Akhirnya Windows 11 akan Dukung Format RAR Secara Native

windows 11 akan dukung format rar

Microsoft mengumumkan proyek baru yang akan diintegrasikan dalam Windows 11 dalam waktu dekat. Seperti yang sudah dirumorkan sebelumnya, proyek ini banyak mengandung kecerdasan buatan yang sekarang ini memang tengah booming.

Salah satunya adalah Windows Copilot, sebuah AI assistance yang akan menggantikan fungsi Cortana. Microsoft tampaknya serius dengan AI mengingat mereka juga merilis Bing Chat yang terintegrasi dengan ChatGPT beberapa waktu lalu.

Windows 11 akan Dukung Format RAR dan Format Kompresi Lain Secara Native

Windows versi 11 akan dukung format RAR secara native

Tapi dari semua berita soal Copilot yang jumlahnya sangat banyak ini, ada sebuah kabar yang kurang dapat perhatian yaitu Windows 11 akan mendukung format RAR dan beberapa format kompresi lainnya secara native. Berita ini datang dari Windows Developer Blog yang baru saja dirilis Microsoft.

Tidak hanya RAR tapi format seperti 7-zip, tar, dan gz juga akan didukung secara native di Windows 11 kedepannya berkat proyek open-source libarchive. Hal ini berarti pengguna tidak perlu lagi memasang aplikasi WinRAR atau third-party software lainnya untuk mengkompresi atau dekompresi data.

Membuat Context Menu Windows Jadi Lebih Rapi

Context menu akan sedikit lebih rapi

Hal ini tentu mendapatkan sambutan yang baik dari pengguna Windows karena fitur yang sesederhana ini seharusnya diimplementasikan sejak dulu. Tapi meski terlambat masih lebih baik dari tidak sama sekali.

Penambahan fitur kecil ini mungkin terkesan tidak begitu signifikan tapi ini adalah salah satu yang seharusnya mereka tambahkan untuk menambah kenyamanan pengoperasian pada sistem Windows. 

Ucapkan selamat tinggal pada software kompresi pihak ketiga

Microsoft yang akhirnya memasukkan dukungan akan  sebuah format yang sudah ada sejak 30 tahun lalu ini dan butuh 12 versi Windows untuk jadi kenyataan. Dengan ini semuanya akan terlihat lebih natural setidaknya untuk context menu yang lebih rapi karena tidak perlu lagi memasang software pihak ketiga. Apapun itu tentu WinRAR dan aplikasi sejenisnya punya jasa yang cukup besar dalam membantu kita mengekstrak file dan data untuk puluhan tahun terakhir.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version