Fitur VBS Windows 11 Terindikasi Menurunkan Performa Gaming PC dengan RTX 4090

Vbs Windows 11

Fitur VBS Windows 11Microsoft memang merencanakan Windows 11 sebagai sistem operasi yang secure sejak awal kemunculannya. Mereka sampai menetapkan persyaratan yang cukup ketat bila pengguna ingin pindah dari Windows 10 ke versi 11. Seperti harus mengaktifkan Secure Boot dan TPM 2.0.

Tujuan Microsoft melakukan ini juga bukan tanpa alasan. Sistem operasi Windows bisa dikatakan merupakan langganan akan hal berbau celah keamanan selama ini. Windows 11 juga mengaktifkan Virtualization Based Security pada pengaturan di OS tersebut.

Fitur VBS Windows 11 Terindikasi Turunkan Performa Gaming, Bahkan Ketika Gunakan RTX 4090

Windows versi terbaru yang lebih secure

Hal ini pun membuat heboh komunitas PC dikala itu dan banyak yang memprotes jika fitur tersebut akan mengurangi performa gaming secara keseluruhan. Walau banyak perdebatan disana-sini, kini sepertinya sudah ada jawaban yang cukup meyakinkan.

Situs Tomshardware melakukan tes dan benchmark pada Windows 11 yang menghidupkan fitur VBS dan HVCI dengan menggunakan kartu VGA kelas atas seperti RTX 4090, dia juga melakukan pengetesan tersebut dengan fitur VBS dimatikan. 

Dalam penemuan yang dilakukan oleh Jarred Walton dari situs Tomshardware, dia melakukan pengetesan menggunakan prosesor Intel Core i9-13900K dipadukan dengan RTX 4090. Jarred menemukan jika ketika diaktifkan, performa game akan menurun berkisar 5% sampai 10% tergantung resolusi dan game yang digunakan. Penurunan tidak begitu dirasakan ketika melakukan pengetesan di resolusi 4K yaitu hanya sebesar 2%.

Penurunan performa masih terasa di RTX 4090 milik NVIDIA

Game yang terdampak paling buruk adalah Microsoft Flight Simulator, Far Cry 6, dan Control di sekitar 10%. Game Far Cry dan Control sendiri berjalan di resolusi 1080p. Walau bagi sebagian gamer mungkin beberapa persen penurunan ini bukanlah hal yang besar tapi mengingat hal ini mendapatkan perhatian besar di awal perilisan Windows 11 membuktikan jika banyak juga yang peduli akan performa PC mereka disunat oleh fitur dari OS.

Apa Itu VBS dan Bagaimana Cara Mematikannya?

Cara mematikan Memory Integrity

VBS sendiri merupakan sebuah keamanan berbasis virtual yang secara virtual mengasingkan sebagian segmen di memory untuk bisa digunakan sebagai penyimpanan kredensial seperti kata sandi dan kode-kode yang digunakan oleh sistem keamanan Windows. Penggunaan segmen terpisah ini mampu membuat data dalam segmen tersebut aman dari eksploitasi.

Untungnya, pengguna baik di Windows 10 maupun 11 bisa mematikan fitur tersebut melalui pencarian di Windows dengan mengetik Core Isolation, lalu matikan Memory Integrity. Setelah itu kalian bisa restart komputer dan seharusnya fitur tersebut sudah tidak nyala.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version