mereka akan mengumumkan tanggal rilis pastinya jika telah siap. Sembari menunggu, kamu bisa memainkan semua seri Half-Life secara gratis selama dua bulan.


Baca lebih lanjut tentang Valve dan Half-Life: Alyx, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: akbar@gamebrott.com

Exit mobile version