Valve Mulai Atasi “Review Bombing” Usai Drama Firewatch dengan Pewdiepie

steam bomb

Keberadaan Steam Review terkadang berguna untuk membantu pemain memutuskan harus dia membeli game yang dia sedang lihat sekarang atau tidak. Tapi sejak pertama kali diperkenalkan, Steam Review lebih menjadi tempat membuat review lelucon atau protesi masalah yang tak ada konteks dengan konten di dalam game. Protes besar-besaran ini terjadi pada Grand Theft Auto V beberapa bulan lalu saat mereka mematikan program mod populer – OpenIV, Fallout 4 saat mereka hidupkan kembali mod berbayar, dan DOTA 2 yang dianggap matikan Half Life 3.

Semakin lama komunitas Steam manfaatkan Steam Review untuk bicarakan kontroversi yang sedang hangat di game tersebut dan berombongan dengan sengaja memberikan review negatif agar skor anjlok. Firewatch jadi korban terbaru masalah ini, setelah mencoba untuk kirimkan copyright strikes ke Youtuber populer PewDiePie, game ini langsung dibanjiri review negatif yang tak bicarakan gamenya sama sekali tapi langsung to the point komplain drama kontroversi yang terjadi di game mereka.

Melihat fitur mereka makin disalahgunakan, Valve mulai beraksi untuk lawan sifat buruk komunitas mereka ini. Lewat blog post terbaru mereka, mereka menuliskan “Pemain yang banjiri (review negatif) pada dasarnya menjadi salah satu tujuan dari User review, mereka keluarkan opini mereka tentang kenapa mereka tak harus membeli game tersebut. Tapi kami sadari jika masalah yang dikomplain pemain sering diluar dari game itu sendiri.

“Ini mungkin karena mereka tak senang dengan sesuatu yang diungkapkan developer secara online, atau aksi developer yang membuat versi Steam dari game tersebut relatif dengan platform lain, atau mereka sekedar tak senang pendapat politik mereka. Banyak masalah diluar game ini tidak terlalu relevan dengan nilai dari game itu sendiri, tapi banyak masalah ini juga menjadi alasan kenapa mereka tak puas dengan pembelian mereka.”

Untuk menghindari apa yang terjadi ke Firewatch terus terjadi, atau setidaknya mengurangi efeknya, Valve akan hadirkan histogram yang akan perlihatkan history dari Steam review dari pembeli. Histogram ini dengan jelas akan perlihatkan apabila ada kenaikan drastis pada review positif maupun negatif. Maksud dari pemakaian histogram ini untuk perlihatkan kapan game tersebut tiba-tiba terjadi kenaikan drastis jumlah review di Steam setelah rilis. Dengan hal tersebut, pengakses halaman game bisa tarik kesimpulan sendiri apa yang membuat terjadinya kenaikan drastis jumlah review yang banyak mendadak ke game tersebut.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Contoh pada halaman game Firewatch:

Contoh pada halaman game Grand Theft Auto V:

Selain dari histogram ini, Valve pertimbangkan beberapa solusi lain seperti membuang skor review, mematikan sementara review selama terjadinya review bombing, dan mengubah cara kalkulasi skor review. Tapi untuk sementara, histogram inilah yang dianggap efektif untuk mengatasi review bombing yang sering terjadi di Steam saat ini.

Apakah histogram ini dapat kurangi review bombing di Steam? Masih dipertanyakan dan jujur tampaknya tidak sama sekali. Tapi setidaknya pembeli bisa melihat lebih mudah kenapa game dapatkan review negatif di Steam, apakah karena gamenya memang jelek atau karena ada kontroversi yang tak pengaruhi kualitas game.

Source: Steam

Exit mobile version